Gelar Pelatihan Kewirausahaan untuk UMKM, Jababeka Ingatkan Pentingnya Kualitas Produk

Oleh : Ridwan | Sabtu, 03 April 2021 - 11:40 WIB

Jababeka gelar pelatihan kewirausahaan untuk UMKM
Jababeka gelar pelatihan kewirausahaan untuk UMKM

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan informal berdampak besar untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini. 

Hal itu karena perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor UMKM dan informal dan dua sektor tersebut juga yang paling terdampak Covid-19. Di mana membuat hasil penjualan turun secara drastis akibat anjuran di rumah saja. 

Oleh karenanya, untuk keluar dari kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan kewirausahaan agar produknya bisa laku di tengah pergeseran perilaku konsumen yang kini beli barang tidak lagi datang ke toko.

Melihat kondisi itu, Jababeka Group tak tinggal diam. Melalui anak usahanya, Jababeka Infrastruktur menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi UMKM binaan Jababeka yang dilakukan selama dua hari, yaitu 15-16 Maret 2021 lalu.

Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan ini agar para pelaku UMKM bisa bertahan dan mengembangkan usaha di masa pandemi ini, seperti menyikapi persaingan pasar yang sudah “perang harga” entah di platform marketplace atau offline, pentingnya pengemasan produk sebagai peningkat value agar produk lebih disukai masyarakat, dan penyusunan laporan keuangan. 

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh delapan orang pelaku usaha UMKM yang merupakan binaan Jababeka dalam program Jabat (Jababeka Bersahabat) Ekonomi.

Dan selama penyelenggaraan dua hari pelatihan tersebut berjalan menarik menarik dan aktif yang tak luput penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Rina Maulina Mawardi selaku narasumber sekaligus fasilitator UMKM Jabar Juara, menerangkan bahwa materi yang dibawa ialah topik-topik yang membawa pelaku UMKM agar meningkatkan daya saing, yaitu menyikapi persaingan pasar, melakukan strategi pemasaran yang tepat, dan penyusunan laporan keuangan pengurusan legalitas usaha.

"Walau pesertanya masih terbatas pada UMKM sekitar, saya senang sekali sekaligus amat mengapresiasi dengan kepedulian Jababeka terhadap pengembangan UMKM, khususnya di masa pandemi saat ini," terang Rina dalam acara yang bertema Pelatihan UMKM: Peningkatan Legalitas & Motivasi Usaha di Kantor Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM), Cikarang, belum lama ini.

Sementara itu Acep, selaku peserta pelatihan yang memiliki usaha stik ikan patin mengaku merasakan manfaat pelatihan kewirausahaan. Ia menerangkan bahwa dirinya jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan di kondisi pandemi. 

Pasalnya, saat ini masyarakat sudah jarang datang ke toko untuk membeli barang dan lebih dari itu Acep akhirnya tahu proses pengurusan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang penting untuk pengembangan usahanya.

"Hal itu semua semakin membuat saya bersemangat mengembangkan produk saya bersama ibu-ibu sekitar rumah saya," terangnya.

Aris Dwi Cahyanto selaku General Manager PT Jababeka Infrastruktur mengaku senang jika memang penyelenggaraan pelatihan mampu dirasakan manfaatnya bagi peserta pelatihan kewirausahaan. Karena hal itu memang sedari awal Jababeka harapkan, yaitu demi bisa membantu pengembangan usaha para UMKM yang berada di desa-desa sekitar Kawasan Industri Jababeka.

"Pelatihan ini merupakan bentuk support kami melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) Jabat Ekonomi, yang merupakan salah satu pilar CSR Jababeka. Harapannya, dengan pelatihan ini para pelaku UMKM bisa terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya hingga bisa lebih laku di pasaran," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…