Kabar Baik! Kemenperin Resmi Buka Pendaftaran Penghargaan Industri Hijau 2021, Begini Syarat dan Cara Daftarnya...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 18 Juni 2021 - 13:59 WIB

Industri Hijau
Industri Hijau

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kabar baik datang buat para pelaku industri di tanah air. Kementerian Perindusterian (Kemenperin) pada hari ini Jumat (18/6/2021) telah resmi membuka pendaftaran Penghargaan Industri Hijau untuk tahun 2021.

Adapun dokumen yang menjadi syarat perusahaaan industri sebagai peserta ialah:

1. Pernyataan mengikuti Penghargaan Industri Hijau

2. Dokumen legalitas usaha seperti Izin Usaha Industri (IUI) 3. NPWP dan SPT Pajak terbaru

4. Persetujuan / Izin Lingkungan

5. Laporan pemantauan dan pengelolaan lingkungan 3 semester

6. Bukti akun SIINas perusahaan 7. Deskripsi dan diagram alir Proses produksi

8. Neraca massa/bahan, neraca energi, dan neraca air 9. Matriks self assesment

10. Sinopsis Perusahaan.

Selanjutnya, para calon peserta dapat mengisi formulir online sekaligus mengirimkan bukti data dokumen sesuai folder pada bit.ly/BerkasPIH2021 melalui email [email protected]

Atau untuk informasi lebih lanjut peserta juga dapat mengakses laman Kemenperin.go.id.

"Jika berkas sudah lengkap dan terverifikasi peserta akan mendapatkan bukti dan nomor pendaftaran," bunyi pengumuman Kemenperin yang dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Jumat siang (18/6/2021).

Kemenperin sendiri terus mendorong peningkatan penerapan industri hijau di Tanah Air. Untuk mewujudkan hal itu, satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan Penghargaan Industri Hijau kepada para pelaku industri.

"Kami akan terus dorong para pelaku usaha agar bisa melihat peluang di sekitar dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien, yang dapat digunakan kembali dan tentunya ramah lingkungan. Penghargaan Industri Hijau untuk memberikan motivasi kepada perusahaan industri yang telah berkomitmen menerapkan prinsip industri hijau secara konsisten" ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu di Jakarta.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil dari program Penghargaan Industri Hijau tahun 2019, tercatat penghematan energi sebesar Rp3,5 triliun, dan penghematan air sebesar Rp228.9 miliar.

Dan sejak 2010, Kemenperin sudah memberikan penghargaan kepada 895 perusahaan industri yang berkategori 4 dan 5. 

Dimana untuk Level 4 dengan interval nilai 80,1 – 90,0 diberikan sebanyak 80%. Sementara untuk level 5 dengan interval nilai 90,1 – 100 sudah sebanyak 90%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.