DPR Desak Pengiriman TKI Ditertibkan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 02 Mei 2017 - 06:47 WIB

TKI Indonesia
TKI Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah menertibkan pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri yang tidak sesuai dengan prosedur.

"Harus ada tindakan tegas kepada perusahaan atau perorangan yang masih melakukan pengiriman yang tidak sesuai prosedur," kata Saleh melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Senin.

Bila tidak ada tindakan tegas, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu khawatir hal itu akan menjadi masalah bagi pemerintah di kemudian hari, terutama bagi perwakilan RI di luar negeri.

Saleh mengatakan dalam kunjungan ke Qatar dan Arab Saudi minggu sebelumnya, tim pengawas Komisi IX DPR menemukan fakta bahwa pengiriman tenaga kerja Indonesia yang tidak sesuai prosedur masih terus dilakukan.

Padahal, pemerintah menetapkan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia sektor domestik ke beberapa negara Timur Tengah.

"Fakta itu menunjukkan moratorium tersebut tidak efektif karena nyatanya masih ada pengiriman tenaga kerja ke Timur Tengah. Bahkan, dikhawatirkan menimbulkan masalah karena tidak sesuai prosedur," tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, tim pengawas Komisi IX DPR menemukan pengiriman tenaga kerja yang tidak sesuai prosedur ke Arab Saudi pada 2016 mencapai 1.200 orang.

Dari jumlah tersebut, 1.000 orang bekerja sebagai asisten rumah tangga dan sisanya bekerja sebagai sopir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…