SAH! RUU IE-CEPA Resmi Disetujui Menjadi UU, Mendag Lutfi: Alhamdulillah...

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 10 April 2021 - 09:37 WIB

Mendag Lutfi bersama ketua DPR RI pengesahaan UU IE Cepa di DPR
Mendag Lutfi bersama ketua DPR RI pengesahaan UU IE Cepa di DPR

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perdagangan (Mendag) M. Lutfi menyampaikan rasa gembiranya atas disahkannya RUU tentang Persetujuan IE-CEPA menjadi UU.

"Alhamdulillah RUU IE-CEPA resmi disetujui menjadi UU oleh DPR RI," ucap Mendag Lutfi dalam keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu pagi (10/4/2021).

IE-CEPA sejatinya adalah Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan negara EFTA yakni Swiss, Liechtenstein, Norwegia dan Islandia.

Dikatakan Lutfi, DPR telah melaksanakan amanat konstitusi karena IE-CEPA dan UU Ciptaker dapat mendorong transformasi ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan umum, khususnya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Selain membuka peningkatan ekspor, investasi dan akses pasar ke Eropa, saya harap perjanjian yang negosiasinya dimulai awal 2011 ini juga mampu meningkatkan kampanye positif global produk sawit Indonesia dan mendorong diterimanya standar keberlanjutan sawit RI oleh Swiss," papar Lutfi.

Selanjutnya, sebut Lutfi, Pemerintah Indonesia perlu segera menyiapkan langkah-langkah strategis lewat upaya koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, serta para pemangku kepentingan untuk mengimplementasikan IECEPA yang ditargetkan berjalan pada awal semester II 2021.

"Setelah disahkannya RUU tentang IE-CEPA, Pemerintah akan membuat peraturan pendukung untuk mengimplementasikan IE-CEPA. Peraturan tersebut berupa Peraturan Menteri Keuangan terkait tata cara pengenaan dan penetapan tarif bea masuk, serta Peraturan Menteri Perdagangan terkait ketentuan surat keterangan asal (SKA)," jelasnya.

Disampaikan Lutfi, ada sederet keuntungan IE-CEPA untuk Indonesia sebagai pintu masuk produk nasional ke kawasan Uni Eropa dan berbagai negara Eropa.

Dimana pertama, akses pasar barang, jasa, dan investasi dipastikan akan meningkat.

Kemudian peningkatan kerja sama ekonomi dan pengembangan kapasitas, termasuk untuk UMKM.

Meningkatkan profil produk CPO Indonesia secara global.

Selanjutnya IE-CEPA akan menghapus tarif bea masuk di masing-masing negara EFTA.

Tak kalah penting ialah kesepakatan dalam perundingan IE-CEPA akan menghapuskan tarif bea masuk (tarif 0%-red) di masing-masing negara EFTA, yaitu:

1. Tarif ONS untuk 6 338 pos tarif (91,045 total pos tari Norwegia yang mencakup 99,75% nilai impor Norwegia dari Indonesia.

2. Tarif 0% untuk 8 100 pos tarif (94, 28% total pos tarif) Islandia yang mencakup 99,94 nilai impor Islandia dari indonesia.

3. Tarif 0% pada 7.042 pos tarif (81,74% total pos tarif) Swiss yang mencakup 99.656 nilai impor Swiss dari Indonesia.

"Untuk konsumen, tarif 0% akan membuat harga barang menjadi lebih murah dan memberikan pilihan produk yang semakin beragam," tandas Lutfi.

"Untuk pelaku usaha eliminasi bea masuk untuk impor barang modal, bahan baku dan penolong terdapat 8.565 pos tarif atau 98,81% dari nilai impor Indonesia dari negara EFTA," sambungnya.

Adapun produk Indonesia yang mendapatkan tarif preferensi, yaitu minyak kelapa sawit, Ikan, emas, alas kaki, kopi, mainan, tekstil, perabotan, peralatan listrik. mesin, sepeda, dan ban.

Perlu diketahui, proses ratifikasi sendiri dimulai sejak tahun 2019, dimana pada 18 November 2019, DPR memutuskan untuk meratifikasi IE-CEPA melalui RUU.

Kemudian pada 22 Maret 2021 terbitlah surat Presiden Jokowi menyampaikan RUU IE-CEPA kepada DPR RI.

Hingga akhirnya pada 9 April 2021 kemarin, DPR RI menyetujui RUU tentang pengesahan IE CEPA menjadi UU.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…