Pesatnya Digitalisasi, Masyarakat Modern Harus Memiliki Bingkai Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Juni 2021 - 09:45 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Masyarakat di era digital dimanjakan dengan akses informasi yang terbuka luas untuk memudahkan segala macam sendi kehidupannya. Namun, ada tantangan yang harus dihadapi masyarakat dengan kemudahan itu yakni bingkai budaya untuk memfilter segala dampak negatif dari akselerasi teknologi dan internet.

“Budaya digital hadir untuk memperkuat karakter budaya bangsa dan menguatkan nilai-nilai kebangsaan Indonesia dalam penggunaan media digital, bukan untuk memecah belah kesatuan warna di dunia maya,” ujar Tiffany Eugene, Senior Human Capital Character Management at Power Character saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, pada Selasa (15/6/2021).

Menurut Tiffany perubahan yang paling terasa saat pandemi dengan adanya percepatan digitalisasi adalah kemudahan di sisi penggunaan waktu dan jarak yang dulunya terbatas.

Sebelumnya bila sebuah rapat hanya bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari, maka dengan adanya rapat online tanpa jeda pekerjaan menjadi lebih efisien dan bisa dilakukan tanpa harus hadir, maupun terkena dampak kemacetan.

“Namun itu juga akan ada kaitannya dengan mental health, ini membantu sekaligus mengkhawatirkan. Online terus, dua pekerjaan yang sama, meeting bisa 5 hingga 6 zoom meeting jika tidak diimbangi budaya, bisa makin stress,” kata Tiffany.

Di sisi budaya dari gaya parenting sendiri, orangtua dulu biasa bertanya ke orang terdekat. Dengan adanya dunia digital sekarang para orangtua muda lebih banyak membuka google saat tidak tahu sesuatu, sehingga digitalisasi memang mempengaruhi segala aspek.

Lalu dengam perubahan ini apa yang harus dilakukan? Tiffany menyebut harus beradaptasi dari sisi budaya. Idealnya saat budaya baru harus berbentuk, jadilah warga digital yang sesuai dengan nilai-nilai, kalau di Indonesia dari Pancasila netizen yang punya nilai-nilai kebangsaan.

Budaya diketahui merupakan pola atau cara hidup yang terus berkembang oleh sekelompok orang dan diturunkan pada generasi berikutnya.

Tiffany mengajak orang Indonesia untuk berkaca dengan negara Korea Selatan yang bisa memviralkan budayanya di dunia digital. Hingga hampir seluruh dunia tahu apa makanan terkenalnya serta segala hal berbau budaya yang dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Masyarakatnya supportif dengan budaya di negara mereka sendiri. Korsel juga bisa pulih ekonominya drastis di awal tahun 2000-an karena drama dan k-pop,” sebut Tiffany.

Webinar Literasi Digital merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Pada webinar hadir pula narasumber lainnya seperti Aktivis Equality Gender Kalis Mardiasih, Psikolog dan Senior Trainer SEJIWA Hellen Citra Dewi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…