Begini Cara Menyimpan Kue Lebaran yang Benar ala Farah Quinn

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 04 Mei 2021 - 12:30 WIB

Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)
Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)

INDUSTRY.co.id - Kue Lebaran yang banyak dan beraneka ragam tidak langsung bisa habis dalam satu hari saja. Terkadang baru habis beberapa hari kemudian atau bahkan berminggu-minggu. Tapi jika tidak dimakan, kue akan cepat basi dan mubazir lalu dibuang begitu saja. 

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, agar kue tidak basi dan dibuang ada beberapa tips cara menyimpan kue kering maupun basah yang dibeberkan oleh Chef Farah Quinn dalam siaran YouTubenya, Selasa (4/5/2021). Berikut cara menyimpan berbagai jenis kue yang baik dan benar.

Kue basah

Farah Quinn memberitahukan ada beberapa jenis kue basah yang bisa disimpan dan dimakan kembali dalam jangka yang panjang seperti brownies, lapis mandarin dan lapis legit. Biasanya, kue-kue tersebut tidak habis dalam satu hari maka dari itu, ia pun menyarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas agar mendaptkan rasa yang tetap enak dan maksimal meski disimpan berhari-hari.

"Ini bisa dibilang kue premium, jika cara penyimpanannya salah kan sayang kita sudah beli mahal-mahal. Begitu kita makan rasanya jadi kurang enak," katanya. 

Menurutnya, untuk lapis legit bisa bertahan hingga tiga minggu di dalam kulkas, lapis mandarin tahan dua minggu, dan brownies bisa tahan seminggu hingga dua minggu. Farah Quinn pun memberikan cara menyimpan yang baik dan benar. Pertama, jangan menyimpan dalam keadaan terbuka. Tetapi, bisa disimpan di dalam box atau di dalam container yang ditutup rapat.

Kemudian, jika ingin tahan lama hingga berbulan-bulan atau bisa setahun bisa disimpan di dalam freezer. "Bungkus kue basah menggunakan plastic wrap. Hal ini dilakukan agar udara dari makanan lain yang ada di dalam freezer tidak tercampur. Bungkus kue basah dua kali agar tahan dalam jangka panjang. Kemudian disimpan di dalam container dan tutup rapat," ujarnya.

Selanjutnya, untuk cara penyajian dan menyantap kue basah dari freezer, sebaiknya dikeluarkan dan didiamkan terlebih dulu sehari di suhu ruangan sebelum dimakan. Tapi, jangan panaskan kue di microwave karena akan membuat butter kue tersebut meleleh. 

Lebih lanjut, Farah Quinn mengatakan kue basah juga bisa disimpan di dalam suhu ruangan. Tapi, tidak bertahan cukup lama seperti disimpan di dalam kulkas ataupun di freezer. "Untuk lapis legit bisa tahan di suhu ruangan hingga enam hari, lapis mandari lima hari, dan brownies bisa tahan hingga lima sampai enam hari," jelasnya.

Kue kering

Sementara untuk kue kering, Farah Quinn mengatakan bisa bertahan hingga berbulan-bulan di suhu ruangan. Tapi tergantung jenis kue dan cara penyimpannya yang benar.

Untuk kue nastar bisa bertahan hingga dua bulan jika ditutup di dalam toples yang rapat. Kemudian untuk lidah kucing dan putri salju tahan lebih lama karena tidak menggunakan isian buah yang sedikit lembab seperti selai nanas yang ada di nastar. Kastangel bisa tahan dua bulan tapi mungkin tekstur renyahnya sedikit berkurang, agak sedikit lumer yang penting tidak ada jamurnya dan tertutup rapat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi hukum (ist)

Kamis, 06 Mei 2021 - 07:00 WIB

Diulangi Lagi, Kreditur IOI Temui Penyidik Polri yang Paksakan Pasal Pidana

Khawatir dana hilang, sejumlah kreditur produk High Yield Promissory Notes (HYPN) PT IndoSterling Optima Investa (IOI) diketahui kembali menemui penyidik Mabes Polri yang memaksakan pasal pidana…

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat membuka “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:43 WIB

Catat! CSR Perusahaan Berdampak Positif untuk Pencitraan

Perusahaan tidak hanya hadir untuk mencari profit dan imbal hasil untuk para pemegang saham. Perusahaan juga harus memiliki kebermanfaatan lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan. Bagaimana…

Pamglima TNI dan Menkominfo Plate

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:00 WIB

Menkominfo Jonny G Plate dan Panglima TNI Bahas Persiapan Pembangunan 5000 BTS, Termasuk di Papua

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. dan Waasintel…

Prajurit Batalyon Infanteri 2 Marinir

Kamis, 06 Mei 2021 - 05:45 WIB

Prajurit Batalyon Infanteri 2 MarinirTingkatkan Ketangkasan Karate

Meningkatkan kemampuan seorang prajurit yang handal dan selalu mematikan adalah kemampuan bela diri yang selalu diasah dan dilatih secara tepat, seperti anggota Batalyon Infanteri 2 Marinir…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono

Kamis, 06 Mei 2021 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen Suhartono Ikuti Peringatan Nuzulul Quran

Di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) TNI AL Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menghadiri peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan di Mesjid At-Taqwa…