Dirjen Gatrik Andy Sommeng: Listrik Merupakan Alat Penggerak Ekonomi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:53 WIB

Dirjen Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM, Andy Sommeng
Dirjen Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM, Andy Sommeng

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Salah satu program prioritas pemerintahan Jokowi-JK adalah pembangunan proyek listrik 35.000 megawatt. Presiden Jokowi menjanjikan proyek yang dimulai pada tahun 2015 ini akan rampung pada tahun 2019 mendatang.

Sebagai salah satu yang berperan besar dalam proyek pembangunan ketenagalistrikan, sektor swasta tentu memerlukan sejumlah dukungan dari pemerintah.

Siemens Indonesia bekerjasama dengan Majalah Listrik Indonesia menggelar Energy Forum Indonesia 2017 dengan mengusung tema “Supporting Indonesia energy infrastructure through increased local content, national capacity building, and digitalization”

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM, Andy Sommeng mengungkapkan kebutuhan listrik bukan hanya harus terpenuhi bagi seluruh masyarakat, tetapi merupakan alat untuk penggerak ekonomi.

"Lisrik merupakan kebutuhan dasar yang harus dinikmati oleh semua rumah tangga di Indonesia. Jadi bukan sekedar lifestyle," ungkap Andy Sommeng di sela-sela acara Energy Forum Indonesia 2017, di Shangri-la Hotel Jakarta(3/5/2017).

Andy menambahkan, untuk mewujudkan semua program ini, Ditjen Gatrik akan meneruskan dan merealisasikan mega proyek 35.000 Mega Watt.

"Sampai tahun 2020 diharapkan akan ada tambahan daya sebesar 19 GW," tambah Andy.

Dengan adanya tambahan daya dari pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan, diharapkan akan berpengaruh kepada pengembangan ekonomi nasional dan penggunaan produk lokal.

"Tahun 2019 diharapkan rasio elektrifikasi akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 98 persen," tutur Andy Sommeng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…