Munas VIII Kadin, Mulyadi Jayabaya: Tidak Ada Dukung-Mendukung Politik, Fokus Perkuat Ekonomi Bangsa

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Juni 2021 - 10:33 WIB

Kadin Indonesia
Kadin Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten Mulyadi Jayabaya mengatakan, perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin yang akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Juni 2021 mendatang, mampu menghadirkan semangat baru. Hal tersebut sangat dirasakan oleh para pengurus Kadin di berbagai daerah.

"Pada Munas kali ini hadir semangat untuk merangkul Kadin-Kadin di daerah. Calon ketua umum hadir ke berbagai daerah di Indonesia, bersilaturahmi, merangkul serta menawarkan gagasan untuk memajukan Kadin ke depan, mendorong potensi daerah, serta membawa program untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Mulyadi Jayabaya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (18/6/2021).

Mulyadi optimistis, semangat inklusif dan kolaboratif ini nantinya akan terus dijaga oleh ketua umum Kadin terpilih.

Mantan Bupati Lebak ini juga meyakini jika Munas VIII akan membawa arah baru bagi kemajuan Kadin Indonesia. "Jika ada bumbu demokrasi dalam dua bulan terakhir ini, saya kira wajar saja. Yang pasti, semua menginginkan Kadin semakin maju," tuturnya.

Mulyadi Jayabaya juga membantah jika perhelatan Munas Kadin dikait-kaitkan dengan dukungan politik tertentu. Kadin, kata dia, adalah organisasi besar yang menaungi para pengusaha Indonesia. "Tidak ada dukung-mendukung politik. Fokus Kadin adalah memperkuat ekonomi bangsa," ujarnya.

Sementara Ketua Umum Kadin Bengkulu Fery Rizal turut  memastikan Kadin daerah siap menyukseskan Munas VIII yang akan digelar di Kendari. Bersama para pengurus Kadin dari berbagai daerah lain, Fery pun yakin Munas di Kendari akan berjalan lancar, damai dan aman, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hingga saat ini, kata dia, terdapat 25 dari 34 Kadin daerah, yang memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan Munas di Kendari. Apalagi, terang Fery, pemilihan lokasi juga telah didasarkan melalui pertimbangan yang matang. Terutama, karena Kendari memiliki tingkat persebaran Covid-19 yang relatif rendah.

Ketua Umum Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman juga menegaskan optimismenya atas pelaksanaan Munas di Kendari. Apalagi secara keseluruhan, jumlah peserta Munas diperkirakan hanya sekitar 250 peserta saja.

Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara Anton Timbang telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar Munas VIII Kadin. Sebagai tuan rumah, Kadin Sulawesi Tenggara memastikan akan memberikan sambutan terbaik kepada para peserta, delegasi serta para tamu undangan yang akan hadir di provinsi berjuluk Bumi Anoa tersebut.

Untuk menyiapkan segala aspek teknis secara rinci, Kadin Sulawesi Tenggara telah membentuk kepanitiaan lokal yang berisi 192 orang. Mereka berbagi tugas, mulai dari mempersiapkan lokasi pelaksanaan Munas, teknis acara, penginapan, transportasi,  penjemputan peserta, delegasi dan tamu undangan, menyiapkan perlengkapan, kesehatan, keamanan, kesekretariatan, hingga tim media dan humas.

Masih berada dalam situasi pandemi, Anton Timbang menegaskan, panitia akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tim dari Satgas Covid-19 akan dilibatkan untuk memantau kesehatan peserta, delegasi dan berbagai pihak yang akan menghadiri pelaksanaan Munas.

"Kami telah menyiapkan 3.000 antigen untuk memastikan peserta, delegasi atau siapa saja yang hadir di lokasi Munas VIII benar-benar sehat, negatif Covid-19," tutur Anton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…