MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) terkait penjaminan pendanaan jangka panjang untuk proyek energi terbarukan yang akan dilakukan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero. 

MIGA yang merupakan bagian dari Bank Dunia ini dipastikan akan memberikan jaminan investasi atas dukungan finansial dari perbankan internasional ke PLN.

"Setelah melakukan berbagai diskusi dalam beragam forum yang membahas mengenai isu perubahan iklim, pada hari Kamis lalu saya bertemu dengan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)," ujar Sri Mulyani, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya pada Minggu malam (11/4/2021). 

Dikatakannya, MIGA telah memberikan dukungan jaminan investasi kepada PT PLN atas pendanaan jangka panjang energi terbarukan dan infrastruktur kelistrikan yang ramah lingkungan.

Melalui program perdana bertajuk Non-Honouring of Finansial Obligation by State-Owned Enterprise (NHFO-SOE), MIGA akan menjamin 95 persen pembiayaan selama 5 tahun ke depan. 

Transaksi ini merupakan transaksi pertama MIGA dengan menggunakan skema NHFO-SOE dan juga transaksi pertama dalam masa pandemi Covid-19, baik di Indonesia maupun di regional. 

"Saya sangat menghargai seluruh dukungan dan kerja sama yang sudah dibina dengan baik antara Indonesia dan World Bank Grup," kata Sri Mulyani.

"Ke depan, saya harap kerja sama ini dapat mendorong Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih ramah lingkungan," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan kelapa sawit yaitu Stearin dan Olein yang dilakukan secara virtual antara PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas SaranaTbk)

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:23 WIB

Citra Borneo dan Grand Resources Teken Kontrak Kerjasama Jual Beli Stearin dan Olein

Pangkalan Bun - PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (GRGS) menandatangani perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan…

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…