Dahsyat! Merek-Merek Ternama, Raih Penghargaan Brand Choice Award 2021

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 07 April 2021 - 18:43 WIB

Brand Choice Award 2021
Brand Choice Award 2021

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menjadi brand pilihan konsumen tentu diinginkan oleh setiap brand di Indonesia. Namun perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam aktivitas branding. Kehadiran teknologi digital memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan secara akurat, serta lengkap dengan informasi pembanding antara satu brand dengan brand lainnya dalam waktu singkat di ranah online.

Karena itu penting bagi sebuah brand untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace, mesin pencari, bahkan media sosial untuk menjadi brand pilihan dan direkomendasi oleh konsumennya.

Rawenda, Head of Life Solutions Sales & Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia mengungkapkan, perkembangan digital marketing yang hebat selama 10 tahun terakhir telah menjadi prioritas bagi Panasonic khususnya Pompa Air. Dengan bekerjasama dengan online shop seperti blibli.com, jualelektronik.com, rumahpompaofficial, JD.ID dan beragam online shop membuat Pompa air Pansonic semakin dikenal dan tetap menjadi pilihan untuk konsumen.

“Selain itu konten yang informatif dan promo yang menarik lewat social media (Instagram, twitter, facebook, youtube bahkan tiktok) yang kami punya menjadi referensi agar konsumen dapat memilih pompa Panasonic sebagai pilihan utama untuk kebutuhan di rumah,” jelas Rawenda.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya sebuah brand perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat, kini membangun brand equity bisa menjadi lebih cepat.

Kondisi tersebut semakin lengkap dengan kehadiran marketplace yang tidak hanya menyajikan kelengkapan produk, tapi juga memanjakan konsumen melalui tools, seperti pencarian produk, pemberian rating hingga review. Pilihan dan informasi yang disajikan membuat konsumen menjadi lebih mudah menemukan suatu produk dan memilih sebuah brand.

“Harga, review atau ratting serta informasi yang akurat terkait produk adalah velue yang bisa menjadi faktor utama pendorong konsumen untuk memilih dan membeli bahkan merekomendasikan sebuah produk di dunia digital, khususnya e-commerce,” jelas Tri.

Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus digital brand monitoring, menginisiasi survei Brand Choice Index, riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan survey digital melalui platform market place atau e-commerce.

Survei Brand Choice Index berdasarkan 3 (tiga) Aspek Penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Survei dilakukan pada bulan Desember 2020 – Februari 2021, terhadap 70 kategori produk dengan lebih dari 500-an brand tersurvei. Selanjutnya, Brand-brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, berhak meraih penghargaan BRAND CHOICE AWARD 2021.

Dari hasil survei Brand Choice Index untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang di survei  menunjukkan, 10 kategori dari produk paling banyak dicari di internet adalah; AC dengan (119,6 ribu) pencarian, Bedak Wajah (114,4 ribu), Hand Sanitizer (96,7 ribu), Blender (96,4 ribu), Laptop (86,7 ribu), Micellar Water (74,9 ribu), Mesin Cuci (62,8 ribu), Shampoo (55,3 ribu), Facial Wash (48,7 ribu), dan Printer (47,9 ribu).

Sementara 10 kategori dengan transaksi terbanyak untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang di survei berdasarkan data official store di dua marketplace adalah; Body Lotion sebanyak (2,03 juta) transaksi, Shampoo (1,3 juta), Sabun Mandi Cair (999,3 ribu), Facial Wash (952,7 ribu), Pasta Gigi (906,1 ribu), Detergen (751,1 ribu), Micellar Water (742,8 ribu), Facial Foam (675,8 ribu), Deodorant (647,2 ribu), dan Bedak Wajah (630,8 ribu).

Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain; Panasonic untuk kategori (Pompa Air), Gree (AC), Senka (Facial Foam dan Facial Wash), Miranda (Vitamin Rambut), Blackmores (Vitamin C), Herborist (Face & Body Scrub), VEGER (Power Bank), OXONE (Oven & Microwave), Modena (Water Heater), SHARP (Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Dispenser, Lemari Es, AC, Oven & Microwave, Air Purifier, dan Air Cooler). Selain itu masih ada lagi ratusan brand lainnya yang namanya menjadi pilihan konsumen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus UBSI Ciputat

Selasa, 13 April 2021 - 14:30 WIB

Upaya Calon Mahasiswa di Tengah Wabah Covid-19

Ahmad Rofikin, pria yang akrab disapa Fikin adalah seorang anak muda berusia 25 tahun yang merantau dari desanya di Plantungan, Kendal ke Kota Tangerang Selatan, Banten untuk mengubah hidupnya.…

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar ketika menyaksikan secara virtual simbolis penandatanganan Akad Massal 1.500 Nasabah BSI KPR Sejahtera dengan total nominal Rp195 miliar

Selasa, 13 April 2021 - 13:43 WIB

BSI Gelar Akad Massal 1500 Nasabah KPR Sejahtera

Bank Syariah Indonesia melaksanakan akad massal 1500 nasabah Program BSI KPR Sejahtera di 17 Provinsi serentak secara online. Program BSI KPR Sejahtera merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung…

Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel saat membukan Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:21 WIB

Menperin: Bapak Presiden Optimis Industri 4.0 Jadikan Indonesia Top 10 Ekonomi Global di 2030

Pemerintah optimistis penerapan industri 4.0 dapat mewujudkan visi besar untuk menjadikan Indonesia bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Aspirasi…

Presiden Jokowi di Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:17 WIB

Jokowi Bicara Pentingnya SDM Industri 4.0 di Hannover Messe 2021

Saat pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, Presiden Joko Wododo (Jokowi) menegaskan tiga hal utama dalam mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.  Pertama, penguatan SDM…

Hotel Boutique Sala Bangkok

Selasa, 13 April 2021 - 12:00 WIB

Tim Eksekutif Dukung Pembukaan Hotel Sala Boutique Bangkok

Boutique Sala Bangkok, hotel dan resor bergaya dan bersahabat dari SALA Hospitality Group, telah memperkenalkan jajaran profesional perhotelan yang sangat terampil untuk memimpin sala bang pa-in,…