Dirut Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, Raih The Best CEO dan CEO Strategic Orientation Terbaik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 April 2021 - 17:00 WIB

CEO Pupuk Indonesiaa Bakir Pasaman
CEO Pupuk Indonesiaa Bakir Pasaman

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Pupuk Indonesia (Persero) menerima empat penghargaan sekaligus, yaitu kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi Terbaik I dan The Best Corporate. Sedangkan Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, meraih The Best CEO dan CEO Strategic Orientation Terbaik. Keempat penghargaan ini berasal dari ajang "Anugerah BUMN 2021" yang diselenggarakan oleh majalah BUMN Track bekerjasama dengan PPM Manajemen di Jakarta, Kamis malam (8/4).

Selain itu, sebanyak empat anggota holding Pupuk Indonesia juga turut menerima penghargaan dari ajang yang sama. Pupuk Kaltim meraih kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi Terbaik II, Petrokimia Gresik kategori Pengembangan Talenta Unggul Terbaik I, Pupuk Sriwdijaja kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik II, dan Direktur Utama Rekayasa Industri, Alex Dharma Balen, meraih CEO Talent Development Anak Perusahaan BUMN Terbaik.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, menjelaskan bahwa transformasi bisnis bagi Pupuk Indonesia grup saat ini adalah sebuah keniscayaan. Mengingat, persaingan bisnis yang dihadapi saat ini semakin kompetitif dan menantang.

Adapun tantangan bisnis Pupuk Indonesia diantaranya adalah, adanya rencana perubahan pola subsidi pupuk, selanjutnya pangsa pasar produk komersial atau non-subsidi yang masih belum optimal, kondisi perusahaan yang masih berorientasi pada produk (production centric), usia sebagian pabrik yang sudah tua, dan berbagai tantangan strategis lainnya.

“Untuk menghadapi tantangan strategis tersebut, Pupuk Indonesia menjalankan dan mengakselerasikan program transformasi bisnis,” ujar Bakir.

Dalam program ini, lanjut Bakir, Pupuk Indonesia melakukan sejumlah inisiatif strategis. Pertama, terhadap rencana perubahan pola subsidi pupuk, Pupuk Indonesia bersama pemerintah saat ini sedang merumuskan pola yang lebih baik untuk menyalurkan pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran.

“Selain itu, kami juga sedang meningkatkan penjualan dan pengenalan produk komersial, mengubah mindset dari production centric menjadi customer centric, serta melakukan revamping atau mendirikan pabrik baru,” jelas Bakir.

Lebih lanjut Bakir menjelaskan bahwa program transformasi bisnis Pupuk Indonesia terdiri dari tiga bidang transformasi, yaitu transformasi organisasi dan model bisnis, transformasi digital, dan transformasi budaya.

Untuk transformasi organisasi, Pupuk Indonesia menjalankan program sentralisasi fungsi holding. Sedangkan transformasi model bisnis, Pupuk Indonesia menjalankan retail management serta menginisiasi program Agro Solution.

 

“Sentralisasi holding ini kami berlakukan pada fungsi strategis, seperti Teknologi Informasi, sumber daya manusia, rantai pasok, riset dan pengembangan, keuangan, serta penjualan dan pemasaran,” ujar Bakir.

Adapun retail management, lanjut Bakir, adalah upaya Pupuk Indonesia untuk memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengubah mindset dan berorientasi pada pasar (customer centric). Sedangkan Agro Solution adalah program pendampingan lengkap hulu-hilir pertanian, mulai dari input pertanian, akses permodalan, kepastian pembelian hasil panen (offtaker), hingga asuransi pertanian.

“Dalam program ini, Pupuk Indonesia memberikan keyakinan pada petani meskipun menggunakan pupuk non-subsidi, tetapi bisa memperoleh keuntungan besar,” ujar Bakir.

Sedangkan untuk sasaran transformasi digital, Pupuk Indonesia akan menjalankan program Retail Management System (RMS) yang menjadi ujung tombak bagi pemasaran produk komersial. Selanjutnya Distribution Planning and Control System (DPCS) untuk memantau distribusi dan posisi stok secara realtime, serta mendirikan Supply Chain Command Center.

Terakhir, Pupuk Indonesia melakukan transformasi di bidang budaya, yaitu dengan mengimplementasikan core value atau tata nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dengan fokus yang menyiapkan segenap insan Pupuk Indonesia menjadi motor transformasi perusahaan secara berkelanjutan.

Dengan demikian, transformasi bisnis yang sedang dilakukan oleh Pupuk Indonesia ini menyentuh semua lini dan sangat komprehensif, sehingga akan membawa perusahaan menjadi berdaya saing tinggi.

“Penghargaan yang diperoleh Pupuk Indonesia ini akan meningkatkan semangat untuk menyukseskan program transformasi bisnis ini. Sehingga menjadikan Pupuk Indonesia sebagai perusahaan nasional berkelas dunia untuk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan,” tutup Bakir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN, Erick Thohir

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:05 WIB

Alhamdulillah Erick Thohir Bawa Kabar Baik! Ivermectin 12 Mg, Obat Antivirus untuk Terapi Covid-19 Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

Ivermectin 12 mg dari PT Indofarma Tbk sebagai obat antivirus untuk terapi Covid-19 dinyatakan telah mendapatkan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Hal itu diakui Menteri BUMN…

Atta Halilintar

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:00 WIB

Ketum KODRAT Apresiasi Atta Halilintar Tekuni Tarung Drajat

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyaksikan latihan perdana Atta Halilintar menekuni seni bela diri asli…

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Antara/ CNN Indonesia)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:55 WIB

Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan, PPKM Mikro Diperketat, Mobilitas Masyarakat Daerah Zona Merah Dibatasi Hingga 100%

Jakarta-Menyusul lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi di sejumlah daerah di Indonesia pasca libur lebaran 2021, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar dilakukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan…

Waresix Logistic

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:44 WIB

Waresix, Startup Pertama yang Terintegrasi Sistem Logistik Nasional

Pemerintah terus berkomitmen untuk menciptakan ekosistem logistik yang semakin efisien di Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pada September tahun lalu pemerintah meluncurkan Program…

Istana Potala di Lhasa, Tibet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:30 WIB

Dampak Pandemi, Situs Bersejarah di Tibet dibanjiri Wisawatan Asal China

Wisatawan asal China baru-baru ini dilaporkan menyerbu tempat wisata di Tibet. Hal ini dikarenakan dampak dari pembatasan pandemi Covid-19 sehingga wisatawan China yang biasanya melancong ke…