Prediksi dan Head-to-Head Italia vs Spanyol Babak Semi Final Euro 2020

Oleh : Kiki Manti | Senin, 05 Juli 2021 - 09:00 WIB

Kiki Mantini Pengamat Bola
Kiki Mantini Pengamat Bola

INDUSTRY.co.id - Dua tim favorit juara di Euro 2020, harus bertemu di semi final untuk memperebutkan satu tempat di final. Hari Rabu 7 Juli 2021, pukul 02.00 dini hari, keduanya akan bertanding di stadion Wembley, London, Inggris.

Italia melaju ke semi final Euro 2020, dengan cukup mengesankan. Pada babak penyisihan grup, Italia menjadi juara di grup A dengan nilai sempurna = 9. Italia memenangkan semua pertandingan di grup A, menang 3-0 melawan Turki di laga pertama, kemudian menang 3-0 melawan Swiss, dan menang 1-0 melawan Wales pada laga terakhir babak penyisihan grup.

Di babak 16 besar Italia menang melawan Austria dengan skor 2-1, kemudian di babak perempat final menyingkirkan tim kuat yang saat ini menduduki peringkat 1 di ranking FIFA, Belgia dengan skor 2-1.

Sebaliknya Spanyol cukup bersusah payah untuk mencapai semifinal Euro 2020 kali ini. Pada babak penyisihan grup E, Spanyol hanya menempati peringkat ke 2 di bawah Swedia yang menjadi juara grup E. Spanyol ditahan imbang 0-0 di laga pembuka melawan Swedia, kemudian kembali bermain imbang melawan Polandia dengan skor 1-1, dan baru pada laga terakhir penyisihan grup E menang 5-0 melawan Slovakia.

Di babak 16 besar, Spanyol kembali harus bersusah payah karena ditahan imbang 3-3 oleh Kroasia pada babak normal 2x45 menit, untungnya di babak tambahan 2x15 menit Spanyol bisa mencetak dua gol tambahan dan menang 5-3. Di babak perempat final, Spanyol juga harus bersusah payah setelah ditahan imbang oleh Swiss dengan 1-1 pada babak normal 2x45 menit, Spanyol dan Swiss gagal mencetak gol kemenangan di babak tambahan 2x15 menit, sehingga harus ditentukan melalui babak adu pinalti, Spanyol akhirnya memenangkan adu pinalti melawan Swiss dengan skor 3-1.

Head-to-Head Italia vs Spanyol

Dari 34 pertandingan yang sudah dijalani antara Italia vs Spanyol, Italia memenangkan 9 pertandingan, sementara Spanyol telah memenangkan 12 pertandingan, dan sisa 13 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Khusus di perhelatan turnamen antar negara Eropa, Italia dan Spanyol sudah tiga kali saling berhadapan di babak knock-out, dengan hasil sebagai berikut ini:

Perempat Final Euro 2008 :

Italia 0-0 Spanyol

(Spanyol menang 4-2 pada babak adu pinalti)

Final Euro 2012

Italia 0-4 Spanyol

16 Besar Euro 2016

Italia 2-1 Spanyol

Kalau dilihat dari ranking negara-negara dunia di FIFA pada saat ini, kedua tim hanya berselisih satu posisi:

Ranking FIFA Italia = 7

Ranking FIFA Spanyol = 6

Empat pertandingan terakhir Italia di UEFA Euro 2020:

Italia 3-0 Turki (penyisihan grup A)

Italia 3-0 Swiss (penyisihan grup A)

Italia 1-0 Wales (penyisihan grup A)

Italia 2-1 Austria (babak 16 besar)

Italia 2-1 Belgia (babak perempat final)

Empat pertandingan terakhir Spanyol di UEFA Euro 2020:

Spanyol 0-0 Swedia (penyisihan grup E)

Spanyol 1-1 Polandia (penyisihan grup E)

Spanyol 5-0 Slovakia (penyisihan grup E)

Spanyol 5-3 Kroasia (3-3, 2-0, babak 16 besar)

Spanyol 1-1 Swiss (Spanyol menang 3-1 adu pinalti, babak perempat final)

Berita seputar kesiapan pemain Italia

Alessandro Florenzi  dan Leonardo Spinazzola harus absen dari pertandingan ini karena cedera, sementara itu Giovanni Di Lorenzo diragukan untuk bisa tampil karena cedera ringan.

Cedera : Leonardo Spinazzola, Lorenzo Pellegrini

Diragukan : Alessandro Florenzi

Skorsing : Tidak ada

Kiper timnas Spanyol yang memperkuat klub liga Inggris, Manchester United sudah cedera dari pertandingan pertama Euro 2020. Pablo Sarabia diragukan untuk bisa bermain, karena mengalami cedera otot paha yang tertarik pada pertandingan perempat final Spanyol melawan Swiss beberapa hari yang lalu.

Cedera : David de Gea (Kiper)

Diragukan : Pablo Sarabia

Skorsing : Tidak ada

Prediksi Susunan Pemain Starting XI

Prediksi starter timnas Italia (4-3-3):

Gianluigi Donnarumma (GK), Emerson Palmieri, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Giovanni Di Lorenzo; Jorginho, Manuel Locatelli, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile

Prediksi starter timnas Italia Spanyol (4-3-3):

Unai Simon (GK), Jordi Alba, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Dani Olmo, Ferran Torres, Alvaro Morata

Prediksi Italia vs Spanyol

Italia dan Spanyol secara materi pemain dan level permainan berada pada level yang sama. Walaupun demikian Italia lebih meyakinkan pada Euro 2020 kali ini, dengan menjadi satu-satunya tim yang memenangkan semua pertandingan pada EURO 2020 kali ini.

Sementara itu Spanyol mencapai babak semifinal dengan kurang meyakinkan. Spanyol hanya mencatat satu kemenangan dan dua kali imbang di babak penyisihan grup. Pada babak 16 besar dan perempat final, Spanyol harus menang dengan melalui babak tambahan 2x15 menit dan adu pinalti. Tentunya hal tersebut cukup menguras stamina para pemain Spanyol, menarik untuk kita nantikan apakah para pemain Spanyol bisa kembali memulihkan stamina mereka untuk pertandingan babak semifinal melawan Italia.

Penulis secara pribadi lebih mengunggulkan timnas Italia untuk bisa memenangkan pertandingan semi final Euro 2020 melawan timnas Spanyol.

Prediksi: Italia 3-2 Spanyol

Kiki Manti: Pengamat Sepakbola

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.