Bangun Tiang Pancang Jakarta Internasional Stadium, Semen Gresik Suplai 40 Ribu Ton Semen UltraPro

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 November 2020 - 09:15 WIB

Produk unggulan Semen Gresik, Ultrapro, menjadi salah satu bahan baku strategis pembangunan megaproyek monumental Jakarta International Stadium
Produk unggulan Semen Gresik, Ultrapro, menjadi salah satu bahan baku strategis pembangunan megaproyek monumental Jakarta International Stadium

INDUSTRY.co.id - Rembang - PT Semen Gresik (SG) menyuplai 40 ribu ton bahan baku untuk pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). 

Senior Vice President (SVP) of Sales PT Semen Indonesia Group (SIG) Rahman Kurniawan mengatakan, SG mulai memasok kebutuhan bahan baku untuk pembangunan JIS sejak bulan Januari 2020 lalu.

"Kami mengestimasi pekerjaan akan selesai pada bulan Juni 2021. Namun kemungkinan besar jumlah semen yang disuplai akan bertambah menjadi sekitar 60 ribu ton," kata Rahman Kurniawan dalam siaran persnya, Senin (23/11/2020).

Dijelaskan Rahman, proyek Jakarta International Stadium akan dibangun di atas lahan seluas 221 ribu meter persegi dan berkapasitas daya tampung 82 ribu penonton.

Mengusung konsep green building, Jakarta International Stadium nantinya akan dilengkapi atap stadion yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Sebagai bagian dari PT Semen Indonesia Group (SIG), jelas Rahman, Semen Gresik akan berperan dalam pembangunan fondasi dan juga tiang pancang Jakarta International Stadium dengan menggunakan produk semen UltraPro yaitu jenis semen Ordinary Portland Cement (OPC) atau tipe I. 

Adapun semen UltraPro produksi Semen Gresik ini merupakan semen hidrolis yang memadukan kemudahan pengerjaan dan hasil akhir dengan kekuatan maksimal sehingga cocok untuk konstruksi kokoh yang membutuhkan kuat tekan awal dan akhir yang tinggi. 

Hal ini menjadi pertimbangan principal subkontraktor Jakarta International Stadium memilih semen UltraPro karena spesifikasi fondasi dan tiang pancang stadion bertaraf Eropa itu membutuhkan bahan baku yang kuat tekan awal dan akhir yang tinggi, waktu pengeringan yang optimal, dan hasil akhir yang kokoh. 

"Sampai sejauh ini pengerjaan fondasi dan tiang pancang Jakarta International Stadium sudah mencapai sekitar 60 persen," jelasnya.

Selain proyek Jakarta International Stadium, Semen Gresik juga turut terlibat dalam beberapa proyek monumental lainnya seperti Masjid Istiqlal, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Tol Trans Jawa, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara New Yogya International Airpot, Tol Pandaan Malang, dan sebagainya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…