BCA Kantongi Sertifikasi PCI DSS 3.2.1 Untuk Standar Keamanan Data Global

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 Januari 2021 - 09:00 WIB

BCA Kantongi Sertifikasi PCI DSS 3.2.1 Untuk Standar Keamanan Data Global
BCA Kantongi Sertifikasi PCI DSS 3.2.1 Untuk Standar Keamanan Data Global

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memiliki visi untuk menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini salah satunya diwujudkan melalui komitmen BCA dalam memprioritaskan layanan Informasi Teknologi (IT) dan keamanan perlindungan data nasabah. Dedikasi inilah yang akhirnya membawa BCA meraih sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) 3.2.1 untuk seluruh Data Center BCA dan sertifikasi ISO 20000-1:2018. 

Penyerahan sertifikasi PCI DSS 3.2.1 dilakukan oleh Presiden Direktur PT TUV Rheinland Indonesia I Nyoman Susila dan sertifikasi ISO 20000-1:2018 oleh Managing Director PT BSI Group Indonesia Erna Damayanti yang diterima secara virtual oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono yang di dampingi oleh Executive Vice President IT BCA Jip Thomas Sutanto dan Fransiscus Kaurrany pada Rabu (13/01).

Armand menyatakan “BCA bangga dapat menjadi salah satu bank swasta yang pertama kali menerima sertifikasi bergengsi yaitu PCI DSS 3.2.1 untuk seluruh entitas yang mengelola transaksi dan data pemegang kartu, termasuk Data Center. Sertifikasi ISO 20000-1:2018 yang kami terima juga hari ini merupakan sebuah prestasi. Apresiasi tertinggi kami berikan bagi divisi IT yang telah membuktikan kinerja yang maksimal dalam pengelolaan IT System di BCA,”

Sertifikasi PCI DSS 3.2.1 dipelopori dan didirikan oleh 5 jaringan pembayaran internasional, yaitu American Express, Discover, JCB, Mastercard, dan Visa. Untuk mendapatkan sertifikasi PCI DSS diperlukan audit external yang dilakukan terhadap dokumen, standar desain teknis dan non teknis secara end-to-end pada proses pengelolaan dan operasional Data Center, seperti: lokasi fisik data center; jaringan (network); perangkat (server); dan sistem di dalam seluruh Data Center BCA. Dalam mendapatkan sertifikasi ini, Data Center BCA telah melalui proses audit yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 November 2020.

Armand menambahkan “dalam menjalankan proses transaksi perbankan, BCA senantiasa menjaga kerahasian data nasabah dan melakukan pengamanan transaksi sesuai dengan regulasi yang berlaku, terutama Data Center yang berperan sebagai pusat data dan operasional seluruh layanan IT. BCA telah mengimplementasikan Kode One Time Password (OTP) dan CVV (Card Verification Value) yang dihasilkan oleh sistem BCA. Perseroan juga terus mengedepankan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi dengan pembaharuan sistem IT yang memadai dan up to date”

Sementara itu, ISO atau International Organization for Standardization merupakan organisasi internasional yang menangani standarisasi di seluruh dunia meliputi teknis tertentu. Adanya standarisasi ini akan membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai jaminan kualitas yang disediakan sebuah organisasi. Pada ISO 20000-1:2018 pembahasan di fokuskan pada penerapan standar dalam hal sistem manajemen layanan – IT. Standar yang ditetapkan dalam penilaian ini meliputi perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan di BCA. Dalam mendapatkan sertifikasi ini, BCA telah melalui proses audit yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Oktober 2020.

Kehadiran kedua sertifikasi ini kian melengkapi sertifikasi internasional yang dimiliki BCA setelah sebelumnya mengantongi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013.

“Kedua sertifikasi yang diraih BCA ini menjadi kado awal tahun yang menggembirakan bagi BCA. Sertifikasi ini akan semakin memotivasi BCA untuk melindungi seluruh transaksi online dengan sistem keamanan terbaik dan melakukan pembaharuan IT. BCA juga akan selalu berupaya mengikuti standar internasional yang dapat meningkatkan kualitas serta keamanan produk dan layanan BCA dalam memberikan nilai tambah bagi segenap stakeholder dan masyarakat,” tutup Armand.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:34 WIB

Catat! Tugas Bulog Bantu Serap Beras Petani, Panen Raya di Depan Mata

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan penyerapan padi secara maksimal. Ini perlu dilakukan…

Dok. SMSI

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:04 WIB

SMSI: Adam Malik, PK Ojong-Jakob Oetama, Hamka, Fachrodin Tokoh Inspiratif di RI

Para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sependapat, setidaknya ada lima tokoh nasional yang patut menjadi teladan bagi dunia pers di Indonesia serta menginspirasi lahirnya SMSI, yakni…

Beras Impor (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:40 WIB

Buat Apa Impor 1 Juta Ton! Toh Beras Petani Bisa Diserap

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Aliyth Prakarsa menyayangkan adanya kebijakan impor 1 juta beras melalui Perum Bulog untuk memenuhi cadangan beras nasional. Menurut Aliyth,…

Ketum Demokrat AHY dan Ketua KSP Moeldoko (foto Kolase)

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:30 WIB

Catat! Demokrat Solid, DPD PD: KLB Abal-abal! AHY Ketua Umum Yang Sah...

Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa dirinya merupakan Ketua Umum PD yang sah hingga saat ini. "Tidak ada dualisme kepemimpinan & kepengurusan Partai…