Erick Thohir Akan Bubarkan 7 BUMN yang Mati Suri, Bagaimana Nasib Merpati Airlines?

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Mei 2021 - 09:52 WIB

Merpati Airlines (ist)
Merpati Airlines (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk membubarkan sebanyak 7 perusahaan BUMN yang kini mati suri. Lalu bagaimana nasib maskapai PT Merpati Nusantara Airlines yang kini juga berada di ujung tanduk?

Menanggapi tentang nasib maskapai penerbangan nasional yang telah menangguhkan seluruh penerbanganya pada tahun 2014 lalu ini, Kementerian BUMN belum bisa memutuskan apakah akan dibubarkan atau tetap lanjut.

Pasalnya, pembubaran Maskapai yang sudah berdiri sejak tahun 1962 ini masih harus dikaji. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab di panggil Tiko mengatakan, masih ada persoalan kewajiban manajemen perusahaan yang belum diselesaikan.

"Merpati masih perlu pengkajian, karena masih ada fasilitas-fasilitas pinjaman yang harus direstrukturisasi, dan masih ada krediturnya," kata Wamen Tiko di Kementerian BUMN, Selasa (4/5/2021).

Tiko mengatakan, jika Merpati dibubarkan, maka prosesnya pun membutuhkan waktu yang tak sebentar. "Jadi kalau Merpati mungkin butuh waktu karena perlu penyelesaian kewajiban dulu," ungkapnya.

Apalagi, lanjut Tiko, Merpati saat ini masih memiliki anak usaha yang bergerak di bisnis maintenance repair overhaul (MRO), yakni PT Merpati Maintenance Facility (MMF).

Jika harus dibubarkan, menurut Tiko, bisnis MRO itu kemungkinan harus dipindah. Namun, hal itu pun masih terus dikaji. "Nah itu belum, kalau itu nanti akhirnya kita putuskan mungkin MRO-nya pindah, itu lagi dikaji, belum final," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…