Umumkan Pendanaan Terbarunya dari Salesforce Ventures, Darwinbox Percepat Transformasi Digital di Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 19 Januari 2021 - 14:15 WIB

Darwinbox Pada Acara HR Expo di Indonesia
Darwinbox Pada Acara HR Expo di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Darwinbox platform digital manajemen SDM terdepan di Asia telah merampungkan putaran pendanaan terbarunya senilai US$ 15 juta dari investor global yang dipimpin oleh Salesforces Ventures bersama sejumlah investor yang telah memberikan dukungannya kepada Darwinbox sejak pendanaan pertama seperti Sequoia dan Lightspeed.

Perusahaan teknologi ini telah mencatatkan pertumbuhan lebih dari 300% terhitung sejak putaran pendanaan terakhir pada tahun lalu.

Hanya dalam kurun waktu satu tahun beroperasi di Indonesia, Darwinbox telah dipercaya oleh perusahaan terkemuka seperti Tokopedia, Indorama, Kopi Kenangen, STP Tower, Alodokter, Pegi Pegi, JG Summit Group, Zalora, Zilingo, Fave dan merek global seperti Nivea, Puma, Axa, Cigna, Wework yang beroperasi di Asia untuk mentransformasi manajemen SDM mereka secara digital.

Layanan komprehensif Darwinbox yang mengintegrasikan keseluruhan sistem manajemen SDM ke dalam satu platform ini telah digunakan oleh lebih dari 500 perusahaan global dengan satu juta karyawan yang tersebar di lebih dari 60 negara.

“Pemanfaatan adopsi cloud di Asia tumbuh luar biasa cepat dan adanya pandemi yang terjadi sejak tahun lalu semakin memperkuat pentingnya digitalisasi dalam mengelola SDM,” ucap Alex Kayyal, Partner & Head of International Salesforce Ventures melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (19/1).

“Inovasi teknologi untuk manajemen SDM yang ditawarkan oleh Darwinbox menjawab kebutuhan perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia dan telah menjadi platform pilihan. Kami sangat senang menjadi bagian dari perjalanan Darwinbox dan mendukung misi mereka untuk memodernisasi teknologi manajemen SDM dan menjadi pemimpin di bidang ini,” tambahnya.

Semenjak pandemi, Darwinbox mengamati terjadinya lonjakan tajam pada adopsi digital untuk manajemen SDM perusahaan. Layanan komprehensif satu platform Darwinbox yang mengintegrasikan keseluruhan sistem manajemen SDM juga dilengkapi dengan solusi yang sangat mendukung mode kerja era baru melalui WFH (work from home).

Fitur-fiturnya antara lain absensi kehadiran yang touchless (tanpa sentuhan), apresiasi kinerja secara digital, engagement dengan karyawan, perekrutan calon karyawan dan masa orientasi karyawan baru secara virtual.

Dengan lebih dari 180 perusahaan mengimplementasikan sistem jarak jauh selama masa lockdown, dan rekor pertumbuhan pendapatan yang tinggi, Darwinbox mengukuhkan posisi sebagai platform manajemen SDM paling disukai di Asia Pasifik.

“Kami merasa bangga dengan pencapaian bisnis saat ini serta kesempatan untuk bekerjasama dengan perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mendorong percepatan transformasi digital manajemen SDM mereka. Semakin banyak perusahaan yang berpindah dari cara lama ke platform kami yang lebih modern dan efisien dalam membantu perusahaan tetap menjadi yang terdepan di era serba cepat dan digital saat ini,” ucap Jayant Paleti Co-founder Darwinbox.

“Dengan pendanaan baru ini, kami berencana untuk mempercepat ekspansi pasar, merekrut mitra baru, mendorong inovasi produk, dan secara signifikan memperbesar tim kami di Jakarta,” tambah Jayant Paleti.

Platform manajemen SDM berbasis cloud Darwinbox merupakan layanan komprehensif yang memenuhi kebutuhan pengelolaan SDM di seluruh fase masa kerja karyawan, mulai dari awal bergabung sampai dengan pensiun.

Platform ini dibuat dengan pemahaman kultur kerja di Asia, kemudahan penggunaan yang smartphone friendly, tingkat konfigurasi tinggi, dan efisiensi waktu untuk penilaian karyawan lebih cepat.

