Wow! Gandeng ICDX dan ICH, PT Pos Indonesia Dagangkan Emas Digital Berbasis Syariah

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 April 2021 - 09:00 WIB

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)
Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pos Indonesia (Persero) melalui Aplikasi PosGO Syariah membangun Ekosistem Syariah Pertama dengan Perdagangan Fisik Emas Digital sebagai dasar ekosistem dan menggandeng Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH dalam pelaksanaannya.

Ekosistem Syariah ini memungkinkan transaksi emas fisik dan utilisasi emas dalam berbagai kebutuhan melalui sistem aplikasi.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan transaksi seperti menabung dan berinvestasi emas (PosGold), melakukan transfer saldo maupun transfer emas (Switch), melakukan pembelian produk-produk muslim (Halal Hub), perencanaan haji dan umrah (Gold To Mecca), serta layanan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf menggunakan emas (ZISWAF).

Aplikasi PosGO Syariah dapat diunduh melalui PlayStore. Dalam PosGO Syariah terdapat fitur PosGold, dimana aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang memberikan layanan perdagangan emas fisik (murni 999.9) berbasis sistem aplikasi.

PosGold memungkinkan dapat mengakses pasar perdagangan emas murni internasional secara langsung melalui ekosistem pasar emas di Bursa ICDX, termasuk mekanisme penyerahan fisik emas dan berbagai layanan turunan berbasis transaksi dengan dukungan dari ABI Komoditi Berjangka sebagai anggota Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH.

Seluruh perdagangan emas melalui bursa sudah terstandarisasi dan juga sudah melalui analisis komprehensif serta mitigasi risiko yang penyelesaiannya dijaminkan oleh Lembaga Kliring ICH.

Dengan tersedianya layanan PosGO Syariah yang terkoneksi dengan beberapa mitra multi industri termasuk Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH, kedepannya ekosistem perdagangan syariah PosGold akan ditopang oleh rencana pembangunan fasilitas penyimpanan emas berskala international yang telah dirumuskan dalam grand plan PosGO Syariah di awal pembentukan oleh PT Pos Indonesia dan mitra strategisnya.

“Transaksi emas yang terjadi melalui PosGO Syariah akan difasilitasi oleh bursa ICDX dan Kliring ICH dan akan menjadi pondasi dalam pengembangan fitur aplikasi PosGO Syariah. Hal ini tentunya akan menjadi mekanisme pengawasan dan manajemen data transaksi komprehensif dalam perdagangan emas fisik digital agar bisa sesuai dengan ketentuan regulator” ujar Yohanes Silaen Vice president Membership ICDX Group dalam keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu (17/4/2021).

Dengan tersedianya platform perdagangan emas yang mudah diakses dan aman, serta terhubungnya PosGO Syariah dengan ekosistem perdagangan berjangka komoditi melalui Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH akan menjadi momentum terciptanya layanan transaksi yang mudah diakses berkelas internasional di Indonesia.

Melalui layanan ini, ICDX – ICH dan PT Pos Indonesia serta mitra diharapkan akan memberikan tambahan pilihan bagi masyarakat terutama karyawan, investor, profesional, kalangan bisnis dan pihak lainnya untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk emas murni fisik batangan yang dapat ditransaksikan secara digital.

PosGO Syariah juga diharapkan dapat memberikan peluang utilisasi perdagangan emas dalam kebutuhan sehari-hari dan transaksi bisnis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.