Market Share KPR Subsidi Sumut Ketiga Terbesar Setelah Jabodetabek dan Jatim, Kini BTN Siap Ekspansi ke Sumatera Utara

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 24 Februari 2021 - 18:25 WIB

Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan CSR kepada Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumatera Utara, Rabu (24/2/2021).
Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan CSR kepada Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumatera Utara, Rabu (24/2/2021).

INDUSTRY.co.id, Medan-PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap melakukan ekspansi bisnis di wilayah Sumatera Utara. Pasalnya, potensi wilayah Sumatera sangat besar terutama dari sisi penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi.

"Market share KPR Subsidi di Sumatera khususnya Sumatera Utara sangat tinggi ketiga terbesar setelah Jabodetabek dan Jawa Timur," jelas Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu saat acara penyerahan bantuan CSR kepada Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumatera Utara, Rabu (24/2/2021).

Nixon mengatakan, dengan potensi yang sangat besar tersebut perseroan ingin melakukan ekspansi bisnis baik kredit maupun pengumpulan dana. Untuk mewujudkan hal itu Bank BTN melakukan sinergi dengan berbagai institusi salah satunya USU.

Menurut Nixon, kerja sama dengan USU selain ditawarkan layanan perbankan seperti KPR bagi dosen dan karyawan. Pihaknya juga menaruh kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di USU.

Dia memaparkan untuk mendukung pengembangan dunia pendidikan, BTN akan  merevitalisasi beberapa fasilitas di Universitas Sumatera Utara (USU). Perseroan menggelontorkan dana senilai Rp1 miliar dalam membantu proses pendidikan di kawasan universitas negeri terbesar di Kota Medan tersebut. 

Pendidikan, kata Nixon, menjadi salah satu sarana yang ampuh untuk mencapai target peningkatan kualitas masyarakat. “Manusia merupakan modal yang perlu terus berkembang melalui pendidikan. Karena itu, kami berharap melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilty) di USU ini dapat mendukung proses pendidikan di Sumatera Utara,” jelas Nixon.

Secara total, dia menuturkan, Bank BTN menyalurkan dana bantuan CSR senilai Rp1 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan serta renovasi sarana dan prasarana USU. Beberapa sarana dan prasarana yang akan direvitalisasi yakni USU Media Gedung C Lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, taman komplek olahraga, hingga taman perpustakan di kawasan kampus USU. 

Selain menyalurkan CSR, Bank BTN juga telah memberikan berbagai layanan perbankan bagi universitas yang berdiri sejak 4 Juni 1952 tersebut. Emiten bersandi saham BBTN ini memberikan layanan berupa pengelolaan dana, pembayaran SPP online, payroll, cash management, dan tabungan mahasiswa. Perseroan juga ikut menyediakan layanan pengelolaan keuangan bagi grup usaha USU. 

Ke depannya, menurut Nixon, Bank BTN akan terus menghadirkan berbagai produk menarik. Salah satunya, perseroan menawarkan produk anyar Tabungan BTN Investa bagi para calon professional muda USU hingga karyawan di kampus tersebut. 

Tabungan BTN Investa tersebut merupakan bagian dari upaya Bank BTN untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya berinvestasi demi masa depan. “Ada lebih dari 45 ribu mahasiswa dan pekerja di USU yang dapat menikmati Tabungan Investa dengan keuntungan lebih untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” pungkas Nixon. 

Sementara Rektor USU Muryanto Amin menyambut baik rencana kerja sama dengan Bank BTN. Dia menuturkan, layanan perbankan akan memberikan kemudahan baik bagi dosen dan mahasiswa.

Saat ini dosen dan karyawan USU  masih banyak yang belum memiliki rumah untuk itu diharapkan BTN bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut. "Perbankan sangat penting dalam menunjang roda perekonomian di daerah. Kami berharap BTN juga bisa berperan dalam membangkitkan ekonomi di Sumatera Utara ini," katanya.

Dia melanjutkan, peran perbankan yang lebih penting lagi adalah kepedulian terhadap pendidikan. Untuk itu dia mengapresiasi Bank BTN yang menyalurkan CSR-nya dengan memfasilitasi sarana olahraga, taman perpustakaan dan USU Media.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar

Rabu, 21 April 2021 - 17:15 WIB

Archandra Tahar Sebut PGN Punya Peran Penting Ambil Peluang Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia yang Semakin Membesar

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengungkapkan, PGN memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri. Dijelaskan…

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB

Goks! Presiden Jokowi Sebut Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Segera Dibangun di KIT Batang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa sebanyak 450 dari 4.300 hektare lahan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, telah siap dipakai. Sehingga para investor dapat…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 21 April 2021 - 15:53 WIB

Genap 100 Tahun STTT Bandung Ciptakan SDM Handal, Menperin Agus Ajak Semua Pihak Bangkitkan Kejayaan Industri Tekstil Nasional

Perjalanan 100 tahun pendidikan tekstil di Indonesia telah mencetak ribuan tenaga ahli mumpuni di bidang tekstil, sehingga keberadaan institusi pendidikan dalam mencetak lulusan yang berdaya…