Gandeng BRI Life dan Qoala, Aruna Luncurkan Asuransi Jiwa Khusus untuk Nelayan

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 02 April 2021 - 15:55 WIB

Foto Bersama COO Qoala, General Director Aruna, dan Direktur Pemasaran BRI Life
Foto Bersama COO Qoala, General Director Aruna, dan Direktur Pemasaran BRI Life

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menginjak tahun ke-5, perusahaan startup perikanan Aruna bekerja sama dengan startup insurance technology (insurtech) Qoala dan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama untuk memberikan asuransi dengan premi terjangkau mulai dari 50 ribu per tahun kepada para nelayan, dengan manfaat hingga sembilan belas juta Rupiah.

Inisiatif ini merupakan kerja sama Aruna dengan Qoala untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Tidak hanya terjangkau, pengajuan asuransi ini juga mudah. Asuransi yang disematkan untuk peluncuran pertama ini adalah Asuransi Mikro (AM) Prisma Plus dari BRI Life. 

Para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site.

Local Heroes ini adalah tim internal Aruna yang setiap harinya membantu pendataan transaksi serta sosialisasi teknologi di lokasi Aruna Site.

Untuk proses klaim pun terbilang mudah, karena Local Heroes yang akan menggunakan aplikasi Qoala dalam melakukan proses klaim.

“Bagi Aruna, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan juga kesejahteraannya apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Untuk itu kami mengajukan kerja sama dengan Qoala sebagai platform asuransi digital untuk menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Nantinya, para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site dan tim kami ini yang menginput datanya ke platform Qoala” ungkap Utari Octavianty selaku co-founder dan General Director dari Aruna dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Jumat (2/3/2021).

Produk Perlindungan AM Prisma Plus dari BRI Life ini memberikan santunan kematian akibat kecelakaan hingga 19.500.000 Rupiah untuk santunan kematian akibat kecelakaan.

Nelayan dengan asuransi ini pun dapat melakukan klaim sebesar 5 juta Rupiah untuk santunan cacat fisik akibat kecelakaan, beserta tambahan biaya operasi, santunan rawat inap, dan kematian wajar.

Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin, menjelaskan, aplikasi Qoala sangat mudah digunakan dan bisa diakses dengan cepat melalui smartphone.

Untuk urusan keamanan data, tak perlu diragukan, Qoala saat ini tercatat dalam Sandbox OJK di klaster Insurtech.

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, khususnya para nelayan. Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dan harus bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kerja sama Qoala dan Aruna ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” ujar Tommy.

“Sinergi antara BRI Life, Aruna dan Qoala yang penandatanganan kerjasamanya dilakukan pada hari ini, merupakan momentum penting bagi BRI Life khususnya untuk penetrasi  produk  mikro BRI Life ke masyarakat luas dalam hal ini nelayan.  BRI Life optimis, kerjasama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif, di samping akan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat mikro, dalam hal ini nelayan”, terang Anik Hidayati, Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life.   

Lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk sosialisasi asuransi ini adalah Masalembu yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok. Pertemuan tiga kawasan perairan ini menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi. 

Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam, tak heran jika mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan meskipun risiko melaut sangat tinggi. Selain itu, asuransi ini juga diluncurkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan.

Aruna adalah platform integrasi pasar hasil laut terbesar di Indonesia yang memberdayakan nelayan kecil agar dapat menghasilkan produk berorientasi ekspor.

Inisiatif ini merupakan kerja sama dengan Qoala. Qoala adalah perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi atau insurtech dengan misi memasyarakatkan asuransi melalui kombinasi pengembangan produk baru yang didukung oleh teknologi dan proses klaim berbasis digital, dan machine learning.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…