Sri Mulyani: UMKM Bangkit, Ekonomi Nasional Bangkit

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 17 April 2021 - 19:59 WIB

Menkeu Sri Mulyani (ist)
Menkeu Sri Mulyani (ist)

INDUSTRY.co.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran yang luar biasa penting di dalam perekonomian Indonesia.

Menurutnya, pemerintah pun terus berupaya menjaga daya tahan UMKM dan mendorong melalui berbagai instrumen fiskal agar UMKM dapat bangkit kembali seusai pandemi Covid-19.

“Menyikapi tantangan yang luar biasa ini, Pemerintah hadir dengan berbagai kebijakan dan instrumen untuk membantu usaha menengah kecil dan koperasi agar mereka tetap dapat bertahan dan bahkan bangkit kembali. Berbagai  kebijakan instrumen dan kehadiran pemerintah ini diwujudkan di dalam paket program pemulihan ekonomi nasional atau PEN,” kata Menkeu secara daring dalam sambutannya pada Opening Ceremony BCA UMKM FEST 2021, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu (17/4/2021).

Dijelaskan Sri Mulyani, pemerintah melalui PEN telah memberikan alokasi anggaran kepada UMKM dan korporasi hingga Rp184,83 triliun.

Selain itu, masih ada pemberian insentif usaha dalam bentuk berbagai kemudahan dan pengurangan beban perpajakan yang mencapai Rp58,46 triliun. Berbagai dukungan yang diberikan kepada UMKM tersebut merupakan berkolaborasi dengan perbankan.

“Kami menghargai PT Bank Central Asia yang menyelenggarakan acara hari ini yaitu BCA UMKM Festival pada tanggal 16 April hingga 8 Mei 2021. Ini merupakan partisipasi dan inisiatif dari sektor swasta untuk bersama-sama pemerintah terus membangkitkan semangat UMKM dan terus memulihkan ekonomi Indonesia,” ujar Menkeu.

UMKM, menurutnya telah memberikan peranan yang luar biasa bagi perekonomian dan oleh karena itu peranannya harus terus ditingkatkan produktivitasnya, juga daya kompetisinya.

UMKM sejatinya mampu menciptakan kesempatan kerja yang luas dan memiliki daya entrepreneur yang luar biasa di dalam masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga menginginkan agar UMKM di Indonesia mampu melakukan penetrasi ekspor, karena menurut Sri Mulyani dengan melakukan ekspor maka tidak saja UMKM tersebut mendapatkan keuntungan, namun perekonomian Indonesia diyakini juga akan semakin kuat.

“Untuk mendukung para UMKM di dalam melakukan penetrasi pasar ekspor, pemerintah membentuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia yang dapat memberikan pinjaman dalam bentuk modal dan juga bimbingan teknis serta untuk membantu memasarkan produknya di luar negeri,” ungkapnya. 

Menkeu berharap melalui kegiatan UMKM Festival ini, PT BCA akan juga ikut serta di dalam mendorong kemampuan dan daya kreasi, daya wiraswasta atau enterpreneurship serta produktivitas dari UMKM di Indonesia.

PT BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia diharapkan akan terus memberdayakan UMKM di Indonesia.

“Dengan UMKM festival ini juga saya harapkan juga akan ada forum untuk saling bertukar pengalaman dan perkembangan bisnis juga untuk saling mengenal dan melihat bagaimana peningkatan kualitas produk, pembukaan akses pasar baru dan juga di dalam secara kreatif bisa menangani dan menanggulangi dampak covid yang memang luar biasa. Apabila UMKM dapat terus bertahan dan bahkan bangkit secara lebih kuat maka dia akan juga menandakan kebangkitan dari perekonomian Indonesia,” harap Menkeu.

Kemudian, Menkeu juga meminta kepada seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk terus bersemangat, terus berjuang dan terus menekuni dunia dan bidang yang telah dipilih.

"Dengan seluruh kemampuan pikiran dan juga curahan perhatian, Insya Allah pasti akan bisa menembus pasar baik domestik dan global" paparnya.

“Galilah ilmu dan terus mencari berbagai pemikiran baru, produk baru, ide baru dari berbagai sumber termasuk dengan mengikuti BCA UMKM Fest, bangkitkan UMKM kita. Mari kita semua bangkitkan kembali perekonomian kita. Saya yakin bersama kita bisa. Insya Allah,” pungkas Menkeu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…