ANTAM Catat Total Penjualan Bersih Sebesar Rp 9,21 Triliun Pada 1Q21
Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Mei 2021 - 10:39 WIB

Ilustrasi Pekerja Antam (ist)
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada tahun 2021, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) berfokus pada strategi untuk mengembangkan basis pelanggan di dalam negeri, terutama pemasaran produk emas dan bijih nikel ANTAM, seiring dengan pertumbuhan tingkat penyerapan pasar dalam negeri.
Informasi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (4/5/2021) menyebutkan, pada periode Triwulan Pertama Tahun 2021 (1Q21), total penjualan bersih ANTAM tercatat sebesar Rp9,21 triliun, meningkat 77% dibandingkan periode 1Q20 sebesar Rp5,20 triliun. Penjualan bersih domestik menjadi penyumbang capaian yang dominan sebesar Rp7,45 triliun atau 81% dari total penjualan bersih ANTAM.
Berdasarkan segmentasi komoditas, penjualan emas menjadi kontributor terbesar terhadap total penjualan bersih sebesar Rp6,59 triliun (72%), disusul feronikel yang mencatatkan penjualan sebesar Rp1,23 triliun (13%), bijih nikel sebesar Rp950,01 miliar (10%), serta segmen bauksit dan alumina sebesar Rp365,81 miliar (4%).
Pada tahun 2021, ANTAM berfokus dalam pengembangan basis pelanggan logam mulia di pasar dalam negeri. Hal tersebut seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi emas serta pertumbuhan permintaan emas di pasar domestik.
Kinerja penjualan emas ANTAM pada 1Q21 mencapai 7.411 kg (238.269 troy oz), meningkat 45% dari capaian 1Q20. Sementara itu pada 1Q21 ANTAM mencatatkan total volume produksi emas dari tambang Pongkor dan Cibaliung sebesar 289 kg (9.292 troy oz).
ANTAM terus melakukan inovasi penjualan produk emas Logam Mulia dengan mengedepankan mekanisme transaksi penjualan dan buyback emas secara online.
Melalui jaringan Butik Emas Logam Mulia yang tersebar di 11 kota di Indonesia dan kegiatan pameran di beberapa lokasi, ANTAM menjalankan kegiatan operasi dan penjualan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
Segmen nikel mencatatkan pencapaian kinerja yang positif pada 1Q21. Volume produksi feronikel ANTAM pada 1Q21 tercatat sebesar 6.300 ton nikel dalam feronikel (TNi), dengan tingkat penjualan feronikel sebesar 5.624 TNi.
Penjualan feronikel pada 1Q21 sebesar Rp1,23 triliun, naik 27% dibandingkan periode 1Q20 sebesar Rp965,95 miliar.
Sementara itu untuk komoditas bijih nikel, pada 1Q21 volume produksi bijih nikel yang digunakan sebagai bahan baku feronikel ANTAM dan penjualan kepada pelanggan domestik tercatat sebesar 2,64 juta wet metric ton (wmt), meningkat signifikan 319% dibandingkan 1Q20 sebesar 629 ribu wmt.
Sedangkan volume penjualan bijih nikel ke pasar domestik mencapai 1,60 juta wmt pada 1Q21.
Untuk bauksit, pada 1Q21 ANTAM mencatatkan volume produksi bauksit yang digunakan sebagai bahan baku bijih pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) serta penjualan kepada pihak ketiga sebesar 557.354 wmt dengan capaian total volume penjualan bauksit mencapai 384.785 wmt.
Sementara itu volume produksi CGA ANTAM mencapai 15.315 ton alumina dengan tingkat penjualan CGA mencapai 36.098 ton alumina atau tumbuh 50% dibandingkan capaian 1Q20.
Terkait dengan proyek pengembangan usaha, saat ini ANTAM sedang menyelesaikan tahap konstruksi proyek pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur, Maluku Utara yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 13.500 TNi per tahun.
Dalam hal pengembangan hilirisasi komoditas bauksit, saat ini Perusahaan terus berfokus dalam pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat, yang dikembangkan bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dengan kapasitas pengolahan sebesar 1 juta ton SGAR per tahun.
Baca Juga
OCA AI dari Telkom Kenalkan Chatbot Builder Tanpa Coding
Proses Akuisisi Sebanyak 70% Saham NINE Dipatok Poh Holding Rampung…
Bursa CFX Ciptakan Pertumbuhan Bersama Anggota Lewat CSR
PEFINDO Menjalin Kesepakatan Kerja Sama dengan Dua Institusi Terkemuka…
Telkom Gelar Indonesia Digital Learning - Cirebon 2025, Dukung Cakap…
Industri Hari Ini

Selasa, 29 Juli 2025 - 09:12 WIB
Ikuti Pameran Internasional di Singapura, UMKM Binaan BRI Ini Buktikan Kekuatan Produk Lokal di Kancah Global
UMKM lokal Indonesia terus menunjukkan eksistensinya di pasar global. Dengan kualitas produk yang terus meningkat dan semangat inovasi yang tinggi, para pengusaha kecil menengah ini berhasil…

Selasa, 29 Juli 2025 - 07:35 WIB
GIIAS 2025 Hadirkan Pengalaman Baru di Hall 11, Gerbang Utama Dunia Otomotif Indonesia
Pameran otomotif bergengsi GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 kini memasuki minggu kedua sejak dibuka untuk umum pada 24 Juli lalu. Bertempat di ICE BSD City, pameran ini…

Selasa, 29 Juli 2025 - 06:50 WIB
Yayasan Jiva Svastha Nusantara Dorong Masyarakat Lebih Kritis terhadap Sumber Air Minum Isi Ulang
Air yang tampak jernih belum tentu layak untuk diminum. Pesan inilah yang kembali ditegaskan oleh Yayasan Jiva Svastha Nusantara dalam kegiatan edukasi publik yang diselenggarakan di kantor…

Senin, 28 Juli 2025 - 23:39 WIB
Rayakan Hari Anak Nasional, Baby Happy Gencarkan Edukasi Cegah Ruam Popok Lewat Festival di Jakarta
Baby Happy rayakan Hari Anak Nasional 2025 dengan Festival Gerakan Anti Ruam di Jakarta. Kampanye cegah ruam popok ini hadirkan edukasi dan hiburan keluarga.

Senin, 28 Juli 2025 - 23:14 WIB
PERURI Sabet 5 Penghargaan di HCREA 2025, Bukti Komitmen Transformasi Human Capital Berkelanjutan
PERURI meraih 5 penghargaan di HCREA 2025, termasuk kategori SDM berkelanjutan dan inklusif. Komitmen kuat PERURI dalam transformasi human capital menjadi fondasi menuju GovTech Indonesia.
Komentar Berita