Jababeka Dorong Produktivitas UMKM Jahit Lewat Pemberian Bantuan Mesin Obras dan Neci

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 November 2020 - 17:41 WIB

Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci
Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena jumlahnya yang sangat banyak. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah Usaha UMKM mencapai 64 juta.

Adanya pandemi COVID-19 tak dipungkiri juga telah membuat banyak UMKM turut terdampak. Salah satunya adalah Wiwi Modiste yang berada di Kampung Panjang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Wiwi Moditase adalah UMKM yang juga merupakan sebuah komunitas menjahit bentukan Wiwi Marwiyah bersama 3 orang ibu disekitar tempat tinggalnya. Lewat usahanya, Wiwi mengajarkan dan membina para ibu tersebut hingga berani membuka usaha jahit sendiri.

Di Wiwi Moditase, mereka bisa menerima orderan sendiri-sendiri dan saling bekerjasama apabila salah seorang dari mereka mendapat orderan yang tidak bisa mereka penuhi.

Melihat kondisi tersebut, Jababeka melalui Program Jabat Ekonomi Ibu Super, memberikan bantuan 1 buah mesin obras dan neci kepada Komunitas Wiwi Modiste untuk dapat dipergunakan bersama sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas usaha jahit mereka.

“Bantuan ini secara fisik hanya mesin, namun secara non fisik juga memberikan penciptaan lapangan kerja dan nilai ekonomi bagi warga yang berminat pada usaha jahit,”  kata Aris Dwi Cahyanto, GM PT. Jababeka Infrastruktur dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (2/11/2020).

Aris berharap, langkah ini menjadi trigger bagi pihak lain untuk berpartisipasi membantu para pelaku umkm di sekitar kawasan.

Bantuan mesin tersebut juga sangat disyukuri oleh para ibu, “Terima kasih Jababeka, mesin ini sangat kami perlukan karena sekarang kami tidak perlu lagi jauh-jauh ke pasar cikarang untuk obras dan neci bahan jahitan, lalu kerja kami pun bisa lebih cepat nantinya” ucap Wiwi  mewakili para ibu.

Dengan pemberian mesin obras dan neci  ini diharapkan ada peningkatan produktivitas para pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengelola usahanya sehingga mereka menjadi pelaku usaha yang tangguh,  mandiri,  inovatif dan  punya  daya saing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pupuk

Selasa, 13 April 2021 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia Kenalkan Inovasi Digitalnya ke Eropa Melalui Hannover Messe (HM) 2021

PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe…

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:34 WIB

Di Pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Rayu Jerman untuk Bermitra Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo menyebutkan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara dan akan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.