Sambut Mayday, Buruh Apresiasi Pemulihan Ekonomi Nasional

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 30 April 2021 - 16:03 WIB

Wasekjen DPP KSPSI Pimpinan Yoris Raweyai, Arnold Sihite, kepada wartawan di Jakarta jelang peringatan Hari Buruh Internasional, Jumat (1/5/2021).
Wasekjen DPP KSPSI Pimpinan Yoris Raweyai, Arnold Sihite, kepada wartawan di Jakarta jelang peringatan Hari Buruh Internasional, Jumat (1/5/2021).

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Para pekerja buruh mengapresiasi berbagai upaya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah di bawah koordinasi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa waktu belakangan ini di tengah upaya memerangi Pandemi Covid 19. Artinya langkah pemulihan ekonomi tidak terbengkalai begitu saja di tengah upaya keras bangsa ini memerangi Pandemi.

"Kita akui bersama bagaimana sulitnya kita di awal-awal Covid ini. Antara upaya di bidang kesehatan dan ekonomi seakan sulit sekali disatukan tapi akhirnya kita bisa membuktikan bahwa kerja keras di sektor kesehatan untuk menerangi Covid tidak pula menelantarkan ekonomi nasional malah bisa seiring sejalan. Covid kita perangi tapi ekonomi juga kita kuatkan. Dan tentu kita harus apresiasi semua ini," ungkap Wasekjen DPP KSPSI Pimpinan Yoris Raweyai, Arnold Sihite,  kepada wartawan di Jakarta jelang peringatan Hari Buruh Internasional, Jumat (1/5/2021).

Dijelaskan Arnod yang juga anggota LKS Tripartit Nasional yang mewakili unsur Buruh, bahwa kerja keras Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang adalah juga komandan penanganan Covid 19 yang diberi tugas khusus oleh presiden mampu memberikan harapan, termasuk bagi pekerja buruh. "Banyak terobosan selama ini dalam upaya pemulihan ekonomi nasional itu jelas berdampak bagi dunia usaha yang perlahan mulai tumbuh lagi dan tentu saja berdampak bagi pekerja buruh juga. Harapannya tentu saja situasi sekarang ini kita pertahankan dan berharap ke depan kita bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Arnod yang juga ketua tenaga kerja dan SDM Dewan pimpinan Nasional Masyarakat pertambangan Indonesia itu meyakini, bahwa berbagai stimulus program yang dihadirkan pemerintah melalui Menko Perekonomian Airlangga seperti upaya penyelamatan sektor UMKM, relaksasi pajak, kartu prakerja, Undang - Undang Omnibus Law, strategi pencegahan korupsi dan program lainnya sudah mulai kelihatan hasilnya. "Harus kita akui bahwa ini sudah mulai kelihatan. Jika sudah mulai ada pertumbuhan kembali artinya ke depan kita bisa rebound kembali bahkan bisa lebih baik lagi ekonomi kita," ketua ketenagakerjaan dan pengembangan sektor informal PPK KOSGORO 1957," tukasnya.

Bukan hanya itu agenda digitalisasi UMKM juga menjadi terobosan positif dalam rangka pertumbuhan ekonomi nasional yang harus diapresiasi. "Artinya masih senafas dengan era industri 4.0 UMKM kita juga didorong ke arah sana. Ekonomi digital yang tumbuh positif belakangan ini tentu saja menjadi perhatian serius pemerintah agar terus berkembang," lanjutnya.

Pada peringatan hari Buruh ini tentu pihaknya berharap agar pemerintah tetap menggandeng pekerja buruh sebagai mitra strategis dalam pembangunan atau upaya lain dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan perang melawan Pandemi Covid 19. "Kami tentu saja sangat siap bermitra dengan pemerintah. Komitmen buruh sama agar situasi ekonomi nasional cepat pulih dan kita bisa bangkit kembali yang ujungnya kesejahteraan pekerja buruh juga makin meningkat," tukasnya.

Ditambahkan pula oleh Ketua umum Federasi serikat pekerja percetakan penerbitan media informasi KSPSI ini agar Kementerian Tenaga Kerja segera melanjutkan agenda strategis untuk buruh. "Misalnya BLT BPJS ketenagakerjaan dapat dilanjutkan untuk membantu pemulihan ekonomi dengan harapan Pandemi segera berakhir. Bukan hanya itu, program jaminan kehilangan pekerjaan juga sedapat mungkin segera dieksekusi. Termasuk tentunya balai latihan kerja agar bisa dikembangkan supaya pekerja bisa lebih produktif dan punya daya saing khususnya untuk menunjang UMKM dan adanya bantuan modal usaha kepada pekerja," pungkas Arnod.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.