Ekonomi Indonesia Diperkirakan Tumbuh Sekitar 5 Persen di 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 November 2020 - 13:09 WIB

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa tahun 2021 akan menjadi tahun pemulihan ekonomi.

Menurutnya, penurunan ekonomi yg terjadi di 2020 merupakan bagian dari path to recovery sehingga pada tahun 2021 diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di sekitar 5%.

“Kita berlomba-lomba dengan negara lain untuk menciptakan path to economic recovery tanpa meningkatkan kasus COVID-19, tanpa meningkatkan infeksi. Path to recovery adalah sesuatu yang terus harus kita perjuangkan dan kita laksanakan,” kata Wamenkeu dalam Market Outlook 2021 "Resilience to Counter Economic Turbulence”, Selasa, (17/11/2020).

Dia mengungkapkan, sejak awal tahun, pemerintah telah memperkirakan tekanan akan muncul di berbagai sektor, seperti di sektor konsumsi, investasi, ekspor dan impor.

Maka dari itu, lanjutnya, konsumsi pemerintah harus menjadi bantalan ekonomi. Data BPS menunjukkan bahwa konsumsi pemerintah pada kuartal III 2020 merupakan satu-satunya komponen dari pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) yang tumbuh positif.

“Konsumsi pemerintah yang menjadi bantalan pertumbuhan ekonomi, support-nya bisa positif. Konsumsi pemerintah membantu pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” ungkap Suahasil.

Harapannya, kuartal IV 2020 terjadi pemulihan kegiatan ekonomi yang berlanjut dengan protokol kesehatan yang lebih kuat. Selain itu, Pemerintah juga terus mengusahakan adanya vaksin COVID-19, baik itu dengan produksi sendiri maupun mengakses vaksin di dunia internasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…