Diikuti Perusahaan dan Asosiasi Pertambangan Minerba, Minerba Virtual Expo 2020 Resmi Dibuka

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Desember 2020 - 10:36 WIB

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menyelenggarakan kegiatan Minerba Virtual Expo 2020 yang dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 10 - 11 Desember 2020.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin mengatakan, Minerba Virtual Expo 2020 merupakan pameran virtual pertama yang diadakan oleh Ditjen Minerba dalam rangka menyampaikan kepada publik terkait kiprah dan capaian kinerja subsektor pertambangan minerba pada masa pandemi COVID-19.

"Minerba Virtual Expo 2020 dilaksanakan dengan tujuan menampilkan capaian kinerja Ditjen Minerba dan inovasi dalam bidang pelayanan publik, menyampaikan regulasi dan kebijakan baru subsektor pertambangan minerba sehubungan dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba, menampilkan inovasi, kinerja, dan capaian perusahaan pertambangan minerba di masa pandemi COVID-19," kata Ridwan.

Termasuk, lanjut Ridwan, program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar area pertambangan minerba serta menyampaikan bahwa industri pertambangan minerba tetap memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dalam masa pandemi COVID-19 ini.

"Minerba Virtual Expo 2020 diikuti oleh tiga puluh peserta yang terdiri atas perusahaan- perusahaan yang bergerak pada subsektor pertambangan minerba, asosiasi pertambangan minerba, serta unit-unit Eselon I di lingkungan KESDM," imbuhnya.

Minerba Virtual Expo 2020 diselenggarakan dengan rangkaian program yang terdiri atas pameran inovasi dari seluruh pelaku pertambangan minerba serta 4 sesi webinar yang merupakan sarana untuk berdiskusi dan brainstorming terhadap isu-isu pertambangan minerba terkini. 

Keempat sesi Webinar Minerba Virtual Expo 2020
terdiri atas Sesi Pembaharuan Peraturan Subsektor Pertambangan Minerba, Sesi Kiprah Industri Pertambangan Minerba di Masa Pandemi COVID-19, Sesi Hilirisasi Minerba dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia serta Sesi Pengutamaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Sektor Pertambangan dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Nasional.

Walaupun Minerba Virtual Expo 2020 diselenggarakan secara virtual, namun Ditjen Minerba tetap membuka kesempatan untuk dapat melakukan interaksi langsung antara peserta pameran dan pengunjung pameran melalui fitur live chat yang telah disediakan di setiap booth peserta pameran dengan dilengkapi informasi-informasi subsektor pertambangan minerba terkini.

Dengan diselenggarakannya Minerba Virtual Expo 2020 ini diharapkan akan menjadi pembuka dari rangkaian besar pameran virtual di Ditjen Minerba. Kedepan Ditjen Minerba akan terus menyelenggarakan Minerba Virtual Expo sebagai bagian dari kegiatan rutin Ditjen Miner

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:16 WIB

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Untuk pertama kalinya B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat…

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…