Jababeka Dorong Produktivitas UMKM Jahit Lewat Pemberian Bantuan Mesin Obras dan Neci

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 November 2020 - 17:41 WIB

Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci
Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena jumlahnya yang sangat banyak. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah Usaha UMKM mencapai 64 juta.

Adanya pandemi COVID-19 tak dipungkiri juga telah membuat banyak UMKM turut terdampak. Salah satunya adalah Wiwi Modiste yang berada di Kampung Panjang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Wiwi Moditase adalah UMKM yang juga merupakan sebuah komunitas menjahit bentukan Wiwi Marwiyah bersama 3 orang ibu disekitar tempat tinggalnya. Lewat usahanya, Wiwi mengajarkan dan membina para ibu tersebut hingga berani membuka usaha jahit sendiri.

Di Wiwi Moditase, mereka bisa menerima orderan sendiri-sendiri dan saling bekerjasama apabila salah seorang dari mereka mendapat orderan yang tidak bisa mereka penuhi.

Melihat kondisi tersebut, Jababeka melalui Program Jabat Ekonomi Ibu Super, memberikan bantuan 1 buah mesin obras dan neci kepada Komunitas Wiwi Modiste untuk dapat dipergunakan bersama sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas usaha jahit mereka.

“Bantuan ini secara fisik hanya mesin, namun secara non fisik juga memberikan penciptaan lapangan kerja dan nilai ekonomi bagi warga yang berminat pada usaha jahit,”  kata Aris Dwi Cahyanto, GM PT. Jababeka Infrastruktur dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (2/11/2020).

Aris berharap, langkah ini menjadi trigger bagi pihak lain untuk berpartisipasi membantu para pelaku umkm di sekitar kawasan.

Bantuan mesin tersebut juga sangat disyukuri oleh para ibu, “Terima kasih Jababeka, mesin ini sangat kami perlukan karena sekarang kami tidak perlu lagi jauh-jauh ke pasar cikarang untuk obras dan neci bahan jahitan, lalu kerja kami pun bisa lebih cepat nantinya” ucap Wiwi  mewakili para ibu.

Dengan pemberian mesin obras dan neci  ini diharapkan ada peningkatan produktivitas para pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengelola usahanya sehingga mereka menjadi pelaku usaha yang tangguh,  mandiri,  inovatif dan  punya  daya saing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…