Perkuat Manajemen Risiko, KoinWorks Tunjuk CRO Baru

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 15 April 2021 - 18:34 WIB

KoinWorks sebagai platform Super Financial App
KoinWorks sebagai platform Super Financial App

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Manajemen risiko dalam tata kelola industri keuangan merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh setiap pelaku industri keuangan termasuk pelaku di industri fintech.

Bagi pelaku fintech khususnya fintech dalam vertikal bisnis P2P Lending, manajemen risiko ini pun mencangkup risiko dalam penyaluran pembiayaan seperti risiko gagal bayar oleh peminjam, fraud & risiko operasional lainnya.

Memahami akan pentingnya penerapan manajemen risiko tersebut, KoinWorks, platform Super Financial App yang fokus menghadirkan ragam layanan finansial khususnya untuk pelaku UKM, memperkuat jajaran tim direksi perusahaan dengan merekrut talenta profesional dan berpengalaman, yaitu Valdy Mustafa sebagai Chief of Risk Officer.

Kehadiran Valdy merupakan upaya untuk meningkatkan tata kelola manajemen risiko pada keseluruhan lini bisnis KoinWorks, termasuk untuk mempersiapkan kehadiran inovasi KoinWorks yang tengah dipersiapkan.

“Bergabungnya Valdy Mustafa kedalam jajaran direksi di KoinWorks sebagai CRO merupakan bagian dari langkah kami untuk memperkuat manajemen resiko perusahaan, tidak hanya dalam hal penyaluran pembiayaan, namun juga pada aspek manajemen resiko lain dalam keseluruhan operasional bisnis. Valdy sebagai CRO baru di KoinWorks diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan performa bisnis KoinWorks baik terkait penyaluran pembiayaan melalui KoinP2P, maupun pada layanan lain yang sudah ada maupun yang akan segera kami keluarkan di Super Financial App KoinWorks.”ujar Benedicto Haryono, selaku CEO & Co-founder KoinWorks dalam keterangannya dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (15/4/2021).

“Suatu kebanggaan bagi saya bisa bergabung di KoinWorks yang merupakan platform fintech pembiayaan digital terbesar di Indonesia. Saya melihat KoinWorks adalah suatu emerging entity yang benar-benar serius dalam memanfaatkan teknologi guna mendukung inklusi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, bahkan kepada lapisan yang sebelumnya disebut-sebut sebagai unbankable. Hal ini juga lebih memotivasi saya untuk dapat memperkuat manajemen risiko yang lebih baik, efektif dan efisien agar pembiayaan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran serta terus meningkatkan kualitas pinjaman terbaik untuk dapat didanai oleh para pendana KoinP2P.”ungkap Valdy Mustafa, selaku Chief of Risk Officer KoinWorks.

Lebih lanjut, Valdy Mustafa selaku Chief of Risk Officer KoinWorks merupakan talenta profesional dengan lebih dari 20 tahun pengalaman di bidang Risk Management di berbagai Bank ternama di Indonesia.

Dalam perjalanan karirnya ini Valdy pernah memegang berbagai tanggung jawab dalam hal manajemen resiko mulai dari Corporate Credit, Credit Card, Credit Planning hingga Loan Workout.

Pada pengalamannya tersebut, Valdy juga banyak menjadi inisiator dan memegang peranan penting dalam pengembangan otomatisasi proses underwriting, sehingga penyaluran pinjaman dapat dilakukan dengan cepat namun tetap tepat sasaran dan bisnis dapat tumbuh bahkan hingga empat kali lipat.

Dalam peranannya di KoinWorks sebagai Chief of Risk Officer, Valdy menyebutkan akan fokus untuk meningkatkan kapasitas tim Risk guna mendukung pengembangan otomatisasi pada proses approval pinjaman sehingga dapat mempercepat penyaluran pinjaman hingga 100% lewat fitur instant approval untuk penyaluran pembiayaan dengan kategori tertentu.

“Berbekal pengalaman dan ilmu yang saya miliki, dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi membuat saya optimis dapat memberikan perubahan nyata dalam mengisi celah yang masih kosong dalam membawa KoinWorks menjadi penggerak UKM Indonesia untuk semakin maju dan berkembang.” lanjut Valdy.

Sebagai perusahaan financial berbasis teknologi, KoinWorks meyakini bahwa kolaborasi antara kemajuan teknologi dan manusia dapat menghasilkan sebuah hasil yang sangat baik dalam meraih sebuah tujuan.

Untuk itu, Valdy berkomitmen untuk terus mengkombinasikan dua hal ini untuk mencapai penilaian kredit yang cepat, tepat dan berkualitas guna mencapai misi KoinWorks, yaitu inklusi finansial yang merata di tanah air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin