Akankah Lebaran Seindah Dulu ?

Oleh : Suhendra Atmaja | Kamis, 13 Mei 2021 - 10:01 WIB

Suhendra Atmaja
Suhendra Atmaja

INDUSTRY.co.id - Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamd

Kumandang takbir sejak malam hingga pagi ini tidak menyurutkan satu keluarga ini untuk bergegas pergi ke lapangan dekat majid rumahnya di kawasan Jakarta selatan.

Pagi ini, gema takbir terus memanggilnya untuk bergerak, sholat ied berjamaah dan merayakan sukacita dengan berlebaran bersama di 1 Syawal 1442 H atau 13 Mei 2021. Padahal pemerintah telah menganjurkan bahkan melarang warga menjalankan ibadah sholat ied, apalagi di zona merah corona.

Ah.. entah kekuatan apa yang menggerakan, sehingga tahun ini banyak sekali warga yang sholat ied di masjid atau dilapangan, meski dengan protokol kesehatan.

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamd

Lebaran tahun lalu.. 2020,  keluarga ini seperti warga lain,  tidak melakukan sholat ied berjamaah di masjid atau lapangan dekat rumah mereka. Corona atau Covid-19 yang memaksa mereka agar di beribadah di rumah saja dan kepala keluarga pun seolah ‘dipaksa’  memberikan khutbah di masing-masing keluarga kecil mereka.

Dulu, tahun-tahun sebelum ada corona, jika malam takbiran jalan-jalan ibukota dan kota-kota besar lain di tanah air bahkan dunia, selalu dipadati oleh masyarakat yang merayakan malam takbiran di pusat-pusat keramaian. Seluruh jalan-jalan utama selalu dipenuhi sesak, kemacetan panjang terjadi, suara petasan membahana di sejumlah tempat.

Dulu, selalu ada cerita menarik seputar kepadatan arus mudik yang sudah membudaya. Namun kini, 2 kali lebaran, Corona masih membatasi kita, masih mengintai kita. Seperti khutbah sang penceramah di hari Raya Iedul Fitri di lapangan dekat masjid rumah kami.

"Corona telah memundurkan peradaban manusia, corona telah membuat kita asing dan mengisolasi diri, ini adalah ujian kita agar kita tetap terus mengingat alloh dengan menjalankan perintahnya," tegasnya.

Dulu,  usai sholat ied dan khutbah, masyarakat merayakannya bersama keluarga, saling mengunjungi, hanya sekedar 'ngeriung', bersendagurau atau makan Bersama dengan menu ketupat khas lebaran. Anak-anak tetangga biasanya antri keluar masuk rumah untuk bersilaturahmi atau sekedar mendapatkan uang 'THR'. Tapi itu dulu, lebaran ini kita kembali dibatasi,  nyaris silaturahmi antar keluarga terbatas.

Tahun ini, memang lebaran tetap punya cerita,  namun berbeda. Kita hanya cerita larangan karena zona merah, cerita tak boleh mudik atau cerita sedih perantau yang tak bisa bertemu orang tua mereka.

Ah.. sampai kapan Corona berakhir, agar lebaran seindah dulu...?

Suhendra Atmaja - Mahasiswa Program Doktoral UNPAD

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…