Asik!!! Pemerintah Bakal Naikan Gaji PNS, Ini Kriterianya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 04 Desember 2020 - 15:22 WIB

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah berencana untuk menaikkan gaji aparatur sipil negara/pegawai negeri sipil (ASN/PNS) dengan kriteria tertentu. PNS yang bekerja di wilayah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T), berisiko tinggi, dan berkinerja tinggi akan mendapatkan kenaikan gaji. Saat ini formulasi kebijakannya tengah disiapkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

"Hal ini sangat penting dan harus didorong karena profesi ASN dengan bidang pekerjaan yang kompleks, berisiko tinggi, jauh dari akses pembangunan, membutuhkan insentif dan motivasi," kata Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB Rini Widyantini dalam Webinar yang dikutip, Jumat (4/12/2020).

Rini beralasan, kebijakan itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan PNS yang berada di wilayah tersebut. Dia menjelaskan, di tahun 2020 ini LAN mendapat mandat dari pemerintah untuk melaksanakan pengkajian pada level prioritas nasional agar merumuskan atau mereformulasi kembali model insentif ASN dengan karakteristik khusus.

Karakteristik khusus yang dimaksud adalah ASN berisiko tinggi, yaitu ASN dalam lingkungan dan situasi strategis yang kemungkinan terpapar risiko dalam bidang kerjanya. Serta ASN yang melaksanakan tugas di wilayah 3T.

"Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB mendukung penuh kajian terhadap pembaruan kesejahteraan ASN ini," ungkap Rini.

Perbaikan sistem kesejahteraan bagi ASN, kata dia selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni perlunya reformasi pada sistem remunerasi dan sistem pensiun PNS yang lebih adil, kompetitif, dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

"Reformasi tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan PNS melalui penyediaan hunian yang layak dan terjangkau, dukungan fasilitas yang lengkap dan terintegrasi, serta pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif, dan terpercaya," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Virtual yang Diadakan Beranda Ruang Diskusi dan dipandu Yophiandi

Sabtu, 23 Januari 2021 - 09:15 WIB

Jadi Calon Kapolri Termuda, Listyo Harus Perkuat Soliditas Polri

Tantangan yang harus bisa dilalui oleh Komjen Listyo ialah bukan hanya mencegah kejahatan konvensional melainkan mampu menjaga soliditas.

Denjaka Korps Marinir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:56 WIB

KASAL Laksamana Yudo Akui Kemampuan Pasukan Denjaka

Pada kunjungan sekaligus acara olah raga bersama Kepala Staf Angkatan Laut beserta rombongan pejabat Utama Mabes TNI AL juga didampingi langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menjalal Fin Komodo

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:20 WIB

Cantiknya Fin Komodo, Hasil Kawin Teknologi Pesawat Terbang dan Kendaraan Darat

Jakarta-PT Fin Komodo Teknologi yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menciptakan desain Fin Komodo KD 250 X. Fin Komodo, yang didesain oleh Ibnu Susilo

Uji Swab Covid-19

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:06 WIB

Pengakuan Mengejutkan dari Menkes: Kita Tidak Disiplin, Cara Testing Salah!

Jakarta- Strategi tracing, tracking, dan treatment atau 3T yang dikembangkan Indonesia untuk atas pandemi Covid-19 salah sasaran, demikian pengakuan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin…

Siloam Hospital Balikpapan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:00 WIB

Siloam Hospital Balikpapan Berhasil Lakukan Operasi Bypass Jantung

Diharapkan dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Balikpapan tidak perlu lagi ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung. Tentunya layanan bedah jantung yang ada di…