SoftBank Ventures Asia Suntik Dana US$ 27 Juta Bagi VoyagerX

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Juni 2021 - 09:42 WIB

JP Lee CEO SoftBank Ventures Asia
JP Lee CEO SoftBank Ventures Asia

INDUSTRY.co.id - Jakarta– SoftBank Ventures Asia (SBVA) mengumumkan keikutsertaannya dalam putaran penggalangan dana Seri A untuk VoyagerX, startup software kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang berbasis di Korea Selatan. Dana segar ini akan digunakan untuk pengembangan produk dan rekrutmen SDM global yang ahli di bidang AI.

Selain SoftBank Ventures Asia, ada Alto Ventures dan Yellowdog yang turut serta dalam putaran pendanaan seri A tersebut. Masing-masing perusahaan menginvestasikan dana sebesar US$ 9 juta sehingga total dana terkumpul mencapai US$ 27 juta. VoyagerX menargetkan akan mempekerjakan 100 orang SDM global yang menguasai AI pada tahun 2022.

Partisipasi SBVA pada pendanaan VoyagerX merupakan strategi berkelanjutan perusahaan yang focus pada startup yang memiliki prospek pertumbuhan tinggi dari prospek menjanjikan pasar ekonomi digital Asia. Belum lama ini, SoftBank Ventures Asia juga mengumumkan investasi ke Youibot, startup robot asal China; Super, startup social commerce di Indonesia, dan Standard Energy, pengembang baterai ion vanadium dari Korea Selatan.

Di pasar Indonesia, SBVA terus berkomitmen investasi pada sejumlah startup teknologi. Sejak pertama kali berinvestasi di Tokopedia pada tahun 2013, belakangan SBVA terus melakukan pendanaan terhadap Ajaib, Alodokter, CoHive, Funding Societies (Modalku), MamiKos, Super, Waresix dan Yummy Corp.

Selain menyuntikan dana, SBVA memanfaatkan keahlian in-house dan jaringan industrinya yang luas untuk mendampingi perusahaan portofolio melalui berbagai tahap pertumbuhan dan tantangan.

Menurut SBVA, potensi pertumbuhan ekonomi digital telah mempercepat adopsi teknologi global dan pengembangan AI secara besar-besaran. Pengeluaran biaya terhadap penggunaan AI secara global diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dari US$50,1 miliar pada tahun 2020 menjadi lebih dari US$110 miliar pada tahun 2024.

Di Asia-Pasifik, penggunaan teknologi AI semakin terintegrasi di berbagai sektor, seperti keuangan, kesehatan, dan ritel yang berdampak untuk meningkatkan efesiensi operasional dan produktifitas. Oleh karena itu, pemerintah di negara-negara Asia-Pasifik melakukan investasi besar-besaran untuk pengembangan ekosistem AI dan mendorong pengembangan proyek riset AI.

Didirikan pada tahun 2017 oleh Sedong Nam, tim VoyagerX membuat solusi dan peralatan yang berbasis AI dengan memanfaatkan deep learning capabilities – cabang dari pembelajaran mesin yang meniru otak manusia saat membuat pola dan memproses data untuk pengambilan keputusan. Proyek unggulan dari VoyagersX antara lain adalah vFlat, aplikasi pemindai seluler dengan menggunakan teknologi AI yang memiliki kemampuan untuk menganalisa permukaan lengkung sebuah dokumen atau buku. Aplikasi vFlat ini juga bisa memindai dokumen dengan permukaan datar.

Kemudian Vrew, aplikasi video yang menggunakan teknologi AI, yang memungkinkan pengguna bisa mengedit video dengan lebih cepat dan mudah, seperti seolah-olah Anda sedang mengedit dokumen di aplikasi Microsoft Word; dan Ownglyph, yakni platform berbentuk tulisan dengan teknologi AI yang bisa mengubah tulisan tangan individual menjadi bentuk tulisan yang disesuikan dengan masing-masing individual.

“Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi AI dan meningkatnya permintaan untuk solusi digital, kami melihat adanya peluang pasar yang cukup besar. Di SoftBank Ventures Asia, kami fokus pada investasi di bidang teknologi transformatif yang bisa memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat. Kecerdasan buatan termasuk dalam katagori tersebut, dan VoyagerX dengan kemampuan handal mereka di bidang AI, inovasi yang kreatif dan waktu pemasaran yang cepat, telah membuktikan bahwa mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin pasar di bidang ini,” ujar JP Lee, CEO SoftBank Ventures Asia.

Sedong Nam, CEO VoyagerX menyatakan optimistis pada potensi transformatif AI dan deep learning. “Kami sangat senang bahwa perusahaan modal ventura besar seperti SoftBank Ventures Asia bersedia berbagi visi dengan VoyagerX. Kami berharap dapat menghadapi tantangan di masa depan dengan dukungan dari para pemodal,” tambah Sedong.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…