Industri Terganggu, Asaki Minta Pemprov dan Pemda Jalankan Instruksi Mendagri Nomor 8/2021 Dimasa PPKM Darurat

Oleh : Ridwan | Minggu, 11 Juli 2021 - 08:00 WIB

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto
Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah pengusaha keramik yang tergabung dalam Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Menyayangkan kegiatan bisnis dan perdagangan sektor kritikal seperti semen dan  bahan bangunan yang diperbolehkan beroperasi 100% selama PPKM Darurat justru tidak berjalan normal seperti seharusnya.

"Kami mendapatkan laporan dari pelaku industri keramik bahwa di kota-kota besar di Jawa dan Bali kebanyakan toko-toko bahan bangunan dilarang beroperasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id, Minggu (11/7/2021).

Menurut Edy, hal tersebut sangat sangat disayangkan karena tidak sejalan dengan Surat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.8 Tahun 2021 tertanggal 9 Juli yang ditujukan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota dimana salah satu pasal menyebutkan sektor kritikal seperti semen dan bahan bangunan boleh beraktivitas 100%.

Asaki berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) atau Pemda di Pulau Jawa dan Bali mengikuti dan menjalankan dengan baik instruksi Mendagri tersebut, sehingga antara upaya kesehatan dan ekonomi tetap bisa berjalan seimbang.

Sementara itu, jelas Edy, kegiatan proses produksi dan mobilisasi relatif normal dan lancar dimana Asaki yang masuk ke dalam sektor kritikal telah mengurus IOMKI (Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri) dengan persyaratan yang ketat dimana industri keramik sebagai sektor kritikal harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat di lingkungan kerja dan melaporkan kegiatan serta mobilitas industri secara mingguan kepada Kementerian Perindustrian melalui SIINAS.

"Asaki mendukung dan berharap penerapan PPKM Darurat ini bisa berjalan dengan baik di lapangan tentunya perlu pengawasan ketat oleh pemerintah supaya angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan sehingga tidak dibutuhkan kembali PPKM Darurat yang berkepanjangan," paparnya.

Disisi lain, kinerja ekspor industri keramik nasional menujukkan kenaikan yang sangat sigifikan. Berdasarkan catatan Asaki, ekspor produk keramik mampu menembus USD 25 juta pada periode Januari-Mei 2021 atau naik double digit yakni 10,4% diandingkan periode yang sama di tahun 2020.

"Angka pertumbuhan ini sesungguhnya masih dibawah proyeksi Asaki yang mana kami targetkan bisa bertumbuh 20-25%," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa kendala utama ekspor yang masih dihadapi oleh industri keramik adalah mahalnya kontainer untuk keperluan ekspor/Ocean Freight terutama negara tujuan Eropa, USA dan Timir Tengah.

Menurut Edy, kinerja ekspor yang baik ini tentunya berkat dukungan stimulus harga gas sebesar USD 6 per MMBTU, sehingga memungkinkan industri keramik bisa lebih agresif bersaing di kawasan Asia dan Australia.

"Namun, untuk negara tujuan ekspor lainnya seperti USA Timur Tengah dan Eropa mengalami penurunan akibat masih tingginya harga kontainer untuk keperluan eskpor," jelas Edy.

Lebih lanjut, Edy menjelaskan bahwa Asaki akan terus mendorong ekspor agar lebih agresif terutama di saat penjualan domestik terganggu selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…