Circular Economy Dorong Perusahaan Lebih Inovatif

Oleh : Ridwan | Kamis, 01 Juli 2021 - 21:13 WIB

Ilustrasi circular economy
Ilustrasi circular economy

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti energi surya merupakan kunci utama dalam mendorong circular economy atau ekonomi berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Pendiri Waste4Change, Bijaksana Junerosano dalam diskusi virtual terkait Ekonomi Berkelanjutan di Jakarta, Kamis (1/7).

Dikatakan Bijaksana, apabila perusahaan masih menggunakan energi fosil dalam menjalankan usahanya, perusahaan itu belum menerapkan circular economy. Mestinya pertumbuhan circular economy beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.

"Dalam mendorong circular economy, perusahaan juga harus gunakan energi yang tidak habis terpakai seperti matahari, air atau bayu dan sebagainya, bukan menggunakan energi yang habis terpakai," katanya.

Menurut Sano, konsep circular economy itu sangat luas, bukan hanya terbatas pada mengelola sampah dan daur ulang saja.

"Circular economy luas, mereka (perusahaan) gunakan sumber energi apa untuk menghasilkan produk, bagaimana development produk-nya, pemrosesan hingga pemasaran dan pengelolaan limbahnya," ucap Sano.

Ke depan, terangnya, perusahaan yang bisa bertahan hanyalah perusahaan yang menerapkan circular economy ini, karena ini terkait inovasi, pasar dan regulasi. Perusahaan yang tidak inovatif akan mati.

"Saat ini kita tengah mendorong agar pemerintah mewajibkan penerapan circular economy oleh perusahaan. Artinya, wajib bagi perusahaan untuk menerapkan energi hijau dalam menghasilkan produk," paparnya.

Lebih lanjut Sano mengatakan semakin kita mendorong circular economy semakin banyak green jobs yang muncul. Untuk itu, circular economy merupakan prinsip ekonomi yang menjaga agar sumber daya dapat dipakai selama mungkin, memaksimalkan penggunaan, dan meregenerasi semua produk. 

"Berbanding terbalik dengan ekonomi linier yang menggunakan prinsip buat, gunakan dan buang," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…

Anak-anak diperiksakan matanya

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:09 WIB

Peringati Myopia Week, HOYA Gencarkan Kampanye Kesehatan Mata

Progresivitas kasus Myopia atau yang lebih dikenal dengan rabun jauh atau mata minus pada anak usia sekolah dilaporkan terus meningkat. Salah satu pemicunya adalah transformasi digital dalam…

Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:40 WIB

Penuh Kesan, Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Motivator, penulis dan founder British Propolis Ipho Santosa mengungkap suasana haru dan penuh inspirasi saat mengajak mitra British Propolis bertemu keluarta pendiri Toyota di Jepang.