Akankah Lebaran Seindah Dulu ?

Oleh : Suhendra Atmaja | Kamis, 13 Mei 2021 - 10:01 WIB

Suhendra Atmaja
Suhendra Atmaja

INDUSTRY.co.id - Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamd

Kumandang takbir sejak malam hingga pagi ini tidak menyurutkan satu keluarga ini untuk bergegas pergi ke lapangan dekat majid rumahnya di kawasan Jakarta selatan.

Pagi ini, gema takbir terus memanggilnya untuk bergerak, sholat ied berjamaah dan merayakan sukacita dengan berlebaran bersama di 1 Syawal 1442 H atau 13 Mei 2021. Padahal pemerintah telah menganjurkan bahkan melarang warga menjalankan ibadah sholat ied, apalagi di zona merah corona.

Ah.. entah kekuatan apa yang menggerakan, sehingga tahun ini banyak sekali warga yang sholat ied di masjid atau dilapangan, meski dengan protokol kesehatan.

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamd

Lebaran tahun lalu.. 2020,  keluarga ini seperti warga lain,  tidak melakukan sholat ied berjamaah di masjid atau lapangan dekat rumah mereka. Corona atau Covid-19 yang memaksa mereka agar di beribadah di rumah saja dan kepala keluarga pun seolah ‘dipaksa’  memberikan khutbah di masing-masing keluarga kecil mereka.

Dulu, tahun-tahun sebelum ada corona, jika malam takbiran jalan-jalan ibukota dan kota-kota besar lain di tanah air bahkan dunia, selalu dipadati oleh masyarakat yang merayakan malam takbiran di pusat-pusat keramaian. Seluruh jalan-jalan utama selalu dipenuhi sesak, kemacetan panjang terjadi, suara petasan membahana di sejumlah tempat.

Dulu, selalu ada cerita menarik seputar kepadatan arus mudik yang sudah membudaya. Namun kini, 2 kali lebaran, Corona masih membatasi kita, masih mengintai kita. Seperti khutbah sang penceramah di hari Raya Iedul Fitri di lapangan dekat masjid rumah kami.

"Corona telah memundurkan peradaban manusia, corona telah membuat kita asing dan mengisolasi diri, ini adalah ujian kita agar kita tetap terus mengingat alloh dengan menjalankan perintahnya," tegasnya.

Dulu,  usai sholat ied dan khutbah, masyarakat merayakannya bersama keluarga, saling mengunjungi, hanya sekedar 'ngeriung', bersendagurau atau makan Bersama dengan menu ketupat khas lebaran. Anak-anak tetangga biasanya antri keluar masuk rumah untuk bersilaturahmi atau sekedar mendapatkan uang 'THR'. Tapi itu dulu, lebaran ini kita kembali dibatasi,  nyaris silaturahmi antar keluarga terbatas.

Tahun ini, memang lebaran tetap punya cerita,  namun berbeda. Kita hanya cerita larangan karena zona merah, cerita tak boleh mudik atau cerita sedih perantau yang tak bisa bertemu orang tua mereka.

Ah.. sampai kapan Corona berakhir, agar lebaran seindah dulu...?

Suhendra Atmaja - Mahasiswa Program Doktoral UNPAD

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…