Jawab Tantangan Dunia Usaha yang Kian Cepat, Arsjad Rasjid: Transformasi Digital Adalah Sebuah Keniscayaan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 Mei 2021 - 17:13 WIB

Wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Arsjad Rasjid
Wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid mengungkapkan, untuk menjawab tantangan dunia usaha yang berubah cepat, melakukan transformasi teknologi digital adalah sebuah keniscayaan.

Selain membantu memudahkan pola kerja di dalam perusahaan, langkah ini juga akan memperkuat ketahanan bisnis. Karena itu, menurut Arsjad, investasi di bidang teknologi mutlak diperlukan.

"Investasi di bidang teknologi digital tidak akan sia-sia kalau kita bisa mempelajarinya dan mendapatkan nilai tambah dari teknologi tersebut," kata Arsjad Rasjid yang juga Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (28/5/2021).

Arsjad mencontohkan, langkah ini turut dilakukan salah satu perusahaan kontraktor batubara di bawah Indika Energy, Petrosea. Pada 2018, di tengah tantangan berat yang dihadapi, Arsjad dan tim memutuskan untuk melakukan transformasi digital di perusahaan tambang tersebut dengan harapan bisa menurunkan biaya operasional secara keseluruhan.

"Kami menerapkan real-time crew management, road analyzer, real-time fuel optimizer, predictive maintenance, dan lain-lain. Kami menerapkan Industri 4.0 di dunia tambang, dan terbukti berdampak terhadap performance yang sangat positif," terang Arsjad.

Dari contoh kasus tersebut, lanjut Arsjad, hal tersulit untuk menerapkan transformasi teknologi digital bukanlah terbatasnya human capital atau sulitnya memahami sistem, melainkan change management.

"Sebagai pemimpin, kita harus bisa menggerakan roda organisasi untuk bersama-sama mempercayai mimpi untuk melakukan digitalisasi. Apabila kita optimistis dan bisa mengubah mindset, saya percaya teknologi digital akan menjadi kekuatan yang sangat besar pada saat ini dan di masa mendatang," lanjutnya.

Atas dasar itu pula, Arsjad berkomitmen akan terus mendorong para pelaku usaha dalam berbagai skala usaha untuk membuka diri terhadap perubahan, khususnya terkait teknologi digital.

Langkah itu, ungkap Arsjad, bisa dimulai dari hal kecil. Hingga kemudian para pelaku usaha akan merasakan manfaat transformasi, proses bisnis yang tersama rumit bisa disimplifikasi. "It all starts small and small gets big," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan  Pengusaha Nasional itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…