Sejumlah Keunggulan Konferensi PostgreSQL Terbesar Digelar Tahun Ini

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 November 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Keunggulan Konferensi PostgreSQL Terbesar Digelar Tahun Ini
Sejumlah Keunggulan Konferensi PostgreSQL Terbesar Digelar Tahun Ini

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Situasi pandemi memaksa PostgreSQL Conference (PGCONF)* yang digelar tahun ini beralih ke format virtual. Namun karena itu pula, konferensi PostgreSQL di 2020 menjadi sangat istimewa karena lebih akbar dibandingkan sebelumnya.

Di tahun ini, PostgresConf.CN dan PGConf.Asia menjadi tuan rumah bersama. Istimewanya lagi, untuk pertama kalinya, PostgreSQL Conference merupakan gabungan berbagai acara yang berlangsung secara online dengan sesi offline tambahan yang digelar di sejumlah kampus universitas terkemuka di Tiongkok. Ini akan menjadi salah satu konferensi PostgreSQL terbesar yang pernah diselenggarakan di Asia.

Kegiatan PostgreConf.CN 2019 berlangsung di Beijing, dihadiri para pengguna, pengembang, dan berbagai komunitas PostgreSQL dari seluruh dunia. Sedangkan PGConf.Asia juga merupakan acara tahunan PostgreSQL. Tahun lalu, Indonesia jadi tuan rumah PGConf.Asia 2019 yang berlangsung di Bali.

Pada PGConf.Asia 2020 yang berlangsung pada 17-20 November 2020, seperti perhelatan di tahun sebelumnya, acara ini akan menjadi pusat pengembangan dan diskusi teknis terkait PostgreSQL di antara pengguna dan pengembang PostgreSQL serta ahli dari seluruh dunia.

Konferensi tingkat dunia ini akan menghadirkan puluhan pembicara internasional, termasuk Indonesia. Pembicara dari Indonesia di forum tersebut ada 3 orang, salah satunya  CEO PT. Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, yang mewakili pegiat dan ahli PostgreSQL dari Indonesia sekaligus juga sebagai Global Committee PGConf.Asia 2020. Dalam kesempatan ini, Julyanto akan mengisi salah satu sesi di tanggal 19 November 2020 yang membahas pentingnya sertifikasi PostgreSQL global (PostgreSQL Global Certification).

"Belum ada standarisasi penyampaian layanan, dan tidak ada cara pengukuran untuk memberi tahu calon pengguna agar mempertimbangkan PostgreSQL sebagai solusi bisnis," kata Julyanto.

Karenanya, disebutkan Julyanto, diperlukan setidaknya alat untuk mengukur secara objektif kemampuan tersebut, yakni sertifikasi. Tak hanya penting bagi individu, menurutnya sertifikasi juga dibutuhkan oleh sebuah korporasi ataupun institusi.

"Dengan adanya sertifikasi standarisasi kita dapat menghilangkan suatu masalah dan akan maju ke solusi lain di masa mendatang. Sertifikasi adalah komponen penting dalam membangun ekosistem bisnis PostgreSQL. Dengan ekosistem bisnis yang hebat, PostgreSQL bisa melakukan penetrasi lebih dalam," ujarnya.

Tak hanya itu, ada sejumlah sesi PGConf.Asia 2020 lainnya yang relevan untuk komunitas PostgreSQL di Indonesia dan sayang jika dilewatkan, antara lain:

●             How Does PostgreSQL Open the Door of the Enterprise yang dibawakan oleh Huayang Liu dari China PostgreSQL Association

●             New Energy Industry Based on PostgreSQL Multitenant Implementation oleh Xiaollang Ma dari China PostgreSQL Association

●             Top 10 Mistakes When Migrating from Oracle to PostgreSQL oleh Jim Mlodgenski dari Amazon Web Services

Selain itu, masih banyak serangkaian topik lainnya yang akan memaparkan seputar implementasi dan dampak PostgreSQL di dunia bisnis. Informasi lebih lengkap mengenai perhelatan ini, bisa mengunjungi website resmi PGConf.Asia 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Plastik

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:13 WIB

Produsen Mineral Tuai Protes Warga Bali, Ada Apa?

Warga masyarakat dan kelompok sipil di Jimbaran, Bali, mendesak raksasa air kemasan segera menghentikan dan menutup fasilitas pembuangan dan pengelolaan sampah plastik milik perusahaan yang…

Uni-Charm Indonesia Luncurkan Pembalut Pertama Dengan 80% Penggunaan Bio Material

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:17 WIB

Uni-Charm Indonesia Luncurkan Pembalut Pertama Dengan 80% Penggunaan Bio Material

PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengumumkan peluncuran Charm Daun Sirih + Herbal Bio, pembalut pertama di Unicharm Group yang lebih dari 80% bagiannya menggunakan Bio Material yang berasal dari tumbuhan…

Senior Manager External Communication & Stakeholder Relations Pertamina Hulu Energi (PHE), Eviyanti Rofraida Pertamina Goes to Campus (PGTC)

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:10 WIB

Edukasi Industri Hulu Migas, PHE Gelar 'Pertamina Goes to Campus' di Tiga Universitas

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina telah menyelenggarakan kegiatan Pertamina Goes to Campus (PGTC) di tiga universitas terkemuka.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Prof. Nizam saat menyampaikan sambutan pada peluncuran Kedaireka Innovation Fund secara daring pada Selasa, 6 Juni 2023. Innovation Fund merupakan program link and match terbaru untuk akselerasi dan hilirisasi inovasi.

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:44 WIB

Kedaireka Innovation Fund: Program Link & Match 100 Persen Didanai Industri Resmi Diluncurkan

akarta– Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Diktiristek) melalui platform Kedaireka meluncurkan program ekosistem kolaborasi terbaru Innovation Fund yang diresmikan secara daring…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation

Selasa, 06 Juni 2023 - 17:30 WIB

Bertemu Mitsubishi Fuso Truck, Menperin Agus Dorong Elektrifikasi Kendaraan Niaga Hingga Perluas Pasar Ekspor ke Australia

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation. Pertemuan tersebut membahas mengenai elektrifikasi kendaraan…