Arsjad Rasjid Ingin Perkuat Representasi Indonesia dalam Kepengurusan Kadin

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Juni 2021 - 09:50 WIB

Calon Ketua Umun Kadin, Arsjad Rasjid
Calon Ketua Umun Kadin, Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid menginginkan agar struktur organisasi yang menaungi para pengusaha itu bisa merepresentasikan perwakilan Indonesia.

Menurut Arsjad, wajah Indonesia dalam struktur organisasi ini penting diwujudkan supaya konektivitas antara pemerintah pusat dan pelaku usaha di berbagai daerah menjadi lebih dekat dan kuat.

"Kepengurusan yang merepresentasikan  kepulauan Indonesia, penting untuk memperkuat konektivitas antara pemerintah pusat dan pelaku usaha di berbagai daerah. Langkah ini juga diperlukan untuk mempercepat pengembangan potensi di daerah," ujar Arsjad yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, untuk memperlancar komunikasi antar swasta dan pemerintah menjadi lebih terstruktur, Arsjad juga dimenginginkan terdapat shadow government di dalam struktur organisasi Kadin.

Dalam hal ini, Arsjad  mencontohkan struktur pemerintahan. Apabila di pemerintah  terdapat Menteri Luar Negeri, di Kadin pun ada Menteri Luar Negeri. Begitu pula jika pemerintah memiliki Menteri Keuangan, maka di Kadin juga ada Menteri Keuangan.

"Dengan adanya struktur tersebut maka akan memudahkan untuk berkomunikasi mengenai hal-hal yang menjadi aspirasi sektor swasta, seperti  investasi. Dengan komunikasi yang lebih lancar dan terstruktur, kita dapat memberikan masukan-masukan yang lebih berdampak kepada pemerintah," terangnya.

Melalui investasi yang makin berkembang, lanjut Arsjad, akan mendorong barang atau produk yang dihasilkan di dalam negeri juga harus kuat dan berkualitas. Bagi Arsjad, ini artinya kapabilitas dan industri nasional juga harus kuat.

Untuk membangun ekonomi nasional dan daerah, yang menjadi pilar kedua dari visinya, Arsjad mengajak seluruh elemen di dalam Kadin untuk bersinergi dan berkolaborasi. "Untuk membangun ekonomi yang lebih kuat, kita harus bersatu dan berkolaborasi," tuturnya.

Ditegaskan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk ini, ke depan Kadin harus terus meningkatkan dan mempromosikan industri kreatif dan destinasi pariwisata baru, mempercepat implementasi Industri Digital 4.0, menumbuhkan usaha berorientasi ekspor, mendorong implementasi kawasan ekonomi khusus, serta mengakselerasi pengembangan soft dan hard infrastructure.

Di sisi lain, lanjut dia, Kadin juga harus terlibat membangun kewirausahaan dan kompetensi. Langkah tersebut bisa dilakukan dengan menjadi katalisator pertumbuhan pengusaha UMKM, mendirikan Innovation Hub atau Warung Inovasi, mendorong vocational training, mengembangkan ekosistem kewirausahaan sosial serta mengakselerasi transformasi Society 5.0.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…