Macbrame Gerakan Ekonomi di Tengah Pandemi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 08 April 2021 - 13:44 WIB

Macbrame produsen minyak wangi
Macbrame produsen minyak wangi

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 menyebabkan kondisi darurat di tiap negara, termasuk Indonesia. Salah satu dampak yang tampak jelas adalah meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.

Berdasarkan data BPS yang terbit pada bulan Agustus 2020, tercatat sekitar 29,12 juta orang terkena dampak dalam pekerjaannya, termasuk mereka yang kehilangan pekerjaan ataupun pengurangan jam kerja.

Menanggapi situasi ini, ketahanan ekonomi melalui kerja sama antara pemerintah dan pengusaha dalam menciptakan lapangan kerja sangatlah diperlukan. Peran pengusaha dipercaya dapat membantu menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal ini senada disampaikan oleh Bhima Yudhistira, Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) dalam Virtual Press Event yang bertajuk “Peran Pengusaha sebagai Penggerak Roda Perekonomian Negara” pada hari Rabu, 8 April 2021. “Pembukaan lapangan kerja jadi salah satu faktor kenapa wirausaha harus didorong. Entrepreneur juga bermanfaat bagi pengembangan inovasi dan teknologi serta kenaikan daya saing nasional”.

Bhima Yudhistira pun menambahkan bahwa pengusaha dari semua sektor industri perlu untuk memiliki sense of responsibility ini bersama-sama.

“Jika pengusaha menciptakan pasar dan produksi maka ada dampak berganda yang tercipta ke berbagai sektor, dengan demikian kontribusi pengusaha penting bagi pemulihan ekonomi khususnya menciptakan pertumbuhan ekonomi di atas 5% paska pandemi,” ungkap Bhima.

Salah satu perusahaan yang turut mendukung pergerakan roda ekonomi negara adalah Macbrame, perusahaan distributor bibit parfum andalan untuk retail industri.

Dalam Virtual Press Event, Hary Wirawan, CEO Macbrame, mengungkapkan bahwa Macbrame berhasil berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian sebesar 935 Miliar Rupiah pada tahun 2020 dan menargetkan 1,2 Triliun Rupiah pada tahun 2021 ini.

Hal ini tentu juga membuka kesempatan kerja baru bagi masyarakat luas.Dalam menjalankan misi Macbrame, yaitu membangun ekonomi Indonesia melalui pengusaha fragrance, hingga saat ini Macbrame telah menyalurkan produk bibit parfum ke berbagai sektor usaha di hampir seluruh kota di Indonesia dan memberikan pelatihan gratis kepada pengusaha fragrance untuk memulai bisnis.

“Macbrame siap membantu para pengusaha untuk memulai bisnisnya di industri wewangian. Kami sangat terbuka akan peluang-peluang kerjasama strategis, utamanya untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Macbrame juga menyediakan starter kit dengan harga terjangkau. Modal untuk bisnis wewangian ini sendiri dimulai dari 2 juta Rupiah saja”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.