Waspada! Ini 4 Hal Penting Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Program Undian

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 22 Desember 2020 - 14:15 WIB

Ilustrasi Pesan Resmi yang Meminta Informasi Kode Unik Pelanggan (kiri) dan Pesan dari Penipu yang Memungut Biaya dengan Mengarahkan Korban ke Alamat Situs Web Palsu (kanan) (Image for reference only)
Ilustrasi Pesan Resmi yang Meminta Informasi Kode Unik Pelanggan (kiri) dan Pesan dari Penipu yang Memungut Biaya dengan Mengarahkan Korban ke Alamat Situs Web Palsu (kanan) (Image for reference only)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Masyarakat perlu tetap waspada terhadap modus penipuan berkedok undian berhadiah karena berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serangan siber dari Januari hingga Agustus telah tercatat 189.937.

542 kasus atau hampir lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Salah satu modus yang paling banyak tercatat adalah ‘phising’.

Secara sederhana, ‘phising’ dilakukan penipu dengan cara memberikan calon korban tautan ke sebuah situs web palsu yang akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lainnya.

Untuk menggiring korban agar bersedia mengklik tautan pencuri data tersebut, pelaku memberi iming-iming berbagai hal, salah satu yang paling sering ditemui adalah penipu mengatakan korban baru saja menang sebuah program undian berhadiah.

Kemudian, untuk mendapatkan hadiah tersebut, korban perlu mengklik tautan palsu atau mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan. Modus penipuan ini marak ditemukan pada layanan SMS, aplikasi chatting, ataupun media sosial.

Para penipu juga secara ulung mendandani akun digital mereka semirip mungkin dengan akun resmi merek-merek terkenal, lengkap dengan logo, bahkan pada beberapa kasus mencatut nama pejabat publik.

Selain itu, perlu juga dipahami bersama bahwa bentuk-bentuk penipuan tersebut merupakan salah satu pelanggaran hukum yang dapat melanggar Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2017, yang dapat berdampak kepada sanksi pidana penjara bagi pelaku.

Lalu, bagaimana masyarakat bisa menghindari modus penipuan berkedok undian berhadiah?

“AQUA selaku penyelenggara program undian #HatiHarusOptimis yang tengah berlangsung mengimbau agar masyarakat selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah,” kata Marketing Manager AQUA Jeffri Ricardo melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (22/12).

“Kenali tanda- tanda informasi yang mencurigakan dan jangan segan menghubungi call center penyelenggara,” tambah Jeffri.

Berikut adalah empat hal yang masyarakat dapat cermati ketika menerima informasi terkait undian berhadiah:

1.Cermati alamat situs web (URL) yang akan diklik

Modus ‘phising’ akan mengarahkan calon korbannya ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Bagi mata yang kurang cermat, besar kemungkinan alamat-alamat palsu ini terlihat sama dengan yang asli. Untuk itu, pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.

Contohnya, AQUA menggunakan situs web www.sehataqua.co.id untuk menampilkan seluruh informasi promosinya, termasuk undian berhadiah #HatiHarusOptimis. Namun, penipu dapat menggunakan alamat seperti www.sehatagua.com, www.sehataqua-resmi.com, atau www.sehtaqua.co untuk mengecoh konsumen yang kurang cermat.

2.Cermati pengirim pesan yang menghubungi Anda

Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satu yang umum digunakan adalah WhatsApp. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengantisipasi modus penipuan adalah memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.

Contohnya, jika Anda dihubungi oleh akun bisnis WhatsApp yang mengaku sebagai perwakilan dari penyelenggara undian berhadiah, cermati nomor yang tertera pada akun bisnis tersebut. Pastikan nomornya sesuai dengan nomor yang tercantum di situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara.

Program #HatiHarusOptimis hanya akan menghubungi Anda secara resmi melalui WhatsApp. Jika nomornya berbeda, apalagi nomor tersebut meminta data pribadi dan informasi sensitif lainnya, pastikan Anda segera melaporkan akun tersebut ke pihak WhatsApp agar dapat segera ditangani.

Untuk melaporkan nomor yang tidak Anda kenal di WhatsApp, Anda dapat mengetuk pilihan Laporkan Kontak/Report secara langsung dari dalam chat. Setelahnya, sistem WhatsApp akan secara otomatis menerima pesan dan informasi dari berbagai interaksi Anda dengan akun yang Anda laporkan. Apabila pesan tersebut dinyatakan melanggar ketentuan layanan WhatsApp, maka WhatsApp akan memblokir akun tersebut.

3. Waspadai segala bentuk permintaan informasi pribadi dan pemungutan biaya

Verifikasi data dalam penyelenggaraan undian berhadiah adalah hal yang lumrah dilakukan. Pada tahap inilah, Anda selaku peserta undian berhadiah rentan terhadap aksi penipuan yang berkedok verifikasi data pribadi atau pemungutan biaya untuk mendapatkan hadiah Anda. Untuk itu, perhatikan dengan seksama segala informasi syarat dan ketentuan yang berlaku saat mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu program, terutama yang bersifat daring.

Informasi yang biasanya dibutuhkan oleh penyelenggara untuk proses verifikasi pemenang antara lain, Nama Lengkap, Nomor Telepon, Nomor Identitas (KTP/SIM), Alamat sesuai kartu identitas, dan bukti nomor undian yang Anda dapatkan. Selain itu, pada umumnya pihak penyelenggara undian berhadiah tidak akan meminta pelanggan memberikan informasi yang bersifat sensitif, seperti nomor kartu kredit, atau memungut biaya apapun.

Oleh karena itu, Anda harus jeli terhadap segala bentuk informasi pribadi dan biaya yang diminta, baik melalui media sosial, email, ataupun telepon. Tidak ada salahnya memeriksa kembali situs web resmi penyelenggara atau menelepon layanan konsumen untuk memastikan resmi-tidaknya pesan yang Anda terima.

4. Jangan segan menghubungi pihak penyelenggara apabila mendapat informasi yang mencurigakan

Penting untuk segera mengambil tindakan ketika menemukan atau menerima informasi yang meragukan dan mencurigakan dari seluruh saluran komunikasi. Selain melalui telepon, SMS, dan chat di WhatsApp, pelaku umumnya menggunakan saluran komunikasi konvensional dengan mengirimkan selebaran berisi tata cara klaim hadiah hingga surat yang dibuat seolah-olah seperti pengumuman resmi.

Segera hubungi call center pihak penyelenggara untuk melaporkan adanya potensi modus penipuan dan mencegah diri Anda terjebak ke dalam penipuan.

Apabila Anda telah terlanjur memberikan informasi pribadi yang berkaitan dengan data pribadi, perbankan, atau pengiriman sejumlah uang segera hubungi pihak yang berwajib agar dapat ditindaklanjuti.

Jika memungkinkan, Anda dapat mencatat juga informasi penting seperti nama pelaku, nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi Anda, dan waktu kejadian untuk mempermudah proses investigasi dari pihak berwajib.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…