Petrochina Dukung Peran UMKM di Industri Hulu Migas

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Juli 2021 - 18:00 WIB

PetroChina Internasional Jabung (Foto Ist)
PetroChina Internasional Jabung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Workshop Peningkatan Daya Saing Nasional 2021 oleh Kementerian Investasi / BKPM sukses dilaksanakan di Kota Palembang. Pada kesempatan ini PetroChina Internasional Jabung (PIJ) memperkanalkan potensi kerjasama yang dimilikinya dengan UMKM.

Saat ini Petrochina memiliki tiga lapangan kerja wilayah sumatera bagian selatan yaitu blok jabung, blok west jambi II, dan blok bangko. Ketiga blok ini menyerap tenaga lokal dan juga memberdayakan UMKM di wilayah sekitarnya.

VP SCM PetroChina Internasional Jabung, Gusminar menjelaskan produksi Blok Jabung terus konstan semenjak tahun 2006.

“Blok Jabung yang dikelola kami telah sukses menjaga produksi harian di angka >50.000 BOE. Sebagian besar produksi kami dari gas dan LPG," kata Gusminar pada Kegiatan Workhop Kementerian Investasi/ BKPM dan SKK Migas Kamis (15/7/2021).

“Masa kelola kami di blok jabung akan berakhir di bulan Februari tahun 2023, artinya tinggal 1 tahun 7 Bulan lagi. Namun komitmen kami untuk pelibatan pengusaha daerah sudah kami lakukan sejak dulu," tambahnya.

Gusminar menjelaskan semanjak diberlakukannya PTK (Pedoman Tata Kelola) 007 Rev-4 dalam pengadaan barang dan jasa dengan nilai kurang dari sama dengan Rp. 10.000.000.000 hanya dapat diiukti oleh pengadaan barang dan jasa yang berdomisili di wilayah provinsi daerah operasi utama kontraktor kerjasama (K3S).

Selain memaparkan potensi kerjasama dalam kegiatan ini PetroChina juga mengajak pengusaha daerah yang hadir untuk dapat mengikuti kegiatan pembinaan vendor lokal yang dilakukan.

“Kami secara aktif akan membina vendor-vendor lokal, ada vendor day dari SKK Migas dan K3S yang pernah kami selenggarakan tahun 2019 lalu, kegiatan ini akan membatu pengusaha lokal/vendor meningkatkan kapasistasnya, ” terang Gusminar.

“Kami juga akan memberikan penghargaan kepada vendor lokal dengan kinerja baik, ini penting karena kami ingin mitra kami memiliki semangat dan terus berinovasi untuk kemajuan bersama.” Tambah Gusminar dalam paparannya.

Dalam presentasi akhirnya Gusminar memaparkan peluang kolaborasi yang bisa dimanfaatkan para pengusaha lokal, salah satunya adalah pembangunan dan perancangan infrastruktur gas yang saat ini tengah disusun untuk menghubungkan pipa gas Sumatera Selatan dan Jawa

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…