Perluas Akses Vaksinasi Covid-19, HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Oleh : Hariyanto | Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:28 WIB

HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo
HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19 dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Solo, Jawa Tengah.

Di kota berpenduduk terbesar ketiga di Jawa Bagian Selatan, ini HIPPINDO-Kementerian Koperasi UKM-TNI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan didukung oleh Tokopedia menggelar sentra vaksinasi di De’ Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar. Layanan vaksinasinya sendiri sudah dimulai sejak 17 Juli 2021 lalu.

Sabtu (31/7/2021) lalu sentra vaksinasi dikunjungi sejumlah pejabat pemerintahan, antar lain Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Bupati Karanganyar H. Juliyatmono, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Jerry Sambuaga mengapresiasi kerja sama antarpihak dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ia berharap hal ini akan mempercepat terbentuknya kekebalan komunal sehingga seluruh aktivitas masyarakat kembali pulih, termasuk kegiatan ekonomi.

“Harapannya, kalau herd immunity sudah terbentuk, belanja pun menjadi tenang, dunia perdagangan kembali normal, ekonomi pun kembali pulih,” ujar Jerry yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (1/8/2021).

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, menyampaikan, pembukaan sentra vaksinasi di berbagai daerah ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity yang diharapkan sehingga pemulihan ekonomi segera terwujud.

“Ini juga menjadi bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapatkan vaksinasi gratis makin mudah,” ucapnya.

Hingga saat ini HIPPINDO sudah membuka sentra vaksinasi di enam kota besar. Setelah Jakarta yang dibuka tanggal 7 Juni di Gedung Smesco, menyusul Solo Raya (17 Juli di De’ Tjolomadoe, Karanganyar), Bandung Raya (18 Juli di Paris van Java Mall), Jogja Raya (25 Juli di Jogja Expo Center), Semarang Raya (28 Juli di Auditorium Imam Barjo, SH, Undip), dan Surabaya Raya (30 Juli di Gedung Kencana, Bubutan). Sementara kota-kota lain akan segera menyusul.

Di Jakarta, dalam kurun waktu 46 hari sejak dibuka pada 7 Juni hingga 22 Juli 2021 Sentra Vaksinasi HIPPINDO-Kemenkop UKM sudah memberikan vaksin Covid-19 tahap 1 kepada 91.669 akseptor dan vaksin tahap 2 kepada 9.570 akseptor dari seluruh Jabodetabek. Sehingga total vaksin yang sudah diberikan adalah 101.239 dosis.

Para akseptor terdiri dari dari anggota HIPPINDO dan ekosistem di dalamnya (sejumlah asosiasi dan pelaku UKM), masyarakat umum, anak usia 12+, dan penyandang disabilitas. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberikan kepada 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…