Juli, Pertama Kalinya Kanada Berlakukan Pelonggaran Pembatasan Wilayah

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Juli 2021 - 09:30 WIB

Danau Moraine, Alberta, di Toronto, Kanada (Foto: airtransat)
Danau Moraine, Alberta, di Toronto, Kanada (Foto: airtransat)

INDUSTRY.co.id - Pejabat Kanada mengatakan mulai bulan Juli akan ada sistem baru yang akan mulai berlaku pada 5 Juli, meskipun belum ada garis waktu yang ditetapkan, kini Kanada akan membuka perbatasannya untuk wisatawan asing.

Dilansir dari laman Lonelyplanet, Senin (5/7/2021), mulai bulan depan, warga negara yang masuk yang sepenuhnya sudah divaksinasi atau penduduk tetap tidak perlu lagi melakukan karantina ketika kembali ke Kanada, kata para pejabat Kanada. Ini menandai fase pertama pembukaan kembali perbatasan Kanada.

Lalu, warga negara asing atau wisatawan yang bepergian ke Kanada untuk tujuan yang disetujui atau perjalanan bisnis, dapat melewati karantina hotel saat para pejabat memasuki fase pertama dalam melonggarkan pembatasan perbatasan. 

Kedatangan ini masih diperlukan untuk memenuhi beberapa langkah kesehatan masyarakat, termasuk menghadirkan bukti vaksinasi penuh (salinan digital atau kertas) dan bukti hasil tes negatif Covid-19 sebelum bepergian, selain mengikuti tes kedua pada saat kedatangan.

Di bawah sistem baru, tidak ada perubahan pada pembatasan perbatasan bagi wisatawan yang tidak divaksinasi, yang diharuskan memesan menginap tiga malam di hotel yang disetujui pemerintah dengan biaya sendiri sebelum terbang ke Kanada.

"Ini adalah fase pertama dari pendekatan pencegahan kami untuk meringankan langkah-langkah perbatasan Kanada. Saat ini kami tidak membuka perbatasan kami lebih jauh," kata Dominic Le Blanc, menteri urusan antarpemerintah.

Ada beberapa saran awal bulan ini bahwa Kanada akan melonggarkan pembatasan perjalanan untuk wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi di sepanjang perbatasan Kanada hingga Amerika Serikat dalam beberapa minggu mendatang, tetapi pada hari Minggu perbatasan darat antara kedua negara diperpanjang selama 30 hari lagi hingga 21 Juli.

"Saat ini, pemerintah Kanada terus sangat menyarankan warga Kanada untuk menghindari perjalanan yang tidak penting. Meskipun masa depan terlihat lebih cerah daripada yang telah lama terjadi, dengan kasus Covid-19 trennya sudah menurun dan upaya vaksinasi berjalan dengan baik di seluruh negeri, kita tidak bisa membiarkan penjagaan kita turun," tambah Bill Blair, menteri keselamatan publik.

Saat ini, sekitar 66 persen populasi Kanada telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Hampir 19 persen dari populasi sepenuhnya divaksinasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.