Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)
Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional. 

Pemberlakuan paspor vaksin merupakan sebagai upaya otoritas Jepang atas semakin banyak negara yang memperkenalkan sistem serupa untuk mendorong dimulainya kembali perjalanan bisnis dan pariwisata di berbagai negara.

Menurut pemerintah Jepang, Austria, Italia, Turki, Polandia, dan Bulgaria telah setuju untuk meringankan aturan karantina bagi mereka yang memiliki sertifikat Jepang. Sedangkan Korea Selatan akan menerimanya sebagai salah satu dokumen yang diperlukan untuk membebaskan pemegang dari persyaratan karantina.

Dilansir dari laman Times of India, dengan aturan itu, pendatang dari luar negeri yang telah divaksinasi Covid-19 akan dibebaskan dari karantina dan pembatasan perjalanan. Dokumen perjalanan ini tersedia dalam Bahasa Jepang dan Inggris.

Kabarnya, pemerintah Jepang sedang bernegosiasi dengan negara lain untuk memvalidasi penggunaan paspor vaksinnya. Sesuai laporan, sertifikat vaksin ini akan menjadi catatan resmi yang akan dikeluarkan tergantung pada kota madya tempat pemohon tinggal secara gratis, dan akan membawa semua informasi tentang vaksin yang diberikan, nomor paspor, tanggal vaksinasi, dan detail pribadi lainnya.

Menurut laporan, pemerintah Jepang sedang berupaya memperkenalkan aplikasi dan penerbitan paspor digital. Sementara, untuk mendapatkan paspor vaksin tersebut seseorang akan diminta untuk menyerahkan dokumen, termasuk formulir aplikasi, tiket vaksinasi, dan paspor baik secara langsung maupun melalui surat. 

Sampai sekarang, formulir aplikasi dan sertifikat dikeluarkan dalam bentuk kertas. Namun, masih ada kekhawatiran bahwa ini akan meningkatkan beban pemerintah daerah, sedangkan paspor vaksin ini mungkin menyebabkan diskriminasi terhadap orang-orang yang belum divaksinasi.

Namun, beberapa restoran dan hotel di Jepang sudah mulai menawarkan diskon untuk orang-orang yang dapat menunjukkan catatan vaksinasi Covid-19 mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Senin, 27 Juni 2022 - 06:15 WIB

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Seni wayang memiliki pesona dan nilai yang tetap aktual. Namun perlu memadankan agar wayang dapat memainkan peranannya di masa kini. Oleh karena itu perlu dipikirkan bagaimana agar kesenian…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…