Terungkap! Lama Tersembunyi, Menteri Erick Akhirnya Bongkar Harta Sejarah BUMN Sarinah

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:05 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat relief tersembunyi di Gedung Sarinah. (Dok Kementerian BUMN). Foto: Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat relief tersembunyi di Gedung Sarinah. (Dok Kementerian BUMN).
Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat relief tersembunyi di Gedung Sarinah. (Dok Kementerian BUMN). Foto: Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat relief tersembunyi di Gedung Sarinah. (Dok Kementerian BUMN).

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Menteri BUMN Erick  Thohir kager bukan kepalang, ketika melakukan kunjungan ke relief bersejarah peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno di bagian basement Gedung Sarinah.

Menteri Erick Thohir mengungkap sebuah relief bersejarah di basement Gedung Sarinah yang berusia lebih dari setengah abad. Relief ini bakal dibangun atau diperbaiki.

"Saya terus terang sangat terharu, dalam arti saya juga pecinta seni ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya ini tidak terawat, karena itu saya minta Sarinah agar Wika kita perbaiki kembali seperti yang dahulu, apalagi ini jadi salah satu ikon untuk pembangunan Sarinah baru," kata Erick, Jumat (15/8).

Sejak tahun lalu, Sarinah sudah memiliki rencana untuk masuk tahap revitalisasi atau transformasi. Gedung Sarinah yang merupakan salah satu BUMN di bawah naungan PT Sarinah (Persero) ditargetkan rampung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Erick Thohir mengingatkan pembangunannya harus selesai pada tahun ini.

 

"Mudah-mudahan kita resmikan di hari Pahlawan, yaitu November untuk kita mengingat pahlawan kita banyak dari seniman, nggak hanya pahlawan yang kita kenal tapi tentu seniman terdahulu. Karena itu saya titip untuk diperbaiki dan dijaga. Ini sayang sekali, terus terang saya sangat sedih" sebut Erick.

Mencoba tampil dengan wajah baru yang lebih modern dan estetika. Direktur Sarinah, Fetty Kwartati menjelaskan revitalisasi menjadi bagian penting mengingat Sarinah harus terus mengikuti modernisasi dan perkembangan zaman.

"Jadi sebenarnya rencana revitalisasi Sarinah atau transformasi Sarinah ini sudah direncanakan sejak tahun lalu cuma baru sempat dilakukan tahun ini, intinya transformasi Sarinah adalah mengembalikan ke kita-nya karena kita tahu [mendiang Presiden] Soekarno mendirikan Sarinah berpuluh-puluh tahun yang lalu untuk tujuan mengembangkan retail saat itu dan masa depan," jelas Fetty dalam dialog via Zoom, dalam program Squawk Box, CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samarinda Industrial Estate

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:50 WIB

Siap-siap! Proyek Pergudangan Samarinda Industrial Estate Senilai Rp730 M Terus Dikebut, Dirut: Ini Solusi Buat Pelaku Industri di Kaltim

Para pelaku industri dan usaha yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tidak lama lagi akan bernafas lega. Pasalnya, PT Purnabakti Pakarindo Lestari yang merupakan perusahaan pengembang…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal, Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

PT PP

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:53 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, (“PTPP”) telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (“MUTIP”) di Nusa Tenggara…

Global Forum Human Capital Project 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:52 WIB

Pemerintah Indonesia Tegaskan Akan Terus Fokus Tuntaskan Stunting

Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus fokus menuntaskan stunting meski dihadapkan pada keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)…