Prediksi dan Head-to-Head Ukraina vs Inggris Babak Perempat Final Euro 2020

Oleh : Kiki Manti | Sabtu, 03 Juli 2021 - 15:38 WIB

Kiki Mantini Pengamat Bola
Kiki Mantini Pengamat Bola

INDUSTRY.co.id - Timnas Ukraina yang dilatih oleh pemain legendaris Ukraina, yang pernah memperkuat AC Milan dan Chelsea, Andrey Shevchenko, akan menghadapi timnas Inggris yang ditukangi mantan pemain timnas Inggris dan klub liga Inggris Aston Villa, Gareth Southgate.

Pertandingan perempat final atau babak 8 besar ini akan dilangsungkan di stadion Olympico, Roma Italia, pada Minggu dinihari, 4 Juli 2021, pukul 02.00 WIB.

Ukraina selalu kandas di penyisihan grup pada perhelatan Euro di tahun 2012 dan 2016. Sedangkan Inggris terakhir mencapai semi final pada Euro 1996, di mana saat itu Inggris disingkirkan Jerman melalui babak adu pinalti.

Di Euro 2020 kali ini, Ukraina memulai penyisihan grup dengan kurang meyakinkan. Ukraina lolos sebagai peringkat 3 terbaik dari grup C, di bawah Belanda dan Austria. Pertandingan pertama di grup C Ukraina kalah dari Belanda dengan skor 2-3, kemudian menang 2-1 melawan Makedonia Utara, dan dipertandingan terakhir grup C kalah lagi melawan Austria dengan skor 0-1.

Sementara itu Inggris cukup meyakinkan dengan memuncaki klasemen di fasa penyisihan grup D dengan tidak terkalahkan. Inggris menjadi pimpinan grup D dengan 7 poin hasil dari dua kali menang melawan Kroasia 1-0 dan Republik Ceko 1-0, serta satu kali imbang melawan timnas Skotlandia.

Pada babak 16 besar Euro 2020, Ukraina secara mengejutkan dapat menyingkirkan timnas Swedia yang lebih diunggulkan, dengan skor 2-1, gol kemenangan Ukraina dicetak pada injury time menit 121 pada babak perpanjangan waktu, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada babak normal 2x45 menit.

Inggris berhasil menyingkirkan Jerman di babak 16 besar dengan kemenangan 2-0, berkat gol yang diciptakan oleh Raheem Sterling dan Harry Kane.

Head-to-Head Ukraina vs Inggris

Pertandingan melawan Inggris di babak 8 besar Euro 2020 kali ini, akan cukup berat untuk Ukraina, mengingat rekor pertemuan Ukraina yang kurang baik melawan timnas Inggris.

Ukraina dan Inggris telah berhadapan sebanyak 7 kali. Ukraina hanya memenangkan satu pertandingan yaitu di babak kualifikasi piala dunia pada tahun 2009. Sementara Inggris memenangkan empat pertandingan melawan Ukraina. Dua pertandingan lainnya berakhir imbang.

Kemenangan Inggris 2-0 atas timnas Jerman pada babak 16 besar Euro 2020, tentunya berdampak positif pada mental pemain timnas Inggris dalam menghadapi Ukraina di babak 8 besar ini. Tim asuhan Gareth Southgate cukup percaya diri karena kemampuan timnas Ukraina masih di bawah timnas Jerman yang mereka kalahkan di babak 16 besar. Walaupun demikian timnas Ukraina yang diasuh Andrey Shevchenko akan memberikan perlawanan yang sengit dan bertekad untuk mencapai semi final untuk pertama kalinya.

 

Empat pertandingan terakhir Ukraina di UEFA Euro 2020:

Ukraina 2-3 Belanda (penyisihan grup C)

Ukraina 2-1 Makedonia Utara (penyisihan grup C)

Ukraina 0-1 Austria (penyisihan grup C)

Ukraina 2-1 Swedia (babak 16 besar)

Empat pertandingan terakhir Inggris di UEFA Euro 2020:

Inggris 1-0 Kroasia (penyisihan grup D)

Inggris 0-0 Skotlandia (penyisihan grup D)

Inggris 1-0 Republik Ceko (penyisihan grup D)

Inggris 2-0 Jerman (babak 16 besar)

Berita seputar kesiapan pemain Ukraina

Timnas Ukraina menghadapi masalah pada beberapa pemain yang cedera. Artem Besedin, pemain depan Ukraina yang juga andalan di klub liga Ukraina Dinamo Kyiv, dipastikan absen pada pertandingan ini akibat mengalami cedera lutut yang serius pada pertandingan di babak 16 besar melawan Swedia beberapa hari yang lalu. Satu lagi pemain yang dipastikan absen adalah pemain bertahan Denys Popov yang juga mengalami cedera yang cukup serius.

