Jababeka Dorong Produktivitas UMKM Jahit Lewat Pemberian Bantuan Mesin Obras dan Neci

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 November 2020 - 17:41 WIB

Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci
Jababeka Beri Bantuan Mesin Obras dan Neci

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena jumlahnya yang sangat banyak. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah Usaha UMKM mencapai 64 juta.

Adanya pandemi COVID-19 tak dipungkiri juga telah membuat banyak UMKM turut terdampak. Salah satunya adalah Wiwi Modiste yang berada di Kampung Panjang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Wiwi Moditase adalah UMKM yang juga merupakan sebuah komunitas menjahit bentukan Wiwi Marwiyah bersama 3 orang ibu disekitar tempat tinggalnya. Lewat usahanya, Wiwi mengajarkan dan membina para ibu tersebut hingga berani membuka usaha jahit sendiri.

Di Wiwi Moditase, mereka bisa menerima orderan sendiri-sendiri dan saling bekerjasama apabila salah seorang dari mereka mendapat orderan yang tidak bisa mereka penuhi.

Melihat kondisi tersebut, Jababeka melalui Program Jabat Ekonomi Ibu Super, memberikan bantuan 1 buah mesin obras dan neci kepada Komunitas Wiwi Modiste untuk dapat dipergunakan bersama sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas usaha jahit mereka.

“Bantuan ini secara fisik hanya mesin, namun secara non fisik juga memberikan penciptaan lapangan kerja dan nilai ekonomi bagi warga yang berminat pada usaha jahit,”  kata Aris Dwi Cahyanto, GM PT. Jababeka Infrastruktur dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (2/11/2020).

Aris berharap, langkah ini menjadi trigger bagi pihak lain untuk berpartisipasi membantu para pelaku umkm di sekitar kawasan.

Bantuan mesin tersebut juga sangat disyukuri oleh para ibu, “Terima kasih Jababeka, mesin ini sangat kami perlukan karena sekarang kami tidak perlu lagi jauh-jauh ke pasar cikarang untuk obras dan neci bahan jahitan, lalu kerja kami pun bisa lebih cepat nantinya” ucap Wiwi  mewakili para ibu.

Dengan pemberian mesin obras dan neci  ini diharapkan ada peningkatan produktivitas para pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengelola usahanya sehingga mereka menjadi pelaku usaha yang tangguh,  mandiri,  inovatif dan  punya  daya saing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…