Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka

Oleh : Hariyanto | Rabu, 02 November 2016 - 15:52 WIB

Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka
Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka

INDUSTRY.co.id - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk telah menyalurkan listrik perdana dari PLTU batubara ke jaringan PT PLN (Persero) Rayon Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada 27 Oktober 2016.

Direktur Operasi Aneka Tambang Agus Zamzam mengatakan, penyaluran listrik perdana dari PLTU batubara milik perseroan menandai sinergi BUMN.

“Sinergi Antam dan PLN ini selain bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat Kolaka, juga turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia,” ujar Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (2/11).

Sinergi antara Antam dan PLN dimulai pada 21 Oktober 2016 melalui penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pembelian kelebihan tenaga listrik dari PLTU Pomalaa, Kolaka. Dalam perjanjian tersebut, PLTU batubara Pomalaa akan dioperasikan secara interkoneksi dengan sistem PLN dimana alokasi listrik maksimum 5 megawatt kepada PLN.

Selain menjadi bagian dari komitmen Antam kepada pemerintah daerah Kabupaten Kolaka, sinergi antar Antam dan PLN tersebut turut berpartisipasi dalam program pemerintah.

Dengan mulai beroperasinya PLTU batubara berkapasitas 2×30 MW ini, ia meyakini meningkatkan kemampuan pabrik feronikel Antam di Pomalaa, yang sebelumnya telah memiliki pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas 8×17 MW.

Pada periode Januari-September 2016, produsen emas dalam negeri membukukan kinerja positif dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp38,27 miliar, dari rugi bersih Rp1,03 triliun periode yang sama 2015. Raihan ini ditopang oleh keberhasilkan Antam meraup laba selisih kurs sekitar Rp260,57 miliar, dari rugi selisih kurs sebesar Rp534,62 miliar.

Namun, penjualan Antam melemah sekitar 28,73% menjadi Rp6,44 triliun sejak awal tahun hingga akhir September, dari Rp9,04 triliun pada periode yang sama 2015.(Hariyanto/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

FOTO LOW CARB

Sabtu, 20 April 2019 - 01:33 WIB

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Untuk Seminar Pertama Yang Mengangkat Karbohidrat

April 2019 (Jakarta, Indonesia), Low Carb Indonesia (LCI) bekerjasama dengan Low Carb USA mengadakan Indonesia International Low Carb Conference (IILCC) 2019 yang akan berlangsung selama 2 hari…

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…