Pemain sayap andalan Ukraina, Andriy Yarmolenko, yang memperkuat klub liga Inggris West Ham United dan gelandang Oleksandr Zubkov, yang bermain di klub liga Hungaria Ferencvaros diragukan bisa tampil pada pertandingan babak 8 besar karena cedera ringan.

Cedera : Artem Besedin, Denys Popov

Diragukan : Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zubkov

Skorsing : Tidak ada

Berita seputar kesiapan pemain Inggris

Pemain di timnas Inggris tidak ada yang cedera maupun diragukan bisa tampil di babak 8 besar pada Minggu dini hari. Semua pemain dalam kondisi yang fit, dan juga tidak ada yang terkena larangan bermain karena kartu merah ataupun akumulasi kartu kuning. Gareth Southgate bisa dengan leluasa memilih siapa saja yang akan tampil sebagai starter pada pertandingan babak 8 besar melawan Ukraina.

Cedera : Tidak ada

Diragukan : Tidak ada

Skorsing : Tidak ada

Prediksi Susunan Pemain Starting XI

Prediksi timnas Ukraina (3-5-2):

Heorhiy Bushchan (GK), Illia Zabarnyi, Serhii Kryvtsov, Mykola Matvienko, Oleksandr Karavaev, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko, Artem Dovbyk, Roman Yaremchuk

Prediksi timnas Inggris (4-2-3-1):

Jordan Pickford (GK), Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Kalvin Phillips, Jordan Henderson, Mason Mount, Raheem Sterling, Harry Kane, Jack Grealish

Prediksi Ukraina vs Inggris

Inggris lebih difavoritkan, oleh banyak pengamat sepakbola Inggris juga dijagokan untuk bisa memenangkan Euro 2020. Akan tetapi 4 pertandingan yang telah dijalani Inggris pada Euro 2020 kali ini, berlangsung di kandang mereka, stadion Wembley, di London, Inggris. Menarik untuk kita tunggu apakah performa Inggris akankah tetap bagus di pertandingan babak 8 besar pada Minggu dini hari, yang akan berlangsung di stadion Olympico, kota Roma, Italia.

Ukraina menjadi tim kuda hitam yang penuh kejutan, lini depan mereka cukup berbahaya. Akan tetapi stamina mereka sedikit terkuras, setelah pada babak 16 besar harus menjalani pertandingan selama 120 menit (2x45, 2x15) untuk bisa menang melawan Swedia beberapa hari yang lalu. Masalah cedera yang dialami beberapa pemain timnas Ukraina juga menjadi tantangan bagi pelatih Andrey Shevchenko untuk dapat meracik taktik yang tepat melawan timnas Inggris.

Secara pribadi, penulis menjagokan Inggris untuk bisa memenangkan pertandingan melawan Ukraina di babak 8 besar ini, sekaligus maju ke babak semi final untuk menghadapi pemenang pada pertandingan 8 besar lainnya antara Republik Ceko melawan Denmark.

Prediksi : Ukraina 1-2 Inggris

Kiki Manti, Pengamat Sepakbola

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…

MODENA Energy

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

MODENA Energy Klaim Siap Maksimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

MODENA Group, salah satu pionir terdepan home appliances di Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai…

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri AVPN Abu Dhabi 2024

Rabu, 24 April 2024 - 10:20 WIB

Di Ajang AVPN Abu Dhabi 2024, Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa praktik-praktik pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi dasar utama dalam pengembangan…

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk

Rabu, 24 April 2024 - 10:15 WIB

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. Catatkan Kinerja Solid di Kuartal Pertama 2024

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. (dahulu PT Surya Esa Perkasa Tbk.) (“ESSA”), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas)…