DPR Cantik Ini Sebut Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Miliki Karier Cemerlang Sejak Dulu, Eva: InsyaAllah, Jadi Berkah Buat Semua

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Januari 2021 - 10:05 WIB

Anggota DPR Eva Yuliana bersama Kapolri Jendral Azis Idham ( foto Dok Partai Nasdem)
Anggota DPR Eva Yuliana bersama Kapolri Jendral Azis Idham ( foto Dok Partai Nasdem)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mengatakan calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI relatif memiliki karier yang cemerlang sejak bekerja dengan Presiden Jokowi di Kota Surakarta. 

Saat itu, kata Eva, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menjabat Kapolresta Surakarta.

“Ia yang merupakan lulusan Akpol 1991 itu menjabat Kapolresta Surakarta dan pernah bekerja bareng dengan Presiden Jokowi yang pada waktu itu sebagai Wali Kota Surakarta. Bagaimana pun, hal itu bisa menjadi kekuatan sekaligus keunggulan tersendiri bagi Komjen Pol. Listyo Sigit dalam memimpin Korps Bhayangkara ke depan nanti," kata Eva dalam keterangannya dilansir redaksi Industry.co.id pada Kamis (14/1/2021).

Eva mencatat sejak menjabat Kapolresta Surakarta, Listyo Sigit Prabowo selalu menempati posisi-posisi strategis dalam jenjang karier di kepolisian. 

Diketahui Listyo pernah bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada tahun 2013. Setahun kemudian, setelah Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014, Listyo Sigit diberi tugas sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Dua tahun kemudian, kariernya terus cemerlang dengan jabatan sebagai Kapolda Banten pada tahun 2016, Kadiv Propam Mabes Polri 2018, dan terakhir menjabat Kepala Bareskrim Polri sejak 2019 hingga saat ini.

Selain itu, menurut Eva kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinerginya juga menjadi modal penting bagi Listyo dalam menghadapi beragam tantangan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dihadapi Korps Bhayangkara ke depan. Oleh karena itu, Eva menyambut positif terpilihnya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri yang baru.

"Kata kuncinya adalah kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinergi. Sosok yang seperti itulah yang secara positif bisa menjadi modal dasar dan kekuatan bagi Komjen Pol. Listyo Sigit memimpin Korps Bhayangkara ke depan," kata Eva.

Menurut Politisi Partai Nasdem ini, tantangan Polri ke depan dalam menjaga dan menciptakan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di tengah masyarakat tidaklah mudah. 

Berbagai pola kriminalitas, kata dia, terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman. Beragam bentuk kejahatan sering kali muncul tanpa referensi penanganan sebelumnya.

Mulai tindak pidana peredaran narkoba yang makin rapi, kejahatan siber yang kian canggih, tindak korupsi yang terus terbungkus halus, dan belum lagi bermacam tindak pidana reguler lainnya yang seolah tak pernah selesai diberantas.

Politisi dapil Jateng V ini optimistis dan percaya sepenuhnya bahwa jika diputuskan oleh DPR, Komjen Pol. Listyo Sigit mampu memimpin Kepolisian RI ke depan. 

Sebagai mitra kerja Komisi III, ia menaruh harapan besar kepada jajaran kepolisian untuk terus sinergi membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

"InsyaAllah, jabatan baru Komjen Pol. Listyo Sigit sebagai Kapolri betul-betul amanah dan menjadi berkah untuk kita semua," pungkas Eva. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (foto Ist)

Minggu, 18 April 2021 - 10:15 WIB

Goks, Perlu Ditiru dan Dicontoh! Soal Isu Reshuffle, Erick Thohir: Saya Siap Diangkat dan Dicopot

Isu perombakan (Reshuffle) Kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat. Meski begitu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak terlalu cemas dengan hal…

Kain wastra nusantara

Minggu, 18 April 2021 - 10:02 WIB

Yuk Intip! Ini Dia Tiga Jenama Lokal Berbasis Wastra Nusantara yang Mendunia

Kain khas atau wastra nusantara memang begitu beragam dan menarik. Berbekal pola dan warna yang variatif, wastra nusantara bisa jadi pilihan bahkan andalan dalam berbagai suasana. Aneka busana…

Ilustrasi rendang

Minggu, 18 April 2021 - 09:31 WIB

Miliki Kelengkapan Sertifikat, KemenkopUKM Pacu Ekspor Rendang Payakumbuh ke Seluruh Belahan Dunia

Sumatera Barat khususnya Payakumbuh dengan ikonnya rendang, juga mampu menguasai pasar domestik setidaknya. Rendang ini bisa diterima dari Sabang sampai Merauke, berarti ada 270 juta pasar domestik…

Jejeran Unit Produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik

Minggu, 18 April 2021 - 08:27 WIB

Permintaan Mobil Melonjak, Tak Nyangka, Daihatsu Lakukan Ini..

Jakarta-Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan…

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif Berupa Refused Derived Fuel (Photo by BUMN)

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Ini Dia Terobosan Keren, Gerakan Sedekah Sampah Berbasis Masjid

Jakarta– Pendekatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 47/2014 tentang pengelolaan…