Terkait Pembubaran Ormas HTI

Oleh : Umbu Pariangu | Selasa, 09 Mei 2017 - 09:49 WIB

Umbu TW Pariangu
Umbu TW Pariangu

INDUSTRY.co.id - Sikap yang dilakukan pemerintah dengan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Senin (8/5/2017)  adalah tindakan yang sangat tepat dan strategis.

Ini sebagai cara progresif pemerintah Presdien Joko Widodo untuk menghadang benih-benih antikebinekaan yang selama ini mulai mengganggu stabilitas sosial, politik dan keamanan NKRI.

Potensi antikebhinekaan sudah di level yang genting karena generasi muda termasuk pelajar kita sudah ikut terpapar oleh paham-paham radikalisme yang menyesatkan.

Proses politik pilkada yang menjadi penentu konsolidasi demokrasi pun sudah direcoki oleh benih-benih primordial, sektarianisme. Gejolak radikalisme ini jika ditolerir terus-menerus oleh pemerintah justru akan membuat para kelompok provokator yang ingin membuat NKRI berumur pendek, akan terus memperoleh ruang baginya untuk bermetamorfosa.

Di sisi lain saya ragu, kalau proses pembubaran HTI lewat proses hukum yang ada karena jalur yang dilewatinya terlalu lama, dan ini tidak berdampak bagi munculnya iktikad baik pemerintah untuk serius membubarkan ormas-ormas yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945, sehingga selama ini upaya pembubaran terhadap ormas-ormas yang bermasalah tidak pernah serius dijalankan.

Umbu Pariangu (Dosen Fisip Universitas Nusa Cendana, Kupang)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mengungunjungi pabrik Mainan PT Mattel Indonesia

Senin, 22 April 2019 - 15:05 WIB

Industri Mainan Dalam Negeri Terus Banjiri Pasar Ekspor

Industri mainan menjadi salah satu sektor manuaktur yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Ini tercermin dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak pada tahun…

Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kanan), bersama pihak PNM melakukan penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (CSPA) di Jakarta, Senin (22/04/2019).

Senin, 22 April 2019 - 14:09 WIB

Bank BTN Akuisisi 30 Persen Saham Anak Usaha Permodalan Nasional Madani

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) membeli 30 persen saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM). Saham yang dibeli Bank BTN tersebut adalah milik PT Permodalan Nasional…

CEO Crown Group, Iwan Sunito

Senin, 22 April 2019 - 14:06 WIB

Harga Naik Tiga Kali Lipat, CEO Crown Group: Sekarang Saatnya Beli Apartemen

Crown Group selaku pengembang hunian terkemuka di Australia, terus mendorong pembeli untuk berinvestasi sekarang dengan dasar keuntungan jangka panjang dan berpotensi melipatgandakan kekayaan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Senin, 22 April 2019 - 12:31 WIB

Tahun 2019, Mark Dynamics Tingkatkan Kapasitas Produksi Cetakan Sarung Tangan

PT Mark Dynamics Indonesia Tbk berupaya meningkatkan kapasitas produksi cetakan sarung tangan sepanjang tahun ini menjadi 610.000 unit per bulan.

Astragraphia. (Foto: IST)

Senin, 22 April 2019 - 12:17 WIB

Astra Graphia Distribusikan Produk Fujifilm Untuk Lini Bisnis Graphic System

PT Astra Graphia Tbk mendapatkan kepercayaan untuk mendistribusikan produk PT Fujifilm Indonesia untuk lini bisnis graphic system.