Begini Cara Menyimpan Kue Lebaran yang Benar ala Farah Quinn

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 04 Mei 2021 - 12:30 WIB

Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)
Tips Menyimpan Kue Basah dan Kering Ala Farah Quinn (YouTube/FarahQuinn)

INDUSTRY.co.id - Kue Lebaran yang banyak dan beraneka ragam tidak langsung bisa habis dalam satu hari saja. Terkadang baru habis beberapa hari kemudian atau bahkan berminggu-minggu. Tapi jika tidak dimakan, kue akan cepat basi dan mubazir lalu dibuang begitu saja. 

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, agar kue tidak basi dan dibuang ada beberapa tips cara menyimpan kue kering maupun basah yang dibeberkan oleh Chef Farah Quinn dalam siaran YouTubenya, Selasa (4/5/2021). Berikut cara menyimpan berbagai jenis kue yang baik dan benar.

Kue basah

Farah Quinn memberitahukan ada beberapa jenis kue basah yang bisa disimpan dan dimakan kembali dalam jangka yang panjang seperti brownies, lapis mandarin dan lapis legit. Biasanya, kue-kue tersebut tidak habis dalam satu hari maka dari itu, ia pun menyarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas agar mendaptkan rasa yang tetap enak dan maksimal meski disimpan berhari-hari.

"Ini bisa dibilang kue premium, jika cara penyimpanannya salah kan sayang kita sudah beli mahal-mahal. Begitu kita makan rasanya jadi kurang enak," katanya. 

Menurutnya, untuk lapis legit bisa bertahan hingga tiga minggu di dalam kulkas, lapis mandarin tahan dua minggu, dan brownies bisa tahan seminggu hingga dua minggu. Farah Quinn pun memberikan cara menyimpan yang baik dan benar. Pertama, jangan menyimpan dalam keadaan terbuka. Tetapi, bisa disimpan di dalam box atau di dalam container yang ditutup rapat.

Kemudian, jika ingin tahan lama hingga berbulan-bulan atau bisa setahun bisa disimpan di dalam freezer. "Bungkus kue basah menggunakan plastic wrap. Hal ini dilakukan agar udara dari makanan lain yang ada di dalam freezer tidak tercampur. Bungkus kue basah dua kali agar tahan dalam jangka panjang. Kemudian disimpan di dalam container dan tutup rapat," ujarnya.

Selanjutnya, untuk cara penyajian dan menyantap kue basah dari freezer, sebaiknya dikeluarkan dan didiamkan terlebih dulu sehari di suhu ruangan sebelum dimakan. Tapi, jangan panaskan kue di microwave karena akan membuat butter kue tersebut meleleh. 

Lebih lanjut, Farah Quinn mengatakan kue basah juga bisa disimpan di dalam suhu ruangan. Tapi, tidak bertahan cukup lama seperti disimpan di dalam kulkas ataupun di freezer. "Untuk lapis legit bisa tahan di suhu ruangan hingga enam hari, lapis mandari lima hari, dan brownies bisa tahan hingga lima sampai enam hari," jelasnya.

Kue kering

Sementara untuk kue kering, Farah Quinn mengatakan bisa bertahan hingga berbulan-bulan di suhu ruangan. Tapi tergantung jenis kue dan cara penyimpannya yang benar.

Untuk kue nastar bisa bertahan hingga dua bulan jika ditutup di dalam toples yang rapat. Kemudian untuk lidah kucing dan putri salju tahan lebih lama karena tidak menggunakan isian buah yang sedikit lembab seperti selai nanas yang ada di nastar. Kastangel bisa tahan dua bulan tapi mungkin tekstur renyahnya sedikit berkurang, agak sedikit lumer yang penting tidak ada jamurnya dan tertutup rapat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…