Semua ini menjadi daya tarik utama dari Darwinbox yang mendapatkan kepercayaan yang besar bagi perusahaan di Indonesia dengan kompetitor yaitu SAP, Oracle dan Workday.

Solusi ini dibuat sedemikian rupa untuk mendukung kebutuhan perusahaan di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri ditambah dengan ketersediaan penggunaan bahasa Indonesia pada platform.

“Kami sangat yakin bahwa kebutuhan akan SDM dan manajemen karyawan Indonesia itu unik dan selama ini belum mampu terpenuhi oleh sebagian besar solusi global. Utamanya dikarenakan adaptasi teknologi yang kaku, sulit digunakan, dan tidak bisa digunakan pada telepon genggam padahal Indonesia memiliki tingkat adaptasi terhadap penggunaan telepon seluler tertinggi. Selain itu, faktor lainnya seperti perusahaan konglomerasi berusia puluhan tahun yang dikombinasikan dengan tenaga kerja milenial dalam jumlah besar dan budaya kerja yang berbeda membutuhkan pendekatan teknologi yang berbeda yang membuatnya sulit dijawab oleh para pemain global,” jelas Marcelly Suhali Business Head Darwinbox untuk Indonesia.

“Platform kami yang baru dan inovatif menggabungkan keahlian teknologi kelas dunia dengan pemahaman mendalam tentang konteks lokal untuk membantu perusahaan merangkul digitalisasi manajemen SDM sebagai inti dari strategi SDM mereka,” tambahnya.

STP Tower sebagai salah satu klien Darwinbox juga merasakan dampak positif dari platform inovatif Darwinbox.

“Dengan dukungan Darwinbox kami ingin memastikan SDM kami tetap menjadi nadi perusahaan dan dapat tumbuh bersama bisnis kami dengan kecepatan yang sama. Karena Darwinbox berbasis aplikasi, manajemen SDM kami dapat lebih fleksibel. Kami dapat menjalankan sendiri hampir seluruh fungsi dari Darwinbox tanpa pengarahan dari ahlinya. Kami juga belum pernah menghadapi masalah selama penggunaan karena platform ini begitu intuitif dan juga mudah digunakan, termasuk ketika karyawan sedang sibuk dan harus bergerak dari satu tempat ke tempat lain secara aktif,” papar Tri Anggoro Zulkarnaen CHRO, STP Tower.

“Sebesar 75% dari tenaga kerja global pada 2025 adalah kaum milenial. Generasi ini ingin didukung dengan teknologi terbaik. Perusahaan dengan pertumbuhan pesat tentunya memahami hal tersebut dan secara konsisten memilih Darwinbox karena inovasi dan kepemimpinan produknya. Di tengah tingginya kompetisi dunia kerja saat ini, kami telah memberikan standar tinggi untuk software HR terbaik di kelasnya," ucap Harshjit Sethi, Principal, Sequoia Capital LLP.

“Selama beberapa tahun belakangan, kami menghadirkan beragam solusi dalam waktu singkat sehingga mampu menjadi platform SDM yang menyeluruh dan menjadi pioner dalam inovasi pertama yang mampu memberi pengalaman karyawan yang unggul. Kami akan memanfaatkan pendanaan ini untuk memperkenalkan lebih banyak lagi solusi serta memajukan R&D kami untuk meningkatkan kapabilitas teknologi berteknologi tinggi.” jelas Peddi, Co-founder, Darwinbox.

"Kopi Kenangan saat ini tumbuh cepat dengan jumlah karyawan yang besar, sehingga penting sekali bagi kami untuk tidak hanya beralih dari proses manual ke solusi HR yang sepenuhnya otomatis, namun juga memastikan solusi tersebut mampu mengelola kebutuhan strategis SDM kami seperti perekrutan karyawan, kinerja, hubungan dengan karyawan, dll. Darwinbox adalah partner teknologi yang suportif dan agile, sehingga membantu kami merealisasikan objektif tersebut dengan solusi inovatif. Teknologi dari Darwinbox dibutuhkan oleh tiap perusahaan yang ingin go digital untuk pengelolaan SDM-nya.” tutur Nia Qoyimmah, Head of HRGA, Kopi Kenangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…