Begini Cara Menyimpan Kue Lebaran yang Benar ala Farah Quinn

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 04 Mei 2021 - 12:30 WIB

Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)
Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)

INDUSTRY.co.id - Kue Lebaran yang banyak dan beraneka ragam tidak langsung bisa habis dalam satu hari saja. Terkadang baru habis beberapa hari kemudian atau bahkan berminggu-minggu. Tapi jika tidak dimakan, kue akan cepat basi dan mubazir lalu dibuang begitu saja. 

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, agar kue tidak basi dan dibuang ada beberapa tips cara menyimpan kue kering maupun basah yang dibeberkan oleh Chef Farah Quinn dalam siaran YouTubenya, Selasa (4/5/2021). Berikut cara menyimpan berbagai jenis kue yang baik dan benar.

Kue basah

Farah Quinn memberitahukan ada beberapa jenis kue basah yang bisa disimpan dan dimakan kembali dalam jangka yang panjang seperti brownies, lapis mandarin dan lapis legit. Biasanya, kue-kue tersebut tidak habis dalam satu hari maka dari itu, ia pun menyarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas agar mendaptkan rasa yang tetap enak dan maksimal meski disimpan berhari-hari.

"Ini bisa dibilang kue premium, jika cara penyimpanannya salah kan sayang kita sudah beli mahal-mahal. Begitu kita makan rasanya jadi kurang enak," katanya. 

Menurutnya, untuk lapis legit bisa bertahan hingga tiga minggu di dalam kulkas, lapis mandarin tahan dua minggu, dan brownies bisa tahan seminggu hingga dua minggu. Farah Quinn pun memberikan cara menyimpan yang baik dan benar. Pertama, jangan menyimpan dalam keadaan terbuka. Tetapi, bisa disimpan di dalam box atau di dalam container yang ditutup rapat.

Kemudian, jika ingin tahan lama hingga berbulan-bulan atau bisa setahun bisa disimpan di dalam freezer. "Bungkus kue basah menggunakan plastic wrap. Hal ini dilakukan agar udara dari makanan lain yang ada di dalam freezer tidak tercampur. Bungkus kue basah dua kali agar tahan dalam jangka panjang. Kemudian disimpan di dalam container dan tutup rapat," ujarnya.

Selanjutnya, untuk cara penyajian dan menyantap kue basah dari freezer, sebaiknya dikeluarkan dan didiamkan terlebih dulu sehari di suhu ruangan sebelum dimakan. Tapi, jangan panaskan kue di microwave karena akan membuat butter kue tersebut meleleh. 

Lebih lanjut, Farah Quinn mengatakan kue basah juga bisa disimpan di dalam suhu ruangan. Tapi, tidak bertahan cukup lama seperti disimpan di dalam kulkas ataupun di freezer. "Untuk lapis legit bisa tahan di suhu ruangan hingga enam hari, lapis mandari lima hari, dan brownies bisa tahan hingga lima sampai enam hari," jelasnya.

Kue kering

Sementara untuk kue kering, Farah Quinn mengatakan bisa bertahan hingga berbulan-bulan di suhu ruangan. Tapi tergantung jenis kue dan cara penyimpannya yang benar.

Untuk kue nastar bisa bertahan hingga dua bulan jika ditutup di dalam toples yang rapat. Kemudian untuk lidah kucing dan putri salju tahan lebih lama karena tidak menggunakan isian buah yang sedikit lembab seperti selai nanas yang ada di nastar. Kastangel bisa tahan dua bulan tapi mungkin tekstur renyahnya sedikit berkurang, agak sedikit lumer yang penting tidak ada jamurnya dan tertutup rapat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan kelapa sawit yaitu Stearin dan Olein yang dilakukan secara virtual antara PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas SaranaTbk)

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:23 WIB

Citra Borneo dan Grand Resources Teken Kontrak Kerjasama Jual Beli Stearin dan Olein

Pangkalan Bun - PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (GRGS) menandatangani perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan…

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…