Airbus Tawarkan Tenda Khusus untuk Penumpang dengan Gejala Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Juni 2021 - 15:30 WIB

Airbus Membuat Konsep PaxCase (Passenger Containment Area for Symptomatic Events) . Semacam tenda atau kamar kecil berbahan plastik semi trasparan yang berfungsi untuk melindungi penumpang lainnya dari paparan virus Corona. (Dok: CNN Travel)
Airbus Membuat Konsep PaxCase (Passenger Containment Area for Symptomatic Events) . Semacam tenda atau kamar kecil berbahan plastik semi trasparan yang berfungsi untuk melindungi penumpang lainnya dari paparan virus Corona. (Dok: CNN Travel)

INDUSTRY.co.id - Sudah setahun dunia dilanda pandemi Covid-19, namun sejumlah bidah usaha seperu penerbangan udara sudah mulai bangkit kembali. Kini, pejalanan udara dan bandara pun sudah beroperasi kembali. 

Akan tetapi, kendala tentang keamanan penumpang pesawat masih menjadi masalah. Protokol kesehatan memang sudah diterapkan dengan disiplin dan ketat agar penumpang tidak mudah tertular Covid-19 saat melakukan perjalanan. Namun, tetap saja masih ada kemungkinan penumpang bisa saja tertular dan menyebarkan virus tersebut ke penumpang lainnya. 

Sayangnya, untuk mengetahui penumpang yang mengalami gejala Covid-19 sangat sulit. Sebab, untuk menempatkan penumpang gejala sulit untuk menempatkan berjuahan dengan penumpang lain. 

Maka, sejalan dengan permasalahan tersebut Airbus membuat konsep PaxCase (Passenger Containment Area for Symptomatic Events) yaitu semacam tenda atau kamar kecil berbahan plastik semi trasparan yang berfungsi untuk melindungi penumpang lainnya dari paparan virus Corona. 

Menurut Ingo Wuggetzer, wakil presiden pemasaran kabin di Airbus mengatakan PaxCASE dirancang untuk berada dalam posisi tetap berada di dalam  kabin pesawat dengan konsep fleksibel menyesuaikan kabin. Bisa juga dalam bentuk tirai yan bisa dipasang di beberapa tempat dan direkatkan pada bagian atas. 

Penghalang ini akan mengelilingi satu baris kursi yang terdapat tiga kursi yang salah satunya ditempati penumpang bergejala Covid-19.

"Ini prinsip yang sangat sederhana, mudah diterapkan oleh kru jika terjadi kebutuhan darurat," jelas Wuggetzer dilansir dari laman CNN Travel, Rabu (23/6/2021).

Konsep tersebut mendapat perhatian bahkan dinominasikan dalam kategori Clean and Safe Air Travel dalam Crystal Cabin Awards 2021. Merupakan ajang penghargaan yang berfokus pada tren terbaru serta inovasi interior pesawat terbang.  

Crystal Cabin Awards biasanya memiliki delapan kategori, tetapi tahun ini difokuskan pada dua penghargaan utama yakni kategori Clean and Safe Air Travel dan kategori Judges Choice.

Wuggetzer menunjukkan bahwa banyak yang telah berubah sejak musim semi 2020. Pertama, ada lebih banyak pemahaman tentang bagaimana virus bekerja dan bagaimana penyebarannya serta vaksin dan pengujian lebih banyak tersedia, setidaknya di beberapa pasar. Maka, dengan penyebaran yang semakin tinggi industri penerbangan pun mendorong berbagai inovasi agar penumpang merasa aman. 

"Kami menciptakan, saya piki lebih dari 2.000 ide dan masih terus mencari ide yang terbaik untuk situasi sekarang ini," terangnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.