Perusahaan IT Ini Tagih Sisa Pembayaran Capai Rp26 Miliar ke Anak Usaha PLN

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 April 2021 - 21:50 WIB

Pekerjaan pembangunan, managed service dan upgrading Desa Pinter
Pekerjaan pembangunan, managed service dan upgrading Desa Pinter

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perilaku “zalim” dengan tidak segera membayar vendor atau subkontraktor yang telah melaksanakan pekerjaaan, juga menular ke anak perusahaan BUMN.

Salah satunya dialami oleh PT. Azet Surya Lestari (ASL), perusahaan nasional bergerak di bidang energi terbarukan dan IT.

ASL telah ditunjuk oleh PT. Indonesia Comnets Plus (ICON+), anak perusahaan PT. PLN (Persero) untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan, managed service dan upgrading Desa Pinter (Pelayanan Internet), yakni desa-desa terpencil yang belum mendapatkan akses telekomunikasi dan informatika di Provinsi Sulawesi Selatan (Paket 4) dan Provinsi Papua – Provinsi Papua Barat (Paket 6) yang terbagi dalam dua tahap.

"Tahap pertama, pra operasional sampai dengan 1 April 2013, dan tahap kedua adalah operasional selama 48 bulan sejak persetujuan operasional atau dengan kata lain demi hukum berlaku sampai dengan 8 April 2017 untuk Paket Pekerjaan 4 dan 15 April 2017 untuk Paket Pekerjaan 6," kata Makrifat P. Koto selaku lawyer dari ASL di Jakarta, Kamis (29/4).

Bahwa atas jasa pekerjaan pembangunan dan managed service serta upgrading Desa Pinter tersebut, ASL berhak atas pembayaran yang dibagi dalam 16 termin selama jangka waktu pelaksanaan pekerjaan.

ASL telah menerima pembayaran untuk termin 1 sampai termin 6 secara normal, begitu pula untuk pembayaran termin 7 sampai termin 10 juga telah dibayar walaupun melalui diskusi panjang dan berliku.

"Akan tetapi sampai saat ini, untuk pembayaran termin 11 sampai 16, ASL belum menerima pembayaran apapun dengan total tagihan sebesar Rp.26.174.945.840, diluar pajak dan lain-lain," ungkap Makrifat.

Padahal, ASL sudah melaksanakan pekerjaan dengan tuntas, termasuk memenuhi perubahan-pengkondisian yang diminta ICON+ dan/atau yang telah disepakati bersama oleh para pihak.

Sampai saat ini, setelah lima tahun berlalu, ASL masih berjuang untuk mendapatkan hak-haknya, walaupun selalu diombang-ambingkan dengan alasan kekuarangan data-dokumen dan hal administratif lain yang sejatinya semua sudah disampaikan dan sudah berada dalam penguasaan ICON+.

"Saat ini kami sedang mencadangkan hak klien guna menempuh upaya hukum, terutama melalui permohonan PKPU atau pailit ke Pengadilan Niaga dan/atau upaya-upaya hukum lainnya," tegas Makrifat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:43 WIB

Dirjen PEN: Pendampingan Ekspor 132 UKM Sukses Bukukan Transaksi Rp76 Miliar

Program pendampingan ekspor (export coaching program/ECP) Usaha Kecil Menengah (UKM) yang secara kontinu digerakkan Kementerian Perdagangan sukses membukukan transaksi lebih dari USD 5,29 juta…

Hitachi Solutions

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:31 WIB

Hitachi Solutions Dinobatkan Sebagai Perusahaan Terdepan di IDC MarketScape Asia Pasific 2021

Hitachi Solutions, perusahaan penyedia solusi industri global yang dikelola oleh Microsoft Cloud and Business Applications, dengan bangga mengumumkan posisinya dalam kategori Perusahaan Terdepan…

PT Pertamina International Shipping (PIS)

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:26 WIB

Utamakan Productive & Efficient, 2021 PIS Optimalisasikan Tranformasi Bisnis Integrated Marine Logistics

Di penghujung tahun 2021, Pertamina International Shipping (PIS) justru semakin gencar mengoptimalisasikan pencapaian bisnisnya. Pencapaian tersebut antara lain ditorehkan oleh Direktorat Niaga…

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:00 WIB

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Sejumlah 44 Koli diserahkan dengan disaksikan Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han., dan Kadisops Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T dengan harapan dapat membantu meringankan…

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:59 WIB

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Eksplorasi dan inovasi terjadi di mana-mana. Setiap harinya, kita mempelajari hal-hal baru yang menarik melalui inovasi sebagai bentuk dari eksplorasi, tak terkecuali dunia kuliner. Didukung…