Ketua PISPI Dukung UU Cipta Kerja Klaster Pertanian

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 24 Oktober 2020 - 15:56 WIB

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)
Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Ketua Umum BPP Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Sunarso mendukung Undang-undang (UU) Cipta Kerja klaster pertanian yang telah disahkan oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Menurut dia, tujuan UU tersebut tak lain dan tak bukan untuk menciptakan lapangan kerja secara luas serta memangkas aturan ijin usaha yang berbelit dan bertele-tele.

"Sesungguhnya UU ini akan membawa kita kepada lapangan pekerjaan yang lebih luas serta bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Sunarso dalam webminar HUT PISPI, Jumat, 23 Oktober 2020.

Sunarso menilai, UU tersebut sudah sejalan dengan cita-cita dan tugas sebuah bangsa dalam mendorong kesejahteraan bagi rakyatnya. Caranya ialah dengan memberikan lapangan pekerjaan secara luas.

Adapun terkait klaster pertanian, menurut Sunarso, pemerintah sejauh ini sudah memiliki stategi jangka panjang yang visioner dan integratif terhadap pembangunan pertanian 5 tahun ke depan.

"Saya lihat sudah ada integrasi antara sistem pertanian nasional dengan sistem pendukung lainnya," katanya.

Sementara Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Kementerian Pertanian (Kementan), Erizal Jamal menambahkan bahwa UU cipta kerja merupakan upaya pemerintah dalam memanfaatkan momen untuk mensejahterakan petani.

Sebab, kata dia, selama ini pembangunan pertanian nyaris kehilangan peluang untuk mengadirkan ruang bagi kesejahteraan. Hal itu terjadi lantaran sistem birokrasi yang sangat menyulitkan para petani.

"Inilah momen kita untuk dapat memberikan kesejahteraan kepada petani melalui UU cipta kerja klaster pertanian," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:05 WIB

Topang Daya Saing, Kemenperin Dorong Teknologi Pengelolaan Limbah Industri

Perkembangan teknologi pengelolaan limbah industri terus berkembang sejalan dengan semakin tingginya permasalahan lingkungan, baik yang menggunakan teknologi fisika, kimia, maupun biologi.

MoU Mandiri Syariah dengan PLN

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:04 WIB

Mandiri Syariah Kucurkan Pembiayaan Sindikasi Rp1,2 Triliun untuk PLN

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur negeri, salah satunya melalui dukungan finansial belanja modal atau capital expenditure (capex) PT Perusahaan…

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:00 WIB

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan spesifikasi sepeda kuning lipat 'Bamsoet' yang spesial itu. Antara lain memiliki berat 12 Kg, frame set dari chromoly, brake system…

Kegiatan MoU PT Indra Karya (Persero) dan Yayasan Air Adhi Eka di Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB

Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air.

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:00 WIB

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersinergi dengan Pertamina untuk pengelolaan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) dan jalur pipa gas di Pelabuhan…