Ahli Gizi Sarankan Konsumsi Kecambah Untuk Mengawali Hari

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Juli 2021 - 12:30 WIB

Kecambah (ist)
Kecambah (ist)

INDUSTRY.co.id - Umumnya kebanyakan orang-orang mengawali hari dengan meminum segelas air putih, ataupun sarapan dengan roti dan susu. 

Namun, Lovneet Batra seorang ahli gizi mengatakan untuk memastikan Kamu memiliki awal hari yang baik dan juga untuk kesehatan dan kebugaran, cobalah sarapan berprotein tinggi, seperti kecambah.

Bagaimana memulai hari dan apa yang Kamu makan di pagi hari penting karena juga berdampak pada bagaimana Perasaan Kamu sepanjang hari. Selain itu, tujuan untuk kebugaran tidak lengkap jika tidak disertai dengan diet yang tepat.

"Sarapan tinggi protein telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan otot dan mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan massa otot, pengeluaran energi (kalori terbakar), hormon kenyang, peraturan glukosa dan dengan mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari," katanya.

Tapi, mengapa kecambah?

Dilansir dari laman indianexpress, menurut Batra, proses tumbuh meningkatkan kadar nutrisi membuat kecambah lebih kaya protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin C dan K daripada sayuran lainnya.

"Untuk waktu yang lama, saya tidak suka makan kecambah tetapi kemudian saya menemukan beberapa cara menarik untuk menambahkannya ke makanan saya. Tapi sekarang saya hanya suka sarapan super energi ini," jelasnya melalui laman Instagramnya di @lovneetb.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumi kecambah yang wajib Kamu ketahui.

- Konsumsi kecambah memastikan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Dengan kadar kandungan vitamin C yang tinggi, kecambah membuat stimulan yang kuat untuk sel darah putih dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit dan infeksi, pada akhirnya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dalam kecambah juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh dengan semua antioksidan.

- Dengan kecambah, Kamu dapat menutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membuat kulit Anda bercahaya.

- Kecambah juga membantu Kamu mencerna makanan dengan lebih mudah. Tampaknya secara khusus meningkatkan jumlah serat yang tidak larut, sejenis serat yang membantu membentuk tinja dan memindahkannya melalui usus, mengurangi kemungkinan sembelit. Yang terbaik untuk kesehatan usus juga.

"Jika Anda merasa terlalu kembung setelah makan kecambah, kukus dengan baik dan tambahkan kentang rebus dan ghee untuk pencernaan yang lebih baik," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…