Arouca 516, Jembatan Terpanjang di Dunia Ada di Portugal

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Mei 2021 - 15:00 WIB

Jembatan Arouca 516 di Portugal, Jembatan Tertinggi di Dunia (Instagram/516arouca)
Jembatan Arouca 516 di Portugal, Jembatan Tertinggi di Dunia (Instagram/516arouca)

INDUSTRY.co.id - Jika di Indonesia memiliki Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, di Portugal juga ada jembatan gantung yang digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang di dunia, namanya Jembatan Arouca 516. 

Dilansir dari lama lonelyplanet, Rabu (12/5/2021), jembatan sepanjang 516 meter (1693ft) dengan tinggi 175 meter yang menggantung pada kabel baja berat yang digantung di antara menara beton berbentuk V. Terletak di atas sungai Arouca Unesco Global Geopark, jembatan ini menghubungkan tebing air terjun Aguieiras dan area Ngarai Paiva. 

Sehingga destinasi ini menjadi jembatan terpanjang di dunia yang sebelumnya diduduki oleh Jembatan Charles Kuonen Suspension di Swiss.

Dirancang oleh Itecons dan dibangun oleh Conduril - Engenharia, SA, jembatan ini didesainnya menggabungkan elemen jembatan bergaya Tibet, dengan lantai dan pagar sampingnya terbuat dari logam yang tembus pandang sehingga wisatawan dapat  melihat sekeliling. 

Pembangunan yang dimulai pada tahun 2017, tetapi tertunda karena lokasi jembatan perlu diubah karena banyak faktor. Akhirnya pada Juli tahun lalu pembangunan jembatan ini selesai, dan saat ini telah dibuka untuk masyarakat berusia enam tahun ke atas.

Jembatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan pecinta petualangan, penikmat alam, dan orang-orang yang menyukai pengalaman ekstrem. Mereka yang melintasinya akan dapat melihat air terjun Aguieiras, jalan setapak Paiva, Jembatan Alvarenga, dan Ngarai Paiva. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anak Kecanduan Gadget (Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 15:00 WIB

Solusi Dari Psikolog Jika Anak Mengalami Krisis Identitas hingga Bullying di Ruang Digital

Saat ini gadget dapat digunakan oleh semua kalangan bahkan, anak-anak pun sudah mahir menggunakannya. Kondisi ini tentunya sangat memprihantikan terlebih, di masa pandemi ini anak-anak mungkin…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 21 Juni 2021 - 14:30 WIB

Menperin Agus Bawa Kabar Gambira! Ekspor Industri Pengolahan Naik 30% Capai USD 66,70 Miliar

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai USD66,70 miliar, naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar…

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 14:07 WIB

Masuk Kategori Industri Hijau, Sektor Petrokimia Kokoh Jadi Pondasi Industri Nasional

Industri Petrokimia di Indonesia adalah salah satu industri yang berfungsi sebagai tulang punggung industri dalam negeri.

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

APD tenaga Medis (Foto Antaranews.com)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:57 WIB

Alhamdulilah, Puji Tuhan, Vaksin Terbukti Ampuh! 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Telah Sembuh

Kudus-Kondisi tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar COVID-